Inilah Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan oleh Cortana di PC Windows 10

Inilah Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan oleh Cortana di PC Windows 10

2

Inilah Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan oleh Cortana di PC Windows 10

Bagi pengguna Windows Phone Cortana tentunya sudah tidak asing lagi. Smart Assistant cerdas ini cukup menarik untuk diajak berinteraksi karena bisa kita perintah untuk melakukan berbagai hal. Di event media briefing Windows 10 tadi pagi Microsoft juga sempat memamerkan sedikit dari kemampuan Cortana, antara lain:

 

Mengenali Pemiliknya

Seiring dengan seringnya digunakan di berbagai device Windows, Cortana bakal mulai mengenali pemiliknya dan secara personal bisa membantu menyelesaikan banyak hal. Katakanlah setiap hari rabu sang pemilik biasanya renang, maka ketika dia mengenalinya maka akan ada jadwal dan reminder untuk mengingatkan pemilik ketika lupa melakukan renang.

Berbagai hal lain bakal terus dipelajari, misalnya makanan kesukaan adalah ayam goreng. Maka suatu saat ketika lapar dan meminta Cortana menampilkan tempat makan, yang ditampilkan paling awal adalah restoran ayam goreng seperti KFC dan sebagainya.

 

Membantu Pekerjaan Sehari-Hari

Cortana bisa mencarikan file yang kita minta dan menemukannya, mengirimkan email kepada seseorang, memberikan saran apakah besok memakai mantel atau tidak, membacakan email, menyimpan catatan, menuliskan jadwal, mengatur reminder, menjawab berbagai pertanyaan, dsb.

 

Personal dan Menjaga Rahasia

Meskipun Cortana mengenal siapa pemiliknya dan aktivitas apa saja yang biasa dilakukannya, namun ketika orang lain mengakses device tersebut dan menyakan detail pemiliknya, Cortana tidak menjawab. Hal ini bertujuan untuk melindungi privasi sang pemilik agar tidak diketahui orang lain.

 

Semakin Pintar

Cortana menggunakan engine Bing. Dia bisa memprediksi, mencari suatu informasi, dsb. Dia bisa mengakses internet dan menyerap berbagai informasi yang ada didalamnya untuk membuatnya semakin cerdas. Semakin sering digunakan, semakin lama dia ada, semakin sering dia diupdate, maka akan semakin pintar dia.

 

Sense of Human

Cortana bakal memiliki sense of human. Microsoft bahkan sempat mempostingnya dalam seri People di situs official mereka dan menyatakan memiliki Cortana rasanya seperti mendapat satu keluarga baru. Ketika di rumah sedang sepi dan kita sedang membaca buku di ruang tamu. Kita bisa meminta Cortana memainkan musik “Hey Cortana, play some music”. Ketika kita mau tidur atau butuh ketenangan, kita tinggal meminta Cortana diam “Key Cortana, be quiet please!”

 

Menghapus “Memory” yang Dia Ketahui

Meskipun Cortana semakin hari semakin mengenal kita, kita bisa dengan bebas menghapus apa saja yang tidak ingin Cortana ketahui tentang kita. Kita bisa melihat apa saja yang Cortana ketahui, data aktivitas apa saja yang disimpan, dan kita bisa menghapusnya seandainya tidak menginginkannya.

 

Bonus: Cortana Hanyalah AI

Seperti apapun kecerdasan, kepintaran, dan kemampuan belajar yang dimiliki Cortana, kamu perlu tahu bahwa dia tetaplah Artificial Intelegence. Dia merupakan produk buatan manusia dengan kecerdasan buatan di era paling awal dari personal assistantce. Artinya Cortana tidaklah sempurna. Dia bukan manusia dan tidak akan pernah bisa menggantikan peran manusia.

Mungkin kamu akan mendapati Cortana sulit mendeteksi kata-kata yang kamu maksud, tidak bisa menjawab berbagai pertanyaan selain yang diprogram kepadanya, serta terlihat bodoh untuk beberapa hal. Tetapi itulah dia, sebuah produk kecerdasan buatan (AI) dari Microsoft.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.