Ingin Update Windows 8.1? Cek Dulu Kecocokan Hardware dan Software Kamu

Ingin Update Windows 8.1? Cek Dulu Kecocokan Hardware dan Software Kamu

2

Ingin Upgrade Windows 8.1? Cek Dulu Kecocokan Hardware dan Software Kamu

Windows 8.1 baru diluncurkan beberapa bulan lalu melalui update dari Windows Store di Windows 8. Banyak perubahan yang terjadi dengan Windows 8.1, seperti fitur booting langsung ke desktop, tombol Start, dan fitur kemudahan user lainnya. Memang sepertinya banyak pengguna Windows 8 kecewa dengannya, Microsoft kemudian meluncurkan Windows 8.1.

Jika kamu pengguna Windows 8 dan ingin update ke Windows 8.1, kamu melakukannya secara gratis tetapi lewat Windows Store. Tetapi setelah update ke Windows 8.1, beberapa orang mengalami masalah hardware dan software yang cukup serius. Maka dari itu sebelum kamu update ke Windows 8.1 dari Windows 8, berikut ini WinPoin berikan tips cara mengecek apakah ada hardware dan software yang tidak cocok dengan Windows 8.1.

 

Ketahui Apa Biasanya Penyebab Masalah di Windows 8.1

Microsoft memberikan informasi terbaru soal persyaratan hardware karena adanya chipset 64-bit. Jika hardware kamu tidak mendukung CompareExchange128, kamu tidak bisa update dari Windows 8 dan hanya bisa menikmatinya. Jika kamu menggunakan CPU 64-bit, cek dulu modelnya di Microsoft’s Compatibility Center apakah mendukung CompareExchange128 atau tidak.

Selama ini dalam pengamatan WinPoin, banyak user yang mengalami masalah soal graphic. Misalkan saja blackscreen yang akhirnya bisa diselesaikan dengan melakukan update driver. Masalah lain biasanya layar menjadi fuzzy, blur atau kadan-kadang font menjadi tidak bisa di baca di aplikasi desktop. Sebelum kamu mengupdate Windows 8 ke Windows 8.1, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apakah driver graphic kamu apakah cocok dengan Windows 8.1 atau tidak.

Ingin Upgrade Windows 8.1? Cek Dulu Kecocokan Hardware dan Software Kamu

Untuk para gamers, Windows 8 tidak cocok sekali digunakan sebagai game apalagi untuk game-game dari Steam. Steam tidak ingin mendukung Windows 8 dan oleh karena itu kebanyakan game yang diinstall di Windows 8 mengalami masalah pada mouse atau kontroller. Kebanyakan masalah yang dialami gamer atau user di Windows 8.1 adalah driver yang tidak mendukung. Jadi sebelum kamu update ke Windows 8.1, sebaiknya kamu memeriksa adakah driver yang cocok dengan hardware kamu.

 

Periksa Device, Hardware, Aplikasi atau Game Support di Microsoft Compatibility Center

Sebelum kamu mendownload dan menginstall Windows 8.1, sebaiknya kamu memeriksanya secara manual di Microsoft Compatibility Center. Dengan menggunakan Microsoft Compatibility Center kamu dapat mencari hardware, game, aplikasi yang mendukung Windows 8.1. Setelah kamu mencari device, software, aplikasi, game atau driver, kamu dapat melihat status Compatible atau tidak pada Windows 8.1.

Ingin Upgrade Windows 8.1? Cek Dulu Kecocokan Hardware dan Software Kamu

 

Periksa Device, Hardware, Aplikasi atau Game Support dengan Windows 8.1 Upgrade Assistant

Jika kamu ingin memeriksa semua dukungan hardware, software, device, atau game cocok atau tidak dengan Windows 8.1, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Windows 8.1 Upgrade Assistant. Setelah kamu mendownload, menginstall dan menjalankan aplikasi ini. Laporan akan muncul berupa file HTML yang dibuka dari browser dan dapat kamu simpan dengan Save As atau Print.

Ingin Upgrade Windows 8.1? Cek Dulu Kecocokan Hardware dan Software Kamu

 

Kesimpulan

Ingin Upgrade Windows 8.1? Cek Dulu Kecocokan Hardware dan Software Kamu

Apakah komputer atau laptop kamu sudah siap untuk di update ke Windows 8.1? Jika semua sudah cocok dan tidak ada masalah kamu bisa mengupdate secara aman. Ingatlah kalau sudah update Windows 8.1 kamu tidak bisa downgrade ke Windows 8 kecuali jika kamu memiliki system image.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Evolta Triathlon Comunity

    Mau Tanya

    Teman saya yang laptop nya ASUS Kalo gak salah speknya seperti ini:

    CPU: AMD A8-4500M
    GPU: Radeon 7470M + 7600G
    RAM: DDR3 4 GB
    HDD: 500GB

    Itu minta saya untuk upgrade ke Windows 8.1, setelah saya upgrade nah pas install driver AMD Display, Layar kok jadi muncul Garis Garis buanyak banget pokoknya.

    Lalu downgrade ke Windows 7 64

    Nah Masalahnya masih ada tapi kalau temanya diatur ke tema aero namun jika tema basic, normal normal saja

    nah gimana ini, aku takut kalau ada masalah VGA

    • kayaknya ini masalah driver bukan masalah hardware..