Ide Yahoo untuk Bersih-bersih ID Email Adalah Ide yang Sangat Buruk??

Ide Yahoo untuk Bersih-bersih ID Email Adalah Ide yang Sangat Buruk??

0

Ide Yahoo untuk Bersih-bersih ID Adalah Ide yang Sangat Buruk??

Seperti yang sudah WinPoin kabarkan sebelumnya, Yahoo berencana untuk bersih-bersih ID email mulai 15 Juli nanti. Email yang tidak aktif selama 1 tahun bakal dihapus, dan ID nya bisa tersedia lagi bagi siapapun yang mendaftar. Jadi jika nama kamu budi dan ID budi@yahoo.com sudah tidak aktif lagi, kamu bisa memilikinya daripada harus mendaftar dengan ID budi92874@yahoo.com

Hal itu terlihat keren bukan? Tetapi tidak. Hal itu bahkan dianggap sebagai ide yang sangat buruk.

Seseorang biasanya memiliki beberapa email, ada email utama dan ada email tambahan. Nah..seringkali email tambahan ini digunakan untuk mendaftar akun social media, newsletter, forum, dll. Email tambahan ini yang biasanya jarang digunakan oleh si pemilik.

Bayangkan bagaimana jika akun email tambahan yang jarang aktif tersebut dimatikan, kemudian ID nya didaftarkan oleh orang lain. Ada peluang bahwa jika suatu saat si pemilik asli melakukan “forgot password” salah satu akunnya, maka password tersebut akan diterima oleh si pemilik baru ID tersebut. Lalu bagaimana dengan berbagai email, newsletter, dsb yang mungkin saja akan terkirim di kemudian hari? Apakah hal ini tidak berbahaya bagi privasi si pemilik akun lama?

Menanggapi keraguan ini Yahoo menjelaskan bahwa mereka sangat berhati-hati dalam menonaktifkan ID. Yahoo menyatakan bahwa semua data personal dan email di dalamnya akan dihapus permanen dan tidak akan bisa diakses oleh si pemilik baru. ID yang akan dihapus juga diutamakan adalah ID yang tidak terhubung dengan mailbox didalamnya.

Untuk semakin memastikan ID tersebut aman saat dihapus, Yahoo akan memberikan waktu 30 hari sebelum ID tersebut bisa didaftarkan lagi. Selama periode ini, Yahoo akan membalas setiap email yang masuk ke ID tersebut bahwa akun itu tidak lagi aktif. Lalu Yahoo akan meng-unsubscribe ID tersebut dari berbagai macam newsletter, e-commerce, institusi, social network, email provider, dsb.

Namun demikian tentu saja kekhawatiran masih tetap ada. Oleh karena itu jika kamu merasa memiliki ID Yahoo yang jarang sekali aktif, WinPoin sarankan kamu segera melakukan login sebelum 15 Juli 2013. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin ID email kamu akan hilang dan berpindah tangan ke orang lain.

via Wired

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.