Inilah 3 Hal Baru yang Bakal Hadir di Windows Threshold

Inilah 3 Hal Baru yang Bakal Hadir di Windows Threshold

0

Windows Threshold bakal menjadi generasi selanjutnya dari sistem operasi Windows. Gelombang update mayor ini bakal hadir di awal tahun 2015 dan diprediksi akan membawa berbagai hal baru. Apa saja hal baru tersebut?

 

Start Menu

Inilah 3 Hal Baru yang Bakal Hadir di Windows Threshold
Ilustrasi: Kembalinya Start Menu di Windows 8

Kabarnya Threshold bakal membawa lagi Start Menu yang sudah dihilangkan sejak perilisan Windows 8. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah pengguna Windows yang menggunakan mouse dan keyboard. Start Menu yang lebih dikenal sebagai “mini-Start” ini kemungkinan bakal dibuat opsional, artinya pengguna bisa mengaktifkan atau mematikan mini-Start ini sesuai kebutuhan.

Start Menu ini bahkan dimungkinkan hadir sebelum Threshold dirilis, yaitu bersamaan dengan perilisan update Windows 8.1 pertengahan tahun 2014 nanti.

 

Modern Apps di Desktop

Inilah 3 Hal Baru yang Bakal Hadir di Windows Threshold
Ilustrasi: Modern App Bisa Dibuka di Desktop

Saat ini Modern Apps hanya bisa dijalankan di Modern Environment saja dan tidak bisa dijalankan di desktop. Desktop dan Modern Environment menjadi dua area yang berbeda. Hal ini kemungkinan tidak akan terjadi lagi di Windows Threshold. Aplikasi Metro bakal bisa dijalankan dari dalam desktop, sama seperti yang bisa kamu lakukan dengan ModernMix saat ini.

Integrasi Antara Windows 8.x, Windows Phone dan Xbox One

Threshold disinyalir bakal menjadikan ketiga platform buatan Microsoft tersebut lebih terintegrasi. Windows 8.x, Windows Phone, dan Xbox One bakal menjadi sebuah kesatuan OS yang tidak terpisah seperti sekarang. Saat ini Microsoft kabarnya tengah mengembangkan Windows Store tunggal untuk ketiga OS tersebut, dan ini merupakan salah satu upaya Microsoft untuk menyatukan ketiganya.

 

3 Versi SKU Windows dalam 1 Core OS

Threshold akan menghadirkan 3 versi SKU Windows dalam 1 core OS, yaitu Modern Consumer SKU, Traditional Consumer SKU, dan Traditional Enterprise SKU.

Modern Consumer SKU akan fokus di WinRT (API yang digunakan untuk perangkat yang berbasis ARM) dan akan digunakan di Windows Phone, tablet berbasis ARM, phablet, dan perangkat mobile lainnya. SKU inilah yang sebelumnya dirumorkan sebagai hybrid dari Windows Phone dan Windows RT.

Traditional Consumer SKU akan fokus di desktop dan PC dengan target para pengguna komputer yang masih menggunakan keyboard dan mouse. Baik Modern Consumer SKU maupun Traditional Consumer SKU bakal rutin diupdate melalui Windows Store secara otomatis.

Traditional Enterprise SKU seperti namanya akan fokus di sistem berbasis enterprise. Proses update SKU ini tidak akan sesering dan se-otomatis SKU lainnya, tetapi bakal melalui persetujuan administrator terlebih dahulu. Dengan begini perusahaan dan administrator bisa dengan bebas menentukan apakah mereka ingin mengupdate sistemnya atau tidak.

Itulah 3 hal baru yang bakal hadir di gelombang update Threshold ini. Hingga saat ini semua kabar tersebut masih sebatas rumor dan belum ada penjelasan resmi dari Microsoft. WinPoin akan terus memberikan kabar terbaru seputar pengembangan dan perilisan Windows Threshold ini. So..pastikan kamu Like atau Follow WinPoin agar tidak ketinggalan info.

via zdnet | winsupersite

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.