Ini Dia yang Baru dari Windows 10 November Update a.k.a Threshold 2

Ini Dia yang Baru dari Windows 10 November Update a.k.a Threshold 2

46

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Update besar pertama untuk Windows 10 telah dirilis hari ini via Windows Update, banyak memberikan perbaikan untuk Windows 10. Cukup banyak yang dirombak Microsoft untuk update kali ini, misalkan saja penyederhanaan aktivasi, mengembalikan warna title bar window, integrasi Skype dan peningkatan browser Edge. Selain itu mereka juga menambahkan iklan di Start Menu.

Update ini disebut juga sebagai “Threshold 2” dalam pengembangannya, jika dilihat ia menggunakan versi build “1511”. Kamu bisa mendapatkannya melalui Windows Update, tidak di Windows Store seperti Windows 8.1 dulu. Buat kamu yang enggan update, coba lihat dulu fitur baru yang diberikan Microsoft pada Windows 10 Threshold 2 ini.

 

Aktivasi Windows 10 dengan Windows 7, 8 atau 8.1

Untuk beberapa orang, aktivasi Windows 10 terlihat rumut dari versi-versi Windows sebelumnya. Ketika pertama kali dirilis, Microsoft tidak menjelaskan secara detail bagaimana proses upgrade bekerja. Tapi beberapa saat setelah itu, Microsoft memposting sebuah dokumentasi tentang aktivasi Windows 10 ini.

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Aktivasi sekarang bekerja seperti seharusnya. Ketika kamu menginstall Windows 10, kamu bisa menggunakan product key dari Windows 7, 8 atau 8.1 yang kamu miliki dan sudah kamu gunakan sebelumnya. Proses “digital entitlement” atau hak digital, dimana PC kamu akan aktif secara otomatis tanpa memaskan product key. Kamu bisa melihatnya di Settings>Upgrade&Security>Activation, akan muncul tulisan “Windows 10 on this device is activated with a digital entitlement”.

 

Title Bar Window Bewarna Telah Kembali

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Title bar window yang bewarna kini menghiasi Windows kembali, jika sebelumnya kamu harus melakukan tweak kini hal itu tidak perlu dilakukan. Kamu hanya perlu pergi ke Settings>Personalization>Color dan pastikan menu “Show color on Start, taskbar, action center, dan title bar” aktif. Warna yang kamu gunakan terlihat di title bar.

Baca juga:  7 Fitur Windows 10 Anniversary Update Untuk Para Profesional IT

 

Start Menu disisipi Iklan

Ini benar-benar strategi baru Microsoft yang tidak akan kita jumpai pada Windows sebelumnya. Start Menu yang sekarang akan sesekali menyarankan menginsall aplikasi yang mungkin kamu butuhkan. Memang terlihat membantu, tapi kalau belum terbiasa ini terlihat sangat menggangu. Tapi seperti iklan di Microsoft Edge, fitur ini mendorong user Windows 10 untuk menginstall atau menggunakan lebih banyak apps dari Windows Store.

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Tapi tenang, fitur ini ada pengaturannya yang bisa kamu aktifkan dan kamu matikan. Kamu bisa mematikan iklan dengan pergi ke Settings>Personalization>Start dan disable menu “Occasionally show suggestions in Start”.

 

Fitur Pelacak PC yang Hilang

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Windows 10 sekarang memiliki fitur “Find My Device” yang letaknya di Settings>Update & Security. Yang berarti fitur ini bisa melacak PC kamu, jika tablet atau laptop kamu hilang ia akan terlacak melalui GPS tanpa harus menggunakan software pihak ketiga. Kamu juga bisa memberitahu Windows 10 secara berskala untuk mengirim lokasi device ke server Microsoft, memungkinkan kamu untuk melihat lokasi terakhir jika kamu kehilangan mereka.

 

Edge Bisa Lebih Banyak Sync dan ada Tab Preview

Microsoft Edge mendapatkan update ke versi baru, dan sekarang ia mendukung HTML5, CSS3 dan ECMAScript. Dua fitur baru yang paling menonjol, tab preview (coba arahkan mouse ke tab di title bar) dan sync dari favorite dan reading list ke semua device Windows 10 kamu.

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Sayangnya sampai update kali ini Microsoft Edge tidak mendukung browser extension. Menariknya, Microsoft tidak memberikan update Edge melalui Store. Mereka memberikan update ini pada update Windows 10, tidak seperti aplikasi Windows 10 lainnya yang diupdate lebih teratur dari Store.

Baca juga:  Ayo Cek Windows Store, Beberapa Game Premium dari Game Troopers Mendapat Diskon!

 

Integrasi Skype dan Sway

Windows 10 Threshold 2 ini memiliki beberapa aplikasi baru. Ada aplikasi Skype, Messaging dan Phone. Tiga aplikasi ini menggunakan Skype untuk panggilan video, chat dan panggilan audio, menggantikan aplikasi Skype Metro dari Windows 8.

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Aplikasi ini dirancang dengan begitu sederhana untuk diintegrasikan dengan Skype Windows 10, meskipun Skype standar untuk desktop masih tersedia.

Windows 10 yang ini juga memiliki Sway. sebuah aplikasi Office untuk membuat dan berbagi laporan, presentasi, curhatan dan masih banyak lagi.

 

Device Storage Minim Bisa Bahagia

Ada sebuah fitur dimana kamu bisa menginstall aplikasi Windows 10 di driver lain, seperti misalnya pada tablet yang memiliki storage sedikit di SD card. Sekali lagi, fitur ini bisa kamu aktifkan dan matikan, caranya pergi ke Settings>System>Storage.

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Kamu juga bisa memilih dimana map Windows 10 offline di simpan dengan membuka Settings>System>Offline maps. Ini tentunya akan membantu user yang memiliki device dengan storage minim untuk tetap menjaga performa devicenya.

 

Start Menu dan Context Menu Dipoles Lagi

Start Menu juga ditingkatkan. Kamu bisa memiliki lebih dari 512 aplikasi yang diinstall, Start Menu juga mendukung 2048 tile. Jika kamu memiliki lebih dari 512 shorcut, Start Menu bisa menemukan dan menampilkan aplikasi yang kamu install sebelumnya.

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Aplikasi dan tile Windows 10 sekarang memiliki jumplist dan kamu bisa menampilkan lebih banyak tile di Start Menu. Windows 10 yang sekarang juga memiliki context menu yang ditingkatkan.

 

Fitur Touch Lebih Ditingkatkan

Beberapa fitur tablet mode bekerja seperti di Windows 8. Contohnya ketika kamu berada di Task View, sekarang kamu bisa menyeret thumbnal dari sebuah aplikasi ke bawah screen untuk mengeluarkannya.

Baca juga:  Qualcomm Resmi Mengungkapkan Spesifikasi Snapdragon 835 di Ajang CES 2017

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Kamu juga bisa mengatur fitur ini, di menu Settings>System>Multitasking dan pilih enable/disable “When I resize a snapped window, simultaneously resize any adjacent snapped window”. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menyentuh atau mengklik dan drag antara dua aplikasi untuk mengubah ukuran mereka, seperti pada aplikasi metro di Windows 8.

 

Cortana Bekerja Lebih Baik Lagi

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Cortana tidak lagi memerlukan akun Microsoft, jadi kamu bisa menggunakan Cortana bahkan jika kamu login menggunakan akun lokal. Cortana juga bisa mengerti note, menelusuri film dan tiket event, memperingatkan kamu ketika ada telepon masuk, dan sync pesan dan call hystory. Cortana juga memiliki kekuatan mematikan komputer ketika tidak kamu gunakan.

 

Windows akan Mengatur Printer Default

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Secara default, Windows akan mengatur printer default kamu. Setiap kali kamu mencetak, printer akan ditandai sebagai printer default. Kamu bisa mematikan fitur ini dengan pergi ke Settings>Device>Printers&Scanner dan disable menu “Let Windows manage my default printer”.

 

Login Screen Kini Bisa Kamu Atur

Jika sebelumnya kamu harus menyentuh registry untuk mengubah login screen pada Windows 10. Sekarang kamu bisa mengganti Windows Hero itu dengan warna yang sesuai dengan keinginan.

Ini Dia yang Baru dari Update Windows 10 a.k.a Threshold 2

Untuk mengaturnya, kamu bisa pergi ke Settings>Personalization>Lock screen dan disable “Show Windows background picture on the sign-in screen” jika kamu ingin menggunakan warna. Tapi jika kamu ingin menggunakan gambar lain, kamu tetap harus mengubahnya dengan software pihak ketiga.

 

Itulah beberapa perubahan besar yang dapat kamu temui di Windows 10 Update 2 a.k.a Threshold 2 ini. Untuk perubahan lainnya, mungkin kamu akan melihat icon baru, efek visual, dan bagian dalam lainnya yang diperbaiki, termasuk manajemen memori.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Whyu Wa

    nice inpo

  • Ahmad Rasyid

    Kalau laptop juga sudah ada GPS-nya kah?

    • Martinuus Rendi Mardyanta

      GPS itu fitur nya…

    • anan234

      iya nih, laptop mana ada GPS nya yak

  • Min… Bisa nggak dari Windows 8.1 ke Windows 10 Th 2? Trus, minat nggak jual dvd update?

    • Martinuus Rendi Mardyanta

      Bisa… upgrade lgsung via media creation tools…ato file ISO nya

    • Achmad Riduwan

      bisa , minggu lalu ane upgrade win 10 dari win 8.1 via WU

  • Martinuus Rendi Mardyanta

    Mantaaapp… fitur baru nya keren2… tapi sayang belum bisa nyicip… laptop rusak…huhuhuuuu T.T

  • Fauzy Edugawa

    btw software pihak ketiganya apaan min
    update kemarin dadakan
    bangun tidur eehh tampilan baru :v

    • software yang bukan bawaan Windows om :D

      • Fauzy Edugawa

        maksud ana namae

  • Fadlilah Akbar

    ane kok gk dapet update nya ya min masih di 10240 terus,

    gimana caranya biar dpt update, di update udah up to date katanya

    • Geo

      kalo saya sih regionnya USA :P ga tau sih ngaruh apa ngga nya

    • I Made Tobias Abdiman

      mungkin kurang dari 31 hari install w10 nya

      • Fadlilah Akbar

        Saya upgrade ke win10 pas hari pertama realease

    • anan234

      sama dengan ane gan, mungkin defer update nya situ aktifin kalik

  • wah nanti bakal kayak SkyNet nih :v si Cortana udah bisa matiin komputer sendiri.. :3 emezing.. :v

  • Marcerino

    Gan yang ini sama yang di atas sama nggak?

    • Achmad Riduwan

      ya

      • Marcerino

        ok dah sip, thanks

  • Luqman Hidayat

    min, gmn y cara munculin power (shutdown) button di login screen? sblm’y dlu ada itu

  • anton920

    Gan,saya msh belum update utk yg TH2,di windows 10 awal ini,utk play video sering tersendat2,trs utk main game sangat lambat gerakannya seperti video yg di slow motion. Laptop sya pake ram 2Gb,kira2 napa ya gan kok gtu? Apa rekan2 jg ada pengalaman yg sma sprti sya?

    • pake GPU apa?

      • anton920

        Grafis intel@ HD

        • Andry Voku Badra

          mungkin dengan update driver vga nya bisa fix.

  • Hananto Aditya Dewantara

    Moga-moga lebih diperbaiki buat laptop/komputer lawas :v

  • otw update :D

  • Sandi Lesmana

    update TH2 berapa GB ya ?
    Yang udah update minta infonya :3

    • Eko Iswinarso

      Hasil mantau kuota internet sih sekitar 3GB-an

      • anan234

        njir banyak banget

    • 2.7GBan gan

  • BUDI

    Sepertinya cuma ane yang merasa dapet beberapa bug tiap update Windows, title bar cuma beberapa doang yang berwarna, icon file / folder dalam satu partisi ane jadi ada lambang aneh, dan belum ketemu lagi keganjilannya.

  • Anda Anggara

    Min mau tanya, kok ane gak bisa activated automatis setelah update ke treshold 2? Terima kasih sebelum ny min

    • apa sebelumnya pake Windows 10 TP?

      • Anda Anggara

        Enggak min, jadi kayak mana min? Mohon bantuan ny min

  • Aqin

    Mau tanya nih min, setelah upgrade Windows 10. Kenapa laptop saya saat booting lama ya, meski saya coba install ulang tp masalah ini tetep ada.
    Setelah Loading logo Windows 10, layar blank sekitar 2 menit, baru setelah itu masuk halaman login. apa cuma saya yang ngalamin seperti ini. system startup yg gk guna sudah di coba dimatiin. thx

    • Eko Iswinarso

      Sudah coba matikan fitur “Fast Startup” ?

    • Andry Voku Badra

      masalah ini biasa saya alamai. tapi ini biaanya terjadi dg pc keluaran agak lama misal 2010 ke bawah. saya belum tau pasti penyebabnya tapi. . . saya biasanya melakukan fresh shutdown saat mau matiin pc n setelah 2-3x masalah ini fix. fresh shutdown itu shutdown melalui tombol yang disediakan bukan dengan menekan tombol power di pc.

  • anan234

    tab preview dah ada lama tu di opera browser.. Masih menunggu adanya ekstension di edge…

  • DRIVER_IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (athw8x.sys) HELP ini knp ya??? error restart terus menerus..

    • TAMBAHAN : KERNEL_SECURITY_CHECK_ERROR

      • Andry Voku Badra

        mungkin ada hubungan nya dg di atas. coba fix dulu masalah di atas. . .

    • Andry Voku Badra

      penyebabnya ada driver yg incompatibel yaitu athw8x.sys. jika tidak salah itu driver Atheros LAN. Unistal drivernya melalui safe mode, normal mode atau recovery mode tergantung kondisi Windows nya agan gimana.

      Setelah unistal cari yang kompetibel.