Huawei: Tidak Seperti Android, Windows Phone Susah Dikustomisasi dan Dijadikan “Beda”

Huawei: Tidak Seperti Android, Windows Phone Susah Dikustomisasi dan Dijadikan “Beda”

22

Huawei: Tidak Seperti Android, Windows Phone Susah Dikustomisasi dan Dijadikan “Beda”

Kita tahu bahwa Huawei memang cukup sakit hati dengan Windows Phone karena smartphone WP mereka yang kurang begitu laku. Mereka bahkan sempat menyatakan bahwa tidak ada seorangpun yang memperoleh keuntungan dari Windows Phone. Kebencian ini nampaknya terus mereka tunjukkan ke publik dengan pernyataan barunya.

Huawei menyatakan bahwa Windows Phone tidak fleksibel seperti Android. Jika Android bisa dimodifikasi sesuai keinginan, Windows Phone susah dikustomisasi dan dijadikan “beda”.

Huawei: Tidak Seperti Android, Windows Phone Susah Dikustomisasi dan Dijadikan “Beda”

Huawei: Tidak Seperti Android, Windows Phone Susah Dikustomisasi dan Dijadikan “Beda”

Hal itu juga yang membuat mereka tidak ingin memproduksi lagi smartphone berbasis WP, karena susah untuk menjadi beda dengan manufaktur lainnya. Semua pernyataan tersebut diungkapkan oleh CMO Huawei Shao Yang kepada Techradar.

Di Android, Huawei sendiri memiliki custom UI yang mereka beri nama Emotion UI untuk membedakan smartphone Android mereka dengan smartphone Android keluaran kompetitor. Manufaktur lain juga memiliki UI tersendiri, misalkan saja Samsung dengan TouchWiz UI nya atau HTC dengan Sense UI nya.

Huawei: Tidak Seperti Android, Windows Phone Susah Dikustomisasi dan Dijadikan “Beda”

Huawei: Tidak Seperti Android, Windows Phone Susah Dikustomisasi dan Dijadikan “Beda”

Bagaimana menurut kamu tentang pernyataan Huawei tersebut?

via techradar

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • ada benarnya memang, WP kelihatan sama padahal beda merk

    • RiDho Ahmad

      walaupun berbeda-beda (merk) tetapi tetap satu (tampilan)
      lagipula tampilan metro tile-tile WP cukup untuk customisasi masing2 pengguna , itulah kenapa WP disebut ponsel ‘pribadi’.

  • DoubleHRD

    justru itu
    jadi sistemnya tetep aman dan lancar tanpa lag
    sama kayak ipon jg gitu kan

    • Rasshid

      Tapi ipon mereknya cuma satu.. manufakturnya ya cuma satu itu juga..

      • mnisnaeni

        Sependapat ane dengan komen rashhid

  • 3VOlt

    menurut ku sih huawei cukup aneh.. liat aja laptop atau pc yang kita gunakan sehari” apa tampilannya beda? apa setiap merk pc / laptop yang kita beli mempunyai tampilan GUI yang sudah disediakan oleh vendor? sama aja dengan hp yang ada dipasaran.. semua tuh tergantung spek dan os yang digunakan aja.. apa update atau tidak.. saya lebih suka WP dari segi osnya.. selalu di update dan disesuaikan dengan spek hpnya. coba liat produk sam, son, dll hp yang murah apakah selalu mendapatkan os yang baru? padahal dari segi spek bisa dilakukan upgarede.. mungkin udah sakit hati gara” merugi, mangkanya muja” android.. :D

    • Huawei memang udah sakit hati tingkat maksimal sm WP om..hihihi

    • Rasshid

      Beda om kalo urusan sama hape… Di Android kan banyak launcher yg gampang diinstal.. Kalo di PC kan jarang banget bisa ganti tampilan dgn mudah om.. Mau ganti iconpack aja trial dan berbayar om :v

  • Ekak Hardianto

    Hmmm, aku termasuk fansboynya Huawei juga padahal. Seri w1 adalah windows phone pertama pilihanku. Tapi rasanya th 2016 mungkin mereka bisa berubah pikiran kalau melihat potensi windows10. Karena mereka juga punya visi yang hampir sama dengan Microsoft tentang teknologi terdepan khususnya mobility & cloud

    • yocktan

      Huawei ini setengah hati sih. WP nya kemahalan, spek & fiturnya biasa aja, dukungan paska pembelian juga gak jelas. Ya orang Indonesia pasti lebih milih Microsoft/Nokia atau HTC.

      Kalo launcher dijadikan acuan “diferensiasi”, ya okelah buat konsumen awam. Tapi Huawei sebagai perusahaan besar harusnya punya jiwa kreatif. Masa cuma launcher? Kalah dong sama launcher bikinan anak-anak SMK sekarang – yang lebih bagus, hemat RAM dan gak boros batre.

      Kalo mau bikin diferensiasi, harusnya Huawei lebih kreatif. Bikin kek aplikasi atau fitur eksklusif yang bagus, kayak Lumia Selfie, Rich Recording, HTC Camera, HTC Boom-Sound, dll.

      Semoga di Windows 10, Huawei gak setengah-setengah lagi ngerilis produk. Dan aku pasti bakal beli (asal gak over-priced..haha)

      • Rasshid

        Setuju sama om Yocktan

        Etapi emangnya ada launcher bikinan anak smk? :v

        • yocktan

          Wuih ada lah.. Banyak tuh kompetisinya di kampus-kampus. Dan isinya anak-anak SMK yang bikin robot, launcher Android, game 3D Unity, sampe motor yg pake gas LPG..
          Kemarin di TV malah anak-anak SD di Jawa Timur bikin robot, kecil-kecil udah pada jago nyolder… Aku aja belepotan kalo nyolder.. Wkwk..

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Sepertinya Huawei menyindir masalah launcher ya??
    temen-temen saya malah seneng sama Launcher yang tampilannya persis windows phone.. itu cuma pendapat masing-masing pribadi saja..

    • Rasshid

      Padahal yaa launchernya juga ga sebagus.. Xperia ato Samsung lah. Apaan coba namanya? Sama Go Launcher aja kalah :v

      • freddyfredy

        apalagi klo pake BUZZ Launcher…
        lebih personal lagi kalo emang user nya mau sdkit ridet mengkostumisasi
        lebih beda lagi dari yg lain. :D

  • Matsudara Adachi

    inilah yang namanya ‘ciri khas’
    Windows Phone kan beda :)

    • Rasshid

      Dan simple.. dan ntar pas v10 tambah bagus lagi homescreennya, ya nggak?

      • Matsudara Adachi

        ya kuharap begitu :)

  • Belum punya smartphone dah waktu megang WP temen jadi makin tertarik terutama karena ane suka banget desain Win8, ya meski keliatan biasa banget kalo cuma megang dan geser-geser aplikasinya *berasa megang feature phone* :v

    andai harga dan spesifikasinya ngga nanggung banget ya bagus banget ini Hape. :2thumbup

  • Jali Dkc

    Benar adanya. Banyak Aplikasi Top lambat dalam penyempurnaan :D

  • Syifa Shecikal

    Gimna yach.. Windows phone itu bgus sbnrnya lmayan stabil. Tpi klo bsa app gratisan bnyk, harga murah dgn spek tinggi ,hehehe.. Di jamin deh laku keras. Noh contohnya siomay :)

  • Beno S

    gw pikir,konsumen di indonesia lebih memilih harga terendah tapi spesifikasi tinggi, seperti gw,ahahahaha, android dgn hrga 2jtan udah dpt ram 2gb, qualcomm snapdragon 615 pula, ppi bisa 300 lebih, os udah yg terbaru, os boleh beda,tpi tolong buat windows phone dgn hrga 2 jt an juga, agar spek nya bisa sama sprti android, :)