Fitur Tersembunyi di Microsoft Word untuk Produktivitas Kamu

Fitur Tersembunyi di Microsoft Word untuk Produktivitas Kamu

15

Fitur Tersembunyi Words

Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa, maka Winpoin yakin kamu banyak menghabiskan waktu dengan software popular satu ini: Microsoft Office. Lebih spesifik lagi, Microsoft Word. Bagaimanapun juga perangkat lunak olah kata milik Microsoft ini memang yang terbaik dimanfaatkan untuk mengetik materi apa pun yang kamu butuhkan. Apalagi jika kamu adalah seorang penulis dan peneliti, pasti lebih sering lagi kamu mengakrabi software ini untuk menunjang produktivitas kamu.

Bicara soal produktivitas, tahukah kamu bahwa ada banyak fitur tersembunyi di Microsoft Word yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang produktivitas kamu? Blog Labnol mengumpulkan tips dan trik untuk memanfaatkan MS-Word dalam menunjang produktivitas kamu. Berikut inilah fitur-fitur tersebut.

PERHATIAN! Versi MS-Word yang digunakan oleh Winpoin saat mencoba trik-trik ini adalah 2013. Lalu akan lebih baik jika kamu mencoba trik ini sambil membuka MS Word 2013 tersebut untuk ‘mengamalkan’ secara langsung, karena menurut pengalaman, hanya membaca saja kadang akan menjadikan kamu bingung tentang apa yang dimaksudkan dalam paparan tutorial di bawah ini.

 

Memilih Teks dengan cepat

Jika kamu perlu untuk mengolah sebuah paragraph dengan cepat, maka kamu bisa memblok paragraph untuk memilih seluruh paragraph dengan melakukan triple-click alias klik tiga kali berturut-turut di paragraf yang kamu inginkan. Otomatis seluruh paragraph yang ditunjuk oleh pointer mouse akan diblok.

Fitur tersembunyi Words

Oya, kamu juga bisa melakukan blok berbentuk persegi untuk mengubah warna teks atau melakukan operasi lain pada paragraf. Perhatikan contoh pada gambar untuk memahami maksudnya. Caranya melakukan hal tersebut adalah dengan menahan tombol ALT pada keyboard, lalu klik dan tahan mouse untuk melakukan blok pada bagian yang kamu inginkan.

Baca juga:  Desain iOS 7 Dibuat di Microsoft Word?

 

Melakukan Cut dan Paste dengan cepat

Biasanya jika kamu ingin melakukan cut dan paste alias potong dan tempel adalah dengan memanfaatkan klik kanan setelah memblok kata atau paragraph, baru kemudian memilih opsi Cut dari menu yang muncul. Namun kamu dapat melakukannya lebih cepat. Caranya adalah dengan memblok segmen yang kamu inginkan, kemudian menekan tombol CTRL+F3. Kamu bisa menempelkan atau melakukan paste pada segmen yang kamu blok tadi dengan menempatkan kursor pada tempat yang dituju, lalu tekan tombol CTRL+SHIFT+F3. Voila, teks atau segmen yang kamu potong tadi akan langsung muncul.

Fitur ini umum disebut sebagai “spike“. Pengguna Photoshop biasanya akrab dengan istilah ini.

Baca juga:  Office Lens Kini Hadir di Android dan iOS

 

Berpindah dengan cepat ke bagian yang sedang kamu kerjakan

Ketika baru saja membuka sebuah dokumen, umumnya kamu akan mendapatkan ‘tawaran’ dari MS Word, kurang lebih menanyakan apakah kamu ingin dibawa ke bagian terakhir yang sebelumnya kamu kerjakan sebelum dokumen ditutup.

Jika kotak dialog yang muncul di sisi kanan display Word tersebut terlewat, maka kamu bisa menggunakan shortcut SHIFT+F5 untuk berpindah ke bagian terakhir yang tadinya kamu kerjakan. Skenario ini juga bisa dimanfaatkan dalam situasi ketika kamu sedang mengerjakan bagian tertentu, lalu menekan tombol page up atau berpindah ke atas untuk memeriksa bagian lain, kemudian kamu ingin kembali ke bagian sebelumnya yang tengah kamu kerjakan, kamu juga dapat menekan tombol SHIFT+F5.

 

Mengubah Case atau Penggunaan Huruf Besar Kecil

Ketika sedang mengetik, seringkali kita dihadapkan dengan situasi di mana kita perlu mengubah penggunaan huruf besar kecil, mungkin untuk satu frasa, atau bahkan satu paragraph utuh. Untuk melakukannya dengan cepat, kamu bisa memblok bagian yang ingin kamu ubah penggunaan huruf besar kecilnya, lalu menekan tombol SHIFT+F3. Huruf-huruf yang kamu blok tersebut akan berubah setiap kali kamu menekannya, mencakup: (1) Huruf besar di awal kalimat, (2) Huruf besar semua, (3) Huruf kecil semua. Jadi kamu perlu menekan kombinasi tombol tersebut beberapa kali untuk memilih hasil yang kamu inginkan.

Baca juga:  Cara Mengganti Password Akun Lokal di Windows 8

 

Menulis di Bagian Mana Saja pada MS-Word

Fitur Tersembunyi Words

Umumnya, jika kamu menulis di MS-Word, maka tulisan akan dimulai di sudut kiri atas (kecuali jika kamu menggunakan versi Arabic). Namun dengan trik ini, kamu bisa memulai tulisan di bagian mana saja dari MS-Word dengan mudah. Cukup double-click pada bagian mana saja yang kamu inginkan di bagian dokumen word yang terbuka itu, maka kamu dapat memulainya di tempat yang kamu inginkan. Cobalah!

 

Tips dan Trik di atas pasti bermanfaat untuk kamu yang sering memanfaatkan MS-Word dalam kehidupan sehari-hari, terutama versi 2013 seperti yang digunakan oleh Winpoin. Kamu punya tips dan trik lain? Atau ingin Winpoin menambahkan tips dan trik untuk Word? Ajukan usulan kamu di kolom komentar berikut ini.

 

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • tidak kuduga microsoft words bisa mempunyai fitur – fitur tersebut :D benar – benar fitur yang membantu dalam meningkatkan produktivitas :D

  • Andre Arm

    Kawand bantu ane reset password bios tanpa harus bongkar laptop. Gmn solusi.a ya.
    Notebook Hp pavilion dm1

    • harus bongkar aja kayaknya gan,

      • Andre Arm

        Yah bongkar ya. Masalahnya ane ga bisa takut pula

  • antek

    Kok, Yukirin? :3

    • K-karena Yukirin manis (> <)/

      • Bayu Oktarian

        yukirin dah mainsetrum, ganti cakula aja :D

  • Yocktan Thobias

    Jadi inget video ini, Om..

    https://m.youtube.com/watch?v=RZp7BvQJnU8

  • BUDI

    kalo cut and paste lebih suka CTRL+X -> CTRL+V

    lebih deket sama jari

  • ini mah di MS WORD 2007 juga udah bisa gan

    • Wah, bagus. Masalahnya aku kadang enggak yakin apakah trik yang sama berlaku. Makanya aku kasih peringatan bahwa yang digunakan Winpoin versi 2013.

  • Labib Muhammad

    Karena memasukkan symbol terlalu ribet

  • “Microsoft Word” om Kiki, bukan “Microsoft Words” -_-

    • Iya, barusan nyadar dan kuganti semua… :D
      Makasih yaa…

  • mantab sekali… keren mang ms.office

    Read More

    jasa buat website