Gara-Gara Tablet Penjualan PC Turun Drastis

Gara-Gara Tablet Penjualan PC Turun Drastis

0

Gara-Gara Tablet Penjualan PC Turun Drastis

Mungkin jaman memang sudah berubah. Desktop PC dan notebook yang dulu menjadi idola kini popularitasnya semakin menurun saja. Di kuarter kedua 2013 ini penjualan PC (desktop PC, laptop, dan notebook) turun hingga 10.9% dari tahun lalu.

Ini artinya penjualan PC turun dari 85 juta unit menjadi 76 juta unit saja. Penurunan ini sudah terjadi selama 5 kuarter berturut-turut dan menjadi penurunan penjualan PC dengan durasi terpanjang dalam sejarah. Penjualan PC terjadi di semua belahan dunia, termasuk di Asia/Pasifik.

Gara-Gara Tablet Penjualan PC Turun Drastis

Penurunan penjualan PC ini dikarenakan semakin populernya tablet saat ini. Harga tablet juga makin terjangkau dengan fungsi dan spesifikasi yang makin canggih. Bahkan di beberapa lokasi, tablet sudah menjadi perangkat komputer utama bagi kebanyakan orang. Mereka memilih untuk membeli tablet daripada membeli PC karena memang tablet sudah dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka saat ini. Tablet juga yang membuat market mini notebook menjadi kolaps.

Di Asia/Pasifik penjualan PC mengalami penurunan hingga 11.5% dengan tingkat penurunan yang lebih tinggi dari tingkat penurunan global.

WinPoin memperdiksi penurunan penjualan PC bakal terus terjadi, apalagi Microsoft mulai gencar dalam mempopulerkan tablet Windows 8 berkemampuan PC.

Akankah era PC desktop bakal segera tergantikan oleh era tablet?

via Gartner

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.