Inilah 9 Tips Bisnis dari Steve Ballmer, Mantan CEO Microsoft

Inilah 9 Tips Bisnis dari Steve Ballmer, Mantan CEO Microsoft

0

Inilah 9 Tips Bisnis dari Steve Ballmer, Mantan CEO Microsoft

Memimpin sebuah perusahaan besar sekelas Microsoft bukanlah hal mudah, dan Ballmer sudah melakukannya selama 14 tahun! Melalui wawancaranya dengan Oxford Said Business School dia membagikan beberapa tips bisnis yang dia ambil dari pengalamannya, termasuk dari beberapa kesalahan yang pernah dia lakukan selama memimpin Microsoft dari tahun 2000 – 2014 kemarin.

Bergabunglah dengan / Bangun Startup yang Memiliki Team Brilian

Steve Ballmer rela drop out dari kuliahnya di Standford Graduate School of Business untuk bergabung dengan Microsoft. Hal itu dia lakukan karena dia mengenal bahwa Bill Gates sangat pintar dan jenius, sedangkan Paul Allen merupakan sosok pemimpin yang hebat. Kombinasi kejeniusan dan kepemimpinan tersebut membuat Ballmer yakin bahwa Microsoft adalah tempat yang sangat bagus untuk memulai sebuah perusahaan.

Rekrut Karyawan / Team yang Terbaik

Dalam mencari karyawan atau team, pastikan selalu mencari yang terbaik. Lakukan interview dan berbagai test untuk mendapatkan orang yang paling brilian!

Fokus Kepada Accounting

Pastikan kamu selalu memperhatikan accounting, tetapi jangan pikirkan tentang standard akutansi yang rumit. Pikirkan saja bagaimana caranya perusahaan / startup kamu bisa mendapatkan penghasilan, memanage pengeluaran, dsb. Inilah yang disebut manajemen accounting, dan hal ini bahkan lebih penting dari financial accounting.

Pahami Cara Menentukan Harga, Jangan Pernah Mengabaikannya

Jika ada mesin waktu dan bisa kembali ke masa lalu, Steve Ballmer ingin memberi perhatian lebih kepada masalah penentuan harga. Pahami cara menentukan harga, jangan pernah mengabaikannya! Banyak kelas-kelas yang mengajarkan marketing, inovasi, pengembangan produk, finansial, dsb. Tetapi Ballmer melihat bahwa memahami cara menentukan harga, itulah hal yang paling penting dari semuanya.

Temukan Model Bisnis dan Cara Mendapatkan Uang

Banyak orang memiliki beberapa usaha atau startup yang berjalan tetapi belum memiliki model bisnis yang tepat. Satu hal yang membedakan bisnis yang sukses dan yang tidak menurut Ballmer adalah, bisnis yang sukses sudah menemukan bagaimana cara mendapatkan uang dari bisnisnya, sedangkan yang tidak sukses belum menemukan bagaimana cara mendapatkan uang dari bisnisnya. Temukan model bisnis dan cara mendapatkan uang dari bisnis yang kamu jalankan.

Kerjakan Secara Total

Saran terbaik yang pernah Steve Ballmer terima berasal dari ayahnya. Sang ayah berkata “Jika kamu ingin mengerjakan sesuatu, kerjakanlah. Jika kamu tidak ingin mengerjakan sesuatu, jangan dikerjakan.” Itu adalah kunci dari segala sesuatu dalam hidup Ballmer.

Jika kamu memutuskan untuk membangun bisnis / startup, kerjakan secara total. Kerjakan dengan seluruh tenaga, fokus, pikiran, dan kekuatan. Perhatikanlah, pikirkanlah, khawatirkanlah, kerjakanlah, kembangkanlah, hiduplah didalamnya, bertumbuhlah bersamanya, dan lakukan semua hal yang diperlukan dengan sungguh-sungguh. Be all-in and be all-out. Jangan pernah bosan melakukannya!

Lakukan dan kerjakan secara total bukan untuk 6 bulan atau 1 tahun. Tidak ada bisnis atau startup yang sukses secepat itu. Kamu harus melakukannya dalam jangka panjang dan memiliki pandangan jangka panjang juga.

Cintai Startup Seperti Anak Sendiri

Masih ingat ketika Steve Ballmer melompat-lompat sambil berteriak “I love this company”..? Steve Ballmer menganggap Microsoft seperti anaknya sendiri. Sama seperti saat merawat dan mendidik anak, Ballmer memastikan setiap hari ada pertumbuhan di Microsoft. Dia memiliki misi dan target harian untuk memastikan Microsoft terus bertumbuh.

Dia menyadari bahwa sama seperti seorang anak, Microsoft juga melakukan banyak kesalahan setiap harinya. Maka dia berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan ini setiap hari. Dia masuk dalam upaya untuk membuat Microsoft maju, sukses, dan bertumbuh.

Buat Team dan Karyawan Mencintai Startup yang Kamu Bangun

Selain mencintai startup seperti anak sendiri, buat team dan karyawan melakukan hal yang sama. Berbagai macam hal bisa dilakukan seperti melibatkan team dalam kegiatan sosial, menciptakan sesuatu yang keren, dsb. Kreatif-lah dalam menemukan cara untuk membuat team dan karyawan mencintai startup yang kamu kembangkan.

Posisikan dan Perkuat Branding

Brand suatu bisnis atau startup harus selalu diperkuat dan diposisikan sesuai dengan perkembangan jaman. Microsoft dulu membranding dirinya sebagai perusahaan software no.1 dunia. Namun kini dengan mengacu pada perkembangan yang ada saat ini, mereka memposisikan dirinya sebagai perusahaan device dan layanan yang powerful dan terjangkau.

Tidak masalah jika ada banyak sekali brand di area bisnis yang sama, hanya pastikan brand bisnis dan startup kamu menjadi brand yang terkuat dan terdepan.

Itulah 9 tips bisnis dari Steve Ballmer yang WinPoin rangkum setelah melihat video wawancara Ballmer dengan Oxford Said Business School. Masih ada banyak tips bisnis lainnya yang bisa kamu dapatkan dari video tersebut. Jika kamu tertarik, silahkan melihat video berdurasi 1 jam 15 menit tersebut dibawah ini:

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.