HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

0

Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

NB: Ini adalah review yang dilakukan oleh Kepoin Tekno, subscribe agar tidak ketinggalan review dan giveaway selanjutnya.

Virtual Reality, upaya membuat dunia virtual tampak lebih nyata. Well..siapa sangka kini kita bisa menikmati Virtual Reality hanya melalui smartphone dan VR headset saja.

Salah satu VR Headset yang saat ini banyak digemari karena murah dan unik adalah Xiaomi Mi Play. Meskipun berlabelkan Xiaomi, namun kamu bisa menggunakannya di berbagai smartphone, mulai dari Android, iOS, hingga Windows 10 Mobile. (Ya..setelah video review ini, kami akan merilis video tips bagaimana menikmati Virtual Reality di Windows 10 Mobile.)

Bagi kamu yang penasaran, silakan langsung lihat video review Xiaomi VR Mi Play (Indonesia) melalui channel Kepoin Tekno berikut ini:

Namun bagi kamu yang lebih senang membaca review daripada melihat videonya, berikut ini transkrip review versi teks nya:

 

Isi & Kualitas Box

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Saya membeli Xiaomi Mi Play ini di Gearbest dengan harga 180 ribuan, saat headset VR ini masih belum banyak beredar di Indonesia. Kini kamu bisa mendapatkannya di hampir semua toko online lokal dengan berbagai varian harga.

Salah satunya adalah di Lazada yang kini harganya hanya dibandrol 139 ribuan saja.

Beli Xiaomi VR Mi Play

Saat membeli kamu akan mendapatkan sebuah box simple.. terlalu simple sebenarnya..yang berisi VR headset dan head strap yang dibungkus di karton bertuliskan panduan. Disertakan juga QR Code yang mengarah ke aplikasi Xiaomi VR, tetapi useless jika kamu tidak memahami bahasa tiongkok.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Satu kelemahan dari box Xiaomi ini adalah tidak adanya perlindungan terhadap headset. Jadi pastikan ketika membeli kamu minta penjual untuk memberi perlindungan ekstra saat pengiriman jika tidak ingin berakhir penyok seperti milik saya ini.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Untuk box dan kelengkapan, 3 bintang dari Kepoin Tekno.

 

Desain & Ketangguhan

Beralih ke desain. Xiaomi Mi Play memiliki desain yang compact dan tidak biasa dimiliki oleh sebuah VR. Ya..Mi Play memakai penguncian resleting ganda untuk membuka dan menutup slot smartphone.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dari resleting ganda ini, yaitu kamu bebas membuat celah untuk lubang headset ataupun charger.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Selain itu Mi Play sangat ringan dengan dibalut lapisan lycra, bahan yang sering dipakai di pakaian olahraga karena terkenal akan kekuatan dan elastisitasnya.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Tidak dipakainya bahan plastik yang kaku dan keras sebagai cover membuat Mi Play ini lentur dan fleksibel. Sisi positifnya dia lebih tahan banting saat terjatuh dari ketinggian. Tidak ada kerusakan berarti saat xiaomi Mi Play dijatuhkan dari ketinggian sekitar 2M.

Namun di sisi lain bahan ini membuat Mi Play rawan penyok jika tertindih dalam waktu lama, misalnya saat pengiriman, atau ditumpuk saat penyimpanan.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Masuk untuk melihat lebih detail. Ketika slot smartphone dibuka kamu akan mendapati grip yang dipadukan dengan busa pengunci untuk mencengkeram smartphone agar tidak mudah geser saat dipasang.

Ada juga navigasi yang langsung terhubung dengan tombol berbahan metal di bagian atas VR.

Dan bagian terpenting dari VR headset ini adalah dua buah lensa anti-glare, yang terpasang paten di rangka kokoh berbahan plastik.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Fokus ke head strap, bahannya dibuat dari karet elastis yang dipadukan dengan velcro di setiap ujungnya. Kuat, lentur, dan gampang diatur.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Untuk desain dan ketangguhan, 4 bintang dari Kepoin Tekno.

 

Kenyamanan Penggunaan

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Kini masuk pada kenyamanan saat digunakan. Sangat disayangkan Xiaomi Mi Play tidak dilengkapi QR code untuk setup dan kalibrasi.

Beruntung ada QR code kalibrasi dari pihak ketiga yang sudah saya uji dan cocok untuk kalibrasi Mi Play. Jadi jika smartphone kamu tidak bisa menampilkan konten VR dengan baik di Mi Play, lakukan kalibrasi menggunakan QR code berikut ini. Silakan coba satu per satu sampai mendapatkan konfigurasi yang terbaik. Dalam kasus saya, QR code yang ketiga merupakan yang paling nyaman dan akurat.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Kini kamu tinggal buka VR, memasukkan smartphone, lalu posisikan bagian tengah sesuai tanda, dan menutupnya kembali.

Jika dirasa kurang pas saat dipakai, kamu bisa menggeser smartphone melalui lubang yang disediakan. Sayangnya ¬†hal ini tidak mudah dilakukan karena smartphone tertahan oleh grip didalamnya. So..dalam banyak kasus kamu harus membukanya lagi…menggesernya..dan menutupnya lagi.

Jika smartphone kamu terlalu tipis terkadang smartphone juga gampang miring saat dipakai. Atau jika smartphone terlalu kecil maka tombol navigasi jadi tidak berfungsi karena tidak sampai ke area touchscreen.

Well..Xiaomi Mi Play memang dirancang untuk smartphone berukuran layar 4.7 inch – 5.5 inch, meskipun setelah saya coba di iPhone 5S dengan ukuran layar 4 inch, Mi Play masih bisa menampilkan virtual reality dengan baik. Lumia 730 juga bisa menampilkan konten VR dengan baik di Xiaomi Mi Play, bahkan tanpa melalui kalibrasi.

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Bagian belakang mi play tidak dilengkapi Face Pad yang membuatnya terasa keras, licin dan mudah miring, serta kurang presisi di wajah saat dipakai. Di sebelah kiri dan kanan masih ada celah sehingga experience virtual bisa terganggu oleh lingkungan luar.

Tetapi sebenarnya kelemahan utama dari Mi Play adalah posisi lensa yang paten dan tidak bisa tidak bisa dikonfigurasi, baik fokus ataupun jarak antar lensa. Hasilnya untuk beberapa smartphone, gambar yang ditampilkan terasa kurang optimal, serta cukup bikin pusing jika dipaksakan untuk memakainya.

Satu-satunya opsi untuk mengoptimalkan gambar hanya melalui QR code kalibrasi yang sudah saya jelaskan tadi.

Satu hal yang saya sukai dari Xiaomi Mi Play, adalah bobotnya yang ringan hingga tak terasa saat digunakan. Yup..Mi Play memang hanya berbobot 209 gram saja.

Jadi untuk kenyamanan penggunaan, 2 bintang dari kepoin tekno.

 

Kesimpulan

Kini saatnya pada kesimpulan, Xiaomi Mi Play merupakan headset VR yang:

  • Compact dan ringan
  • Fleksibel dan tahan banting
  • Harganya murah
  • Build quality solid
  • Lensa anti-glare berkualitas
  • Serta Head strap yang kuat

Tetapi VR headset ini

  • Dibungkus dalam box tanpa perlindungan
  • Lensa tidak bisa dikonfigurasi
  • Tidak dilengkapi QR code konfigurasi
  • Terasa keras, licin, dan kurang presisi saat dipakai

 

Tips Penggunaan Mi Play

HOT: Review Xiaomi VR Mi Play Indonesia (+Giveaway)

Saya punya beberapa tips untuk mendapatkan experience terbaik dari Xiaomi Mi Play:

  • Xiaomi Mi Play memang paling nyaman jika digunakan bersama smartphone Xiaomi.
  • Tetapi, Jika smartphone kamu bukan Xiaomi dan tampilan terasa tak nyaman, lakukan kalibrasi dengan QR code diatas.
  • Jika smartphone kamu tipis, licin, serta gampang miring, tambahkan pengganjal di belakang smartphone agar cengeraman Mi Play jadi lebih erat.

NB: Tips menikmati VR di Windows 10 Mobile menggunakan Xiaomi Mi Play bakal dirilis dalam versi video secara khusus.

Dan itulah friends review Xiaomi Mi Play dari Kepoin Tekno. Jika ditanya apakah Mi Play ini layak untuk dibeli, well..ada banyak VR headset lain dengan lensa yang bisa dikonfigurasi dan lebih nyaman di mata dengan harga yang tidak beda jauh. Tetapi secara build quality, ya Mi Play ini masih layak dimiliki.

 

Giveaway Xiaomi Mi VR Play.

Kini saatnya bagi-bagi hadiah. Kepoin Tekno akan memberikan Xiaomi VR Mi Play ini kepada satu orang pemenang yang beruntung. Caranya gampang banget:

  1. Subscribe channel Kepoin Tekno
  2. Share video review Xiaomi VR Mi Play ini ke salah satu sosial media favorit kamu, entah itu Facebook, Twitter, atau apapun.
  3. Tinggalkan komentar kamu disini dengan menyertakan salah satu kontak yang bisa dihubungi (bisa username Twitter, Instagram, Email, dsb)

Pemenang akan dipilih secara acak, dan diumumkan minggu depan (Sabtu, 19 November 2016) di WinPoin.com / DroidPoin.com / MacPoin.com / video Kepoin Tekno.

Pemenang akan dihubungi melalui detail kontak yang diberikan, dan hadiah akan dikirimkan ke alamat pemenang tanpa biaya apapun.

 

Subscribe untuk Review & Giveaway Selanjutnya

Review dan giveaway seperti ini akan diadakan secara rutin di channel Kepoin Tekno, so pastikan kamu subscribe agar tidak ketinggalan.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.