Inilah Alasan Kenapa Ada Crapware di Windows — dan Bagaimana Cara Memberantasnya

Inilah Alasan Kenapa Ada Crapware di Windows — dan Bagaimana Cara Memberantasnya

0

Inilah Alasan Kenapa Ada Crapware di Windows — dan Bagaimana Cara Memberantasnya

Beberapa waktu lalu terjadi kehebohan dimana Lenovo ketahuan dengan sengaja menginstall adware Superfish yang menampilkan iklan dan certificate tanpa ijin di komputer pengguna. Tetapi sebenarnya hal ini bukanlah hal baru. Jika kamu membeli laptop atau PC dengan Windows pre-installed, biasanya kamu akan mendapati adanya bloatware, crapware, trialware, atau apalah sebutannya. Sebagian besar dari software tersebut tidak berguna, selain memenuhi hanya hardisk dan menjadi sampah.

Lalu kenapa hampir semua manufaktur menanamkan crapware di device Windows yang mereka jual?

 

Menekan Harga

Sebagian besar pembeli tentu menginginkan device yang murah, tetapi memiliki spesifikasi yang bagus. Bahkan tidak jarang mereka membandingkan beberapa laptop dengan harga yang serupa, lalu memilih untuk membeli laptop dengan spesifikasi yang paling tinggi.

Hal itu membuat manufaktur berlomba-lomba dan berpikir keras bagaimana cara untuk menekan harga jual device mereka, dan menyertakan crapware adalah salah satu solusinya.

Manufaktur akan bekerja sama dengan developer atau perusahaan pengembang crapware. Dengan menyertakan crapware di device yang mereka produksi, manufaktur akan mendapatkan kompensasi per-device nya yang bisa membantu mereka untuk menekan harga jual.

Semakin banyak bekerja sama dengan perusahaan crapware, semakin banyak kompensasi yang manufaktur dapatkan, semakin banyak pula crapware yang terinstall di device pengguna, dan semakin bisa ditekan harga jualnya.

 

Memperoleh Keuntungan Tambahan

Persaingan di dunia PC sangatlah berat. Dengan trend teknologi yang terus berkembang dan menuntut inovasi, biaya riset yang mahal, biaya produksi dan marketing yang tinggi, serta banyaknya kompetitor yang ada membuat manufaktur mendapatkan margin yang sangat tipis.

Tidak heran jika akhirnya Sony menyerah hingga menjual divisi VAIO nya, Dell berubah lagi menjadi perusahaan private, Samsung mengurangi produksi laptopnya, dan HP memecah lagi divisi PC nya.

Untuk bisa terus menjadi pilihan konsumen namun tetap mempertahankan perkembangan divisi PC nya, manufaktur mau tidak mau memilih untuk bekerja sama dengan berbagai developer dan perusahaan crapware / bloatware.

Akhirnya jangan heran bila ada banyak software trial terinstall secara built-in, adware, toolbar, dan berbagai software sampah lainnya.

 

Jadi, Crapware Itu Bermanfaat atau Merugikan?

Dari satu sisi memang crapware terlihat merugikan konsumen karena membuat laptop lemot, hardisk penuh, dan banyak sekali software tidak dibutuhkan yang terinstall di device pre-installed Windows. Tetapi di sisi lain crapware ini juga bermanfaat bagi konsumen untuk tetap menjaga harga laptop dan device Windows lainnya tetap rendah. Kompensasi yang diterima manufaktur dari crapware tersebut seringkali digunakan untuk mensubsidi harga jual dari produk mereka.

 

Cara Memberantas Crapware

Meskipun bermanfaat untuk menekan harga, tetapi harus diakui adanya crapware, bloatware, dan trialware ini sangatlah mengganggu. Selain membuat performa PC menjadi lemot, hardisk juga menjadi penuh dengan banyak software yang tidak kita gunakan.

Untuk itu berikut ini adalah cara memberantas crapware yang bisa kamu lakukan:

 

Uninstall Secara Manual

Inilah Alasan Kenapa Ada Crapware di Windows — dan Bagaimana Cara Memberantasnya

Buka Control Panel > Programs > Uninstall a program. Setelah itu pilih software trial dan crapware yang tidak berguna untuk diuninstall.

 

Gunakan PC Decrapifier

Inilah Alasan Kenapa Ada Crapware di Windows — dan Bagaimana Cara Memberantasnya

Selain menguninstall crapware secara manual, kamu juga bisa membersihkan crapware dengan lebih mudah menggunakan PC Decrapifier. Software ini bakal otomatis menganalisa crapware yang terinstall di PC kamu, menampilkan daftarnya, dan bisa kamu pilih mana yang ingin diuninstall.

 

Bersihkan Adware

Inilah Alasan Kenapa Ada Crapware di Windows — dan Bagaimana Cara Memberantasnya

Setelah berbagai bloatware dan trialware sudah kamu uninstall, kini saatnya kamu membersihkan adware, toolbar, dan berbagai hal mengganggu lainnya. Gunakan tool adwcleaner yang terbukti sangat ampuh dalam memberantas adware.

Setelah menjalankan tools ini, mayoritas adware (bahkan semua adware) bakal bersih tak tersisa dari laptop kamu.

 

Berantas Superfish

Jika kebetulan laptop kamu adalah Lenovo dan termasuk dari yang sudah ditanami adware Superfish, lakukan pembersihan dengan cara yang sudah WinPoin bagikan sebelumnya disini.

 

Itulah alasan kenapa ada crapware di Windows sekaligus bagaimana cara untuk memberantasnya. Jangan takut terhadap crapware, bloatware, trialware, ataupun adware. Dengan langkah yang tepat kamu bisa memberantas semuanya dan menjadikan Windows kamu bersih dan nyaman.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.