Inilah Cara Membuat Font Sendiri dengan Mudah

Inilah Cara Membuat Font Sendiri dengan Mudah

1

Inilah Cara Membuat Font Sendiri dengan Mudah

Kamu seorang web desainer atau orang yang suka membuat tipografi? Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara membuat font sendiri dengan mudah di Windows. Untuk itu kali ini WinPoin akan berbagi beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu untuk membuat font sendiri dengan mudah. Di luar sana banyak software berbayar yang menawarkan kamu untuk membuat tipografi. Tapi kalau ada yang gratis dan memiliki fitur lengkap, kenapa tidak? Berikut ini software-software yang akan membantu kamu untuk membuat font sendiri dengan mudah.

 

1# – Private Character Editor

Pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan nama aplikasi Private Character Editor. Aplikasi pembuat font Windows ini sudah ada sejak Windows 2000/Windows XP, bahkan di Windows 10 pun juga dihadirkan. Private Character Editor memang bukanlah softwar yang baru, sayangnya hanya sebagian orang yang memperhatikannya. Mungkin karena letak aplikasi yang tersembunyi dan jarang diperlihatkan ke publik oleh Microsoft. (Baca: File ISO Windows 10 Preview Build 9879 Sudah Bisa Didownload)

Inilah Cara Membuat Font Sendiri dengan Mudah

Untuk membuka Private Character Editor di Windows caranya cukup mudah, tekan Win+R untuk membuka Windows Run, ketikkan eudcedit dan tekan Enter. Sekilas kamu mungkin akan bingung melihat dokumen yang dipenuhi grid. Tapi ini sebenarnya akan memudahkan kamu dalam membuat font sendiri. Software ini hanya memiliki fitur dasar untuk membuat font, jadi kamu harus lebih bersabar untuk menggunakannya. (Baca: Cara Membuat Font Sendiri Menggunakan Private Character Editor)

 

2# – FontForge

Jika kamu kurang puas dengan cara membuat font menggunakan Private Character Editor, maka WinPoin menyarankan kamu untuk menggunakan FontForge. Software ini memiliki lebih banyak fitur dan tools yang kamu butuhkan untuk membuat font kustom. Bisa diibaratkan kalau Private Character Editor itu seperti MS Paint dan FontForge seperti GIMP.

Inilah Cara Membuat Font Sendiri dengan Mudah

Kamu akan lebih memudahkan dalam pembuatan font karena adanya glyphs dari karakter dan simbol, jadi kamu tinggal memodifikasi karakter yang sudah ada seperti yang kamu inginkan. FontForge juga mendukung dengan berbagai format font seperti TrueType dan Opentype. Jika kamu mengalamai masalah dengan FontForge kamu juga bisa mencoba fontforgebuilds.

 

3# – Fontstruct

Jika kamu malas menginstall software atau kedua software diatas kurang cocok dengan kamu, kamu masih memiliki alternatif lain dengan memanfaatkan layanan online pembuatan font. Fonstruct adalah layanan online yang memungkinkan kamu untuk membuat font dengan mudah dan cepat tanpa harus menginstall software. Pengguna Windows memang rentang terkena malware ketika mereka tidak tau atau jeli saat mendownload software dan ini bisa dimaklumi. (Baca: 5 Tips Aman Berselancar di Internet).

Inilah Cara Membuat Font Sendiri dengan Mudah

Fontstruct memiliki tampilan yang sama persis dengan Private Character Editor, ada halaman editor dengan banyak grid dan ada banyak bentuk stencil yang bisa kamu pilih. Disinilah letak keunikan layanan online pembuat font ini, stencil memiliki banyak aneka bentuk, menghasilkan font yang unik. Selain itu banyak tools yang akan memudahkan kamu untuk membuat font sendiri, seperti erase, draw rectangle dan draw lines.

 

Jadi sudahkan kamu menemukan aplikasi pembuat font yang pas? Beberapa aplikasi di atas memang memiliki kekurangan dan kelebihan, namun WinPoin rasa fitur yang disajikan dari masing-masing aplikasi sudah cukup untuk membuat font unik kreasi kamu sendiri. Satu hal lagi, kalau kamu memiliki segudang koleksi font, WinPoin rasa kamu memerlukan Software Font Manager untuk mengatur dan menampilkan font. (Baca: 4 Software Font Manager: Cara Mudah Mengatur Font di Windows)

 

Perlu kamu ketahui juga, teknologi penampilan font Windows sedikit berbeda dengan Mac atau Linux. Windows menggunakan teknologi penampilan font TrueType dan sedangkan Mac atau Linux menggunakan teknologi penampilan font Opentype. Jika kamu sangat detail dengan bentuk font dari ketiga sistem operasi itu, maka kamu akan menyadari bahwa tampilan tulisan font di Mac dan Linux lebih halus dibandingkan dengan Windows. (Baca: Bagaimana Cara Membuat Tampilan Font Windows Tampak Seperti Font Mac??)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • fahad hagane

    wah.. terimakasih gan…