Ganti Password Kamu, 7 Juta Akun Dropbox Dihack dan Dipajang Online

Ganti Password Kamu, 7 Juta Akun Dropbox Dihack dan Dipajang Online

2

Ganti Password Kamu, 7 Juta Akun Dropbox Dihack dan Dipajang Online

Jika kamu adalah pengguna Dropbox, ganti password kamu sekarang juga!

Seorang hacker baru saja memajang banyak sekali detail akun pengguna Dropbox (email dan sekaligus passwordnya) ke Pastebin. Dia mengklaim memiliki 7 juta daftar email dan password dari pengguna Dropbox yang berhasil dia bobol.

Hal ini pertama kali diketahui dari seorang pengguna Reddit dengan username pewpewkachew. Saat dia mengabarkannya, dia masih bisa login kebanyak sekali akun dropbox menggunakan detail email dan password yang dipajang oleh hacker. Hacker tersebut meminta donasi Bitcoin ke publik, semakin banyak Bitcoin yang dia terima maka akan semakin banyak detail akun yang dia publish.

Ganti Password Kamu, 7 Juta Akun Dropbox Dihack dan Dipajang Online

Mendengar kabar tersebut Dropbox bergerak cepat. Password dari seluruh akun yang dipajang tersebut telah di-reset sehingga siapapun (termasuk WinPoin ketika mencobanya) sudah tidak bisa login lagi.

Ganti Password Kamu, 7 Juta Akun Dropbox Dihack dan Dipajang Online

Namun permasalahan utamanya tidak terletak di akun Dropbox tersebut. Jika pengguna menggunakan password yang sama dengan password akun Dropbox mereka, maka akun-akun tersebut masih rawan untuk dibobol juga. Oleh karena itu kita memiliki beberapa tips bagi seluruh pengguna Dropbox:

  • Ganti password di akun Dropbox kamu sekarang.
  • Ganti password di akun lain yang memiliki password sama dengan akun Dropbox kamu. Akun-akun penting seperti email, Paypal, e-banking, dan social media perlu kamu utamakan.

Ketika dikonfirmasi, Dropbox sendiri tidak mau mengakui kalau situsnya telah berhasil dihack. Mereka mengklaim bahwa akun yang bobol tersebut tidak berasal dari Dropbox, melainkan dari layanan pihak ketiga yang menggunakan otentikasi Dropbox. Namun demikian mereka tidak menyebutkan aplikasi atau layanan pihak ketiga apa yang mereka maksud.

Dalam 1 hari ini sudah ada dua kasus yang menimpa Dropbox. Pertama, ada beberapa pengguna yang kehilangan file penting tanpa sepengetahuannya. Hal ini kemudian diketahui karena adanya bugs di aplikasi Dropbox. Dan kasus yang kedua adalah dibobolnya 7 juta akun dropbox ke publik oleh hacker.

via reddit

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Awang Sadikin

    Jangan sampai OneDrive juga akan mengalami hal yang serupa. Waspadalah! Hehe,

  • masbeck

    Di ane udah ganti password tpi di hh and lepi kok masih bisa di buka ya gan? Apa emang gtu, gak bisa sign out otomatis klo password nya sudah berubah