Chrome 55 Dirilis: Lebih Hemat RAM, CPU, dan Baterai

Chrome 55 Dirilis: Lebih Hemat RAM, CPU, dan Baterai

0

Chrome 55 Dirilis: Lebih Hemat RAM, CPU, dan Baterai

Beberapa waktu lalu melalui versi 53 untuk 32-bit dan 54 untuk 64-bit, Google menjadikan Chrome 15% lebih cepat dengan memanfaatkan fitur PGO di Windows. (Baca: Chrome Sekarang 15% Lebih Cepat di Windows)

Dan bagi kamu yang belum tahu, Google sudah merilis lagi versi terbaru dari browser Chrome yaitu Chrome 55. Di versi terbaru ini Google melakukan tweaking dan optimasi lagi terhadap Chrome, antara lain:

 

50% Lebih Hemat RAM & CPU

Bukan rahasia lagi bahwa Chrome cukup boros dalam penggunaan RAM. Tetapi di versi Chrome 55 ini Google melakukan beberapa update dan perombakan ke engine JavaScript V8 yang membuat Chrome lebih hemat RAM.

Google mengklaim bahwa diupdatenya engine JavaScript V8 ini membuat Chrome 55 lebih hemat penggunaan RAM hingga 50%, yang tidak hanya membuatnya optimal berjalan di PC, tetapi juga di tablet dan smartphone.

Baca juga:  Keempat Aplikasi HERE di Windows Phone Mendapat Update Serempak

Chrome 55 juga mengalami peningkatan di “Garbage Collector“, sehingga RAM yang sudah tidak digunakan akan sesegera mungkin dikembalikan lagi ke sistem.

Namun demikian peningkatan ini mungkin tidak terasa jika PC kamu memiliki jumlah RAM besar seperti 8GB atau 16GB. Peningkatan baru akan terasa jika PC kamu memiliki RAM sedang sampai pas-pasan, misalnya 4GB atau yang lebih kecil.

Selain itu Chrome 55 juga membatasi penggunaan CPU maksimal 1% saja untuk halaman pasif / background pages.

 

Menggantikan Flash dengan HTML5

Flash adalah masa lalu, dimana dalam banyak kasus, berat dan sering menjadi celah keamanan eksploit. Di versi 55 ini Chrome menjadikan HTML5 sebagai default untuk menggantikan Flash. Dengan begitu berbagai situs yang memiliki dukungan konten multimedia berbasis HTML5 dan Flash, bakal dirender menggunakan HTML5. Sedangkan konten multimedia yang hanya mendukung Flash, Chrome akan menampilkan popup yang meminta persetujuan kamu untuk menjalankan konten multimedia berbasis Flash.

Baca juga:  Skype Windows Phone 8 Diupdate Ke Versi 2.8

Namun demikian untuk mengurangi terusiknya pengguna karena popup yang muncul, Chrome sudah menjadikan opsi Flash sebagai default di beberapa website populer yang masih menggunakan Flash, seperti Facebook, YouTube, Yahoo, Live, VK, dsb. Hal ini akan berlangsung seampai setahun kedepan sampai akhirnya HTML5 akan dijadikan default di semua website tanpa terkecuali, dan menampilkan popup di semua website yang masih menggunakan Flash.

 

Lebih Hemat Baterai

Lebih hematnya penggunaan RAM dan CPU, kecepatan render yang meningkat, serta tidak banyak direndernya lagi konten multimedia berbasis Flash membuat Chrome 55 lebih hemat baterai saat digunakan di laptop ataupun tablet.

 

Cara Update Browser Chrome

Chrome 55 Dirilis: Lebih Hemat RAM, CPU, dan Baterai

Untuk melakukan update, kamu hanya tinggal buka Chrome > Settings > Help > About Google Chrome, dan proses update bakal berjalan otomatis. Atau jika Chrome belum terinstall di PC kamu, kamu bisa mendownloadnya disini:

Baca juga:  Lumia Black untuk Nokia Lumia 920 dan 820 Dirilis untuk India dan Italy, Indonesia?

Download Google Chrome

Itulah beberapa perubahan besar dan fitur baru di Chrome 55, selain tentunya ada berbagai perbaikan bug dan peningkatan keamanan.

Jadi bagi kamu pengguna Chrome, pastikan tidak melewatkan update Chrome 55 ini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.