Hot Trick : Cara Menggunakan Kembali Windows Media Center di Windows 10

Hot Trick : Cara Menggunakan Kembali Windows Media Center di Windows 10

0

cara menggunakan windows media center di windows 10 (1)

Tentunya kamu tahu, bahwa Microsoft tidak lagi membawa WMC (Windows Media Center) untuk Edisi Windows 10 Professional dan juga tidak menyediakan Upgrade path ke Edisi Professional with Media Center seperti di Windows 8.1.

Akan tetapi (setidaknya hingga artikel ini ditulis) kamu masih bisa merasakan sensasi WMC di Windows 10. Meskipun ini bukan merupakan opsi Official dari Microsoft tapi ini worth untuk dicoba untuk kamu yang ingin kembali merasa sensasi Windows Media Center.

FYI, seperti yang saya katakan tadi. Ini bukan merupakan opsi yang disediakan Microsoft. Melainkan patch komponen WMC yang dicompile dari Windows 8.1 yang dimodifikasi untuk dapat terinstall di Windows 10. (Many thank’s to MDL Forums)

Baca juga:  Acer Swift 7: Laptop Pertama dengan Tebal Dibawah 1cm, Tipisnya Ngalahin MacBook!

NB : Meskipun saya sudah lakukan uji coba dah aman-aman saja. Tetapi mengingat ini bukan merupakan Official dari Microsoft. Ada baiknya kamu membuat restore point sebelum menginstall Unofficial WMC ini, untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan sistem error.

Download dan Install WMC

Pertama download patch Media Center terlebih dahulu (untuk x64 atau x86), Kemudian ekstrak semua isi file tersebut ke 1 folder.

cara menggunakan windows media center di windows 10 (1)

Kemudian jalankan file _TestRights.bat dengan as Administrator. Jika berakhir pada jendela CMD yang tetap terbuka (seperti pada gambar ke-2), maka kamu dapat melakukan proses selanjutnya. Tetapi jika tidak muncul maka coba ulangi satu hingga dua kali dan jika belum juga coba reboot ulang sistem.

Proses selanjutnya adalah menginstal komponen WMC. Jalankan Installer.bat dengan as Administrator, tunggu prosesnya hingga selesai dan dengan begitu maka kamu telah berhasil menginstal WMC.

Windows Media Player

Ketika sudah terinstal, maka kamu dapat menemukan Windows Media Center pada folder Windows Accessories di Start Menu. Jika sudah ketemu jalankan WMC (Klik Open jika Popup muncul).

Baca juga:  Cara Mengganti Background Start Screen Windows Phone 8.1

cara menggunakan windows media center di windows 10 (7)

Jika sudah maka kamu dapat langsung mengoperasikan WMC. Seperti biasa, jalankan terlebih dahulu setup yang diperlukan.

Gallery Windows Media Center.

Selain terinstallnya WMC. Kamu juga akan mendapati aplikasi Windows DVD Player, yang fungsinya sebagai media player DVD/CD.

Baca juga:  9 Cara Membuka Command Prompt pada Windows 10

cara menggunakan windows media center di windows 10 (9)

Oh ya, jika kamu bertanya bagaimana dengan Groove Music. Tenang saja, kamu masih bisa menjalankan Groove Music, bahkan ketika WMC masih berjalan.

cara menggunakan windows media center di windows 10 (15)

Nahh itu dia gaes sedikit tutorial untuk menjalankan Windows Media Center di Windows 10. Bagi kamu yang sudah menginstallnya, share pengalaman kamu melalui kolom komentar!😎

Credit to all MDL member who contribute in this thread.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.