Inilah 10 Fitur yang Paling Diinginkan di Windows 10

Inilah 10 Fitur yang Paling Diinginkan di Windows 10

4

Inilah 10 Fitur yang Paling Diinginkan di Windows 10

Windows 10 Preview sudah dirilis dan kamu sudah bisa mencobanya sendiri di rumah. Microsoft memang sengaja menyediakan versi technical preview ini untuk melibatkan pengguna dalam pengembangan Windows 10 Final. Melalui feedback dan request dari banyak pengguna Windows 10 Preview, berikut ini adalah 10 fitur yang paling diinginkan di Windows 10:

Masukkan Calendar Persia ke Windows 10

Ini adalah fitur yang paling banyak direquest oleh pengguna Windows 10 Preview hingga saat ini. Mereka meminta ditambahkannya Calendar versi Persia di Windows 10. Bahasa dan tulisan Persia banyak digunakan di Iran, Afganistan, Tajikistan, Uzbekistan, hingga Azerbaijan.

Masukkan Tab ke Windows Explorer / File Explorer

Fitur ini sudah lama kita temui di berbagai file explorer Linux, tetapi hingga saat ini di Windows belum juga dimunculkan, bahkan ketika sudah mencapai versi Windows 10. Adanya Tab di Windows Explorer diyakini bakal bisa meningkatkan produktivitas dan memudahkan pengguna melakukan manajemen file.

Jadikan Windows Update Sebagai Pusat Update Seluruh Driver

Saat ini fitur Windows Update hanya menjadi tempat untuk mengupdate Windows serta berbagai produk keluaran Microsoft lainnya saja (Office, OneDrive, dsb). Namun untuk driver pengguna harus melakukan update secara manual, menggunakan aplikasi bawaan OEM semacam Vaio Update (untuk laptop Vaio), atau menggunakan software buatan pihak ketiga seperti Driver Easy, Driver Magician, dsb.

Pengguna ingin Windows Update menjadi tempat untuk mengupdate semuanya termasuk juga driver, sehingga bisa menikmati performa PC yang maksimal dengan driver dan seluruh sistem yang up-to-date.

Gabungkan PC Settings dan Control Panel

Dahulu semua setting Windows berada di Control Panel, dan sejak kemunculan Windows 8 maka muncul juga PC Settings. Isi keduanya kebanyakan sama, dan ada beberapa setting yang hanya terletak di PC Settings saja atau di Control Panel saja. Hal ini membuat pengguna bingung. Kenapa tidak menggabungkan saja semua setting di satu tempat?

Pengguna tidak ingin 2 tempat yang berbeda untuk mengatur opsi sebuah PC.

Tambahkan Support File .RAR, .7z, dan .Bz2 di File Explorer

Saat ini File Explorer sudah support untuk mengakses file .Zip, tetapi belum untuk file kompresi populer lainnya. Pengguna ingin Microsoft menambahkan fitur agar File Explorer bisa mengakses file kompresi populer lain selain .Zip, misalnya saja .RAR, .7z, dan .Bz2.

Hingga saat ini pengguna harus menginstall software buatan pihak ketiga untuk bisa mengakses file dengan format tersebut.

Ganti Semua Icon dan Obyek Aero di Windows 10

Pengguna menilai Windows 10 masih belum konsisten secara desain. Saat proses instalasi pointer mouse, window, teks, dan menu masih memiliki desain khas Windows Vista / 7. Di Desktop juga masih banyak elemen dan obyek misalnya saja Icon yang masih menggunakan konsep UI lawas.

Pengguna ingin Microsoft lebih konsisten secara desain. Jika saat ini mereka menganut desain flat bergaya Modern UI, maka semua icon dan obyek yang masih menggunakan desain bergaya lama harus digantikan semua dengan yang flat dan modern.

Berikan Notepad yang Lebih Baik

Notepad merupakan aplikasi dasar di Windows yang jarang mengalami pengembangan dan penambahan fitur baru. Sejak di Windows XP hingga sekarang, memang terlihat hanya ada sedikit sekali perubahan yang ditanamkan Microsoft kedalamnya.

Pengguna ingin Microsoft memberikan Notepad yang lebih baik. Mereka ingin ditambahkannya support Unix line endings, Undo yang lebih baik, Tab, dsb. Notepad2 atau Notepad++ bisa menjadi acuan yang bagus jika Microsoft mau mengabulkan permintaan ini.

Kembalikan Aero Glass ke Windows 10

Fitur Aero Glass memang sengaja dihilangkan oleh Microsoft untuk menghemat penggunaan power di device seperti tablet, laptop, dan hybrid. Tetapi pengguna menginginkan fitur Aero Glass ini dikembalikan ke Windows 10.

Mereka menganggap bahwa jumlah pengguna PC masih banyak, dan tentunya mereka tidak mempermasalahkan hemat atau borosnya Aero Glass terhadap power dan resource di PC mereka. Pengguna ingin opsi Aero Glass ditambahkan lagi di Windows 10 sehingga pengguna PC atau siapapun yang menginginkannya bisa mengaktifkannya lagi.

Cortana dengan Bahasa Persia

Rupanya ada banyak sekali pengguna yang berbahasa Persia melakukan request fitur. Selain meminta Calendar dalam versi Persia, mereka juga menginginkan Cortana yang support berbahasa Persia.

Berikan Pengguna Kebebasan untuk Mengatur Login Screen

Saat ini Login Screen hanya menampilkan foto dan form password dengan background warna polos. Pengguna ingin bisa lebih bebas mengatur login screen mereka, misalnya saja menambahkan wallpaper, dsb. Untuk saat ini hal itu memang tidak bisa dilakukan dan mereka berharap di Windows 10 ada opsi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur login screen sesuka hati mereka.

 

BONUS

Jadikan Windows Gratis untuk Semua Orang

Ini bukanlah fitur, tetapi request masalah pricing Windows ini menempati posisi kelima dari semua request yang ada. Pengguna ingin Windows digratiskan untuk semua orang. Namun demikian request ini menuiai banyak kontroversi, mengingat untuk membuat OS seperti Windows tentunya diperlukan biaya yang tidak sedikit dan secara logika Microsoft tidak mungkin menggratiskannya.

Untuk itu muncul berbagai opsi masukan seperti gratiskan upgrade Windows 10 untuk pengguna Windows 8/8.1, atau opsi gratiskan Windows Home dan tetap jadikan Windows versi lainnya menjadi berbayar.

Itulah 10 fitur yang paling banyak direquest oleh pengguna di Windows 10. Dari kesepuluh fitur tersebut, fitur mana yang paling kamu inginkan?

via uservoice

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Agil Faisal Rahman

    Jadikan Windows 10 gratis tapi dengan syarat yang di atas ya bolehlah,,,

  • willy

    klo saya ikut aja lah. haha, klo bisa cortana indonesia, kalender cina ma jawa.

    willy (mls login)

  • Dadan Sukmana

    yang 9 saya setuju,kalau yg urutan ke 10 bagi saya sendiri 500 rb masuk akal laaah untuk os win 10 pro

  • adakan fitur ad-hoc