Inilah Daftar Layanan Google yang Akan Dimatikan

Inilah Daftar Layanan Google yang Akan Dimatikan

0

Inilah Daftar Layanan Google yang Akan Dimatikan

Google memang rutin mematikan layanannya yang dianggap tidak begitu berkembang. Hal ini mereka lakukan dengan tujuan untuk lebih fokus ke pengembangan layanan lainnya yang lebih bermanfaat bagi pengguna (dan mungkin juga lebih profitable bagi bisnis mereka..hehehe). Tercatat sudah ada lebih dari 70 layanan yang mereka matikan melalui sesi “Spring Cleaning” sejak 2011 lalu.

Untuk sesi Spring Cleaning tahun ini, Google mematikan lagi beberapa layanannya. Berikut ini adalah daftar layanan Google yang akan segera dimatikan di tahun ini:

 

1. Apps Script

App Scipt dimatikan karena Google akan lebih fokus ke HTML service miliknya. Layanan ini masih bisa digunakan hingga 16 September 2013 mendatang. Setelah itu? Kkkeeek! (sambil mengayunkan jari telunjuk ke leher!)

 

2. CalDAV API

CalDAV merupakan protokol yang biasa digunakan client untuk mengakses server secara remote. Layanan ini biasanya digunakan developer untuk membuat aplikasi client agar bisa mengakses Google Calendar. CalDAV ini akan dimatikan pada 16 September 2013 mendatang. Hanya developer yang masuk Whitelist saja yang masih bisa menikmatinya, termasuk Microsoft untuk Windows Phone-nya.

 

3. Google Building Maker

Layanan ini sebelumnya digunakan untuk membantu pengguna membuat model bangunan 3 dimensi untuk Google Earth dan Google Maps. Pada 1 Juni 2013, layanan ini akan segera dimatikan.

 

4. Google Cloud Connect

Ini adalah plug-in yang membantu pengguna Microsoft Office menyimpan file mereka dari Windows PC ke Google Drive secara langsung. Namun hal ini sekarang bisa dilakukan dengan menginstall aplikasi Google Drive. Apalagi aplikasi Google Drive juga mendukung Windows, Mac, Android, dan iOS. Karenanya Cloud Connect akan dimatikan mulai 30 April 2013 mendatang.

 

5. Google Reader

Ini yang cukup mengejutkan! Ada banyak sekali pengguna Google Reader tetapi entah kenapa layanan ini ikut masuk dalam daftar layanan yang akan dimatikan Google. Menurut Google, walaupun banyak sekali pengguna loyalnya, namun jumlah penggunaannya setiap tahun selalu menurun sehingga mereka akan mematikannya pada 1 Juli 2013 mendatang. Duh..Google!

 

6. Google Voice App for Blackberry

Pengguna Blackberry tidak akan bisa lagi menggunakan Google Voice App untuk Blackberry. Google menyarankan pengguna untuk menggunakan aplikasi HTML5 mereka karena lebih aman dan mudah bagi Google untuk mengupdatenya.

 

7. Google Search API for Shopping

API ini digunakan untuk membuat aplikasi shopping berdasarkan data dari Google Product Search. Kini Google akan mematikannya pada 16 September 2013 mendatang untuk semakin meningkatkan penggunaan di situs Google Shopping secara langsung.

 

8. Snapseed Desktop untuk Mac dan Windows

Snapseed Desktop tidak akan diupdate lagi oleh Google. Namun demikian mereka masih akan terus menyediakan Snapseed mobile untuk iOS dan Android.

Itulah kedelapan layanan Google yang akan dimatikan di tahun 2013 ini. Adakah layanan favorit kamu di dalamnya?

Sumber: Google Blog

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.