Cara Upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L

Cara Upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L

0

Cara Upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan sebelumnya, tunggangan utama saya saat ini untuk bekerja adalah Asus Transformer Book Flip TP500L. Berbekal processor Core-i7 5500U 2.4GHz Broadwell, Dual GPU Intel HD 1GB dan NVIDIA GeForce 940M 2GB, rasa-rasanya RAM bawaan 4GB kurang begitu sepadan.

Sebelumnya saya sudah sedikit mengoprek laptop ini dengan memanfaatkan 24GB SSD bawaannya sebagai ExpressCache hingga performa jadi jauh lebih ngebut. Tetapi kini saya ingin performanya lebih gahar lagi untuk berbagai tugas berat dengan melakukan upgrade RAM menjadi 12GB.

Untuk itu disini saya bagikan bagaimana cara upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L, sehingga bagi kamu yang memiliki laptop serupa bisa menjadikannya sebagai acuan.

 

Persiapan

  • Obeng set untuk membuka back cover
  • RAM 8GB DDR3L PC3-12800, disini saya menggunakan Corsair
  • Pick gitar atau kartu tebal untuk membuka back cover, disini saya menggunakan Starbucks Card bekas
Baca juga:  Cara Membersihkan Icon Dari System Tray Di Windows XP, 7 dan 8

 

Buka Back Cover

Buka semua skrup pengunci back cover menggunakan obeng yang tepat. Ada 10 skrup pengunci yang perlu kamu lepas, letakkan di tempat yang aman agar tidak hilang atau terjatuh.

Dengan menggunakan bantuan kartu bekas atau pick gitar, renggangkan bagian sisi-sisi dari back cover. Disini kamu harus hati-hati, jangan sampai mematahkan plastik pengunci dari back cover tersebut.

Setelah back cover terbuka, maka kamu bisa melihat seluruh komponen laptop. RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L terletak dibawah cover pelindung ini.

Sebelum melakukan hal apapun dan menyentuk komponen hardware didalamnya, pastikan kamu lepas dahulu pin konektor baterai untuk memastikan tidak ada aliran listrik ke komponen hardware. Caranya tarik ke belakang pengunci konektor, lalu tekan ke atas konektor baterai dengan menggunakan obeng. Kamu harus melakukannya dengan hati-hati, jangan sampai ada pin konektor yang patah.

Baca juga:  #WinExplain: Kenapa Motherboard Membutuhkan Baterai CMOS??

Setelah pin konektor baterai lepas, kini kamu tinggal melepaskan cover pelindung RAM. Angkat bagian sisi cover tersebut dengan menggunakan obeng secara perlahan. Setelah terlepas kamu bakal melihat adanya slot RAM didalamnya.

Nah disitu kamu bisa melihat ada 4GB RAM built-in yang sudah tertanam di motherboard, dan sebuah slot RAM kosong yang bisa kamu isi. Masukkan saja RAM 8GB yang sudah disiapkan tadi dan tekan kebawah hingga terkunci dan berbunyi klik. Pastikan RAM terpasang dengan sempurna.

Setelah itu pasang lagi cover pelindung RAM dengan hati-hati.

Cara Upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L

 

Pasang kembali pin konektor baterai, dan pastikan menguncinya kembali dengan memajukan pengunci konektor.

Cara Upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L

 

Sebelum menutup back cover, pastikan dulu RAM terpasang dengan baik dengan menyalakan laptop. Lihat apakah laptop bisa berjalan normal dan RAM terpasang tanpa masalah.

Baca juga:  Wow..Sebentar Lagi 3D Printer Bakal Jadi Alat Memasak!

Cara Upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L

 

Jika memang sudah tidak ada masalah, langsung pasang kembali back cover dengan hati-hati, dan kencangkan lagi semua skrup pengunci.

Cara Upgrade RAM di Asus Transformer Book Flip TP500L

 

Kini Asus Transformer Book Flip TP500L tersebut sudah dilengkapi dengan 12GB RAM. Dengan spesifikasi tersebut, rasanya laptop ini seperti punya nafas baru saat dipakai untuk menjalankan program-program berat.

Project selanjutnya adalah mengganti HDD konvensional 500GB dengan 5400 RPM ini dengan SSD. Tentu saja nanti akan saya share disini caranya. Untuk saat ini saya menabung dulu untuk menebus SSD nya, semoga bisa tertebus dalam 3 – 6 bulan kedepan. Hehe.

Semoga bermanfaat bagi kamu yang menggunakan Asus Transformer Book Flip TP500L dan ingin juga melakukan upgrade RAM sendiri tanpa perlu repot-repot ke service center.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.