Inilah 5 Alasan Kenapa Windows 10 Sangat Potensial Bagi Developer

Inilah 5 Alasan Kenapa Windows 10 Sangat Potensial Bagi Developer

1

Inilah 5 Alasan Kenapa Windows 10 Sangat Potensial Bagi Developer

Bukan rahasia lagi jika saat ini Windows Phone Store dan Windows Store masih terbilang minim aplikasi. Selain karena ekosistemnya terbilang masih baru, developer kurang begitu tertarik merilis aplikasi disana karena jumlah penggunanya yang minim. Tetapi melalui event Media Briefing yang dilakukan tadi pagi, Windows 10 terlihat akan mengubah kondisi ini. Berikut ini adalah 5 alasan kenapa Windows 10 bakal sangat potensial bagi developer:

 

Milyaran Pengguna (Target Market yang Besar)

Saat ini pengguna Windows terpecah menjadi banyak bagian. Ratusan juta pengguna masih memakai Windows 7, ratusan juta lagi memakai Windows 8.1, dan jutaan orang lainnya menggunakan Windows Phone 8.1

Microsoft akan menyatukan mereka semua kedalam satu platform yaitu Windows 10. Digratiskannya Windows 10 di tahun pertama untuk pengguna Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Phone 8.1 adalah salah satu upaya untuk menarik pengguna Windows versi sebelumnya melakukan upgrade ke Windows 10.

Dengan bergabungnya semua pengguna Windows dan Windows Phone ke Windows 10, maka dipastikan milyaran pengguna akan berkumpul menjadi satu. Semua orang tersebut akan menjadi target market yang sangat besar bagi para developer apps.

 

Lintas Device (Desktop/Laptop/Tablet/Phablet/Smartphone)

Di Windows 10 Microsoft menyediakan teknologi Universal Apps, dimana developer bisa dengan mudah mengembangkan satu aplikasi untuk semua device tanpa perlu membuatnya lagi dari scratch. Artinya aplikasi yang dia kembangkan bisa diinstall oleh pengguna desktop, laptop, tablet, phablet, dan smartphone.

Ini merupakan peluang market yang sangat besar bagi developer.

 

Satu Store (Windows Store)

Saat ini store aplikasi Windows dan Windows Phone masih terpecah jadi dua, yaitu Windows Store dan Windows Phone Store. Dengan dirilisnya Windows 10 maka store aplikasi hanya ada satu yaitu Windows Store.

Developer tidak perlu lagi susah payah submit dan maintain aplikasi di store yang berbeda. Mereka cukup memaintain aplikasinya dalam satu store yaitu Windows Store, terlepas aplikasi tersebut untuk dekstop, laptop, tablet, phablet, ataupun smartphone.

 

IDE Gratis (Visual Studio Community Edition)

Microsoft telah memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi Windows dengan merilis versi gratis dari Visual Studio yaitu Visual Studio Community Edition.

IDE ini memiliki fitur sangat lengkap, membuat developer bisa mengembangkan aplikasi dengan lebih mudah tanpa memerlukan biaya yang terlampau besar.

 

Materi Pelatihan Gratis (Microsoft Virtual Academy)

Jika kamu adalah developer pemula, Microsoft memberikan satu tempat untuk belajar secara gratis yaitu di Microsoft Virtual Academy. Disini kamu bisa belajar cara mengembangkan aplikasi untuk Windows dan menguji kemampuan kamu melalui berbagai kuis yang ada.

 

Dengan minimnya biaya yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi Windows 10 serta dipadukan dengan target market dan target device yang besar, tentu saja Windows 10 menjadi sangat potensial bagi developer untuk berkarya dan mendapatkan penghasilan darinya.

Untuk itu kini saatnya kamu mulai mempersiapkan diri dengan berbagai resource yang ada, sehingga begitu Windows 10 dirilis nanti kamu tidak ketinggalan pesta. :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Mas Darhiez

    berarti bisa instal blue stack yach di smartphone?