Inilah Fitur Baru Facebook yang Terlihat Seolah Menguntungkan Pengguna, Tetapi Sebenarnya Tidak

Inilah Fitur Baru Facebook yang Terlihat Seolah Menguntungkan Pengguna, Tetapi Sebenarnya Tidak

3

Facebook baru saja mengumumkan sebuah hal yang terlihat baik bagi penggunanya, tetapi kalau kita kritis sebenarnya hanya menguntungkan Facebook semata.

Beberapa waktu lalu Facebook mengumumkan bahwa di tahun 2015 news feed pengguna akan dibersihkan dari post promosional fans page. Hal ini terlihat sebagai langkah yang bagus karena news feed kita bakal lebih bersih dari post promosional Fans Page yang sudah kita like.

Namun kalau kita kritis sebenarnya tujuan utama dari ini adalah untuk semakin meningkatkan pendapatan Facebook melalui iklan. Bahkan di beberapa sisi, fitur baru ini bisa merugikan kita sebagai pengguna.

Alih-alih Facebook berkata “kita akan membersihkan news feed kamu dari post promosi fans page”, sebenarnya mereka berkata “hey fans page, kalau mau promosi harus bayar dong. Kalau gak bayar tidak kita tampilkan di news feed pengguna”

Inilah Fitur Baru Facebook yang Terlihat Seolah Menguntungkan Pengguna, Tetapi Sebenarnya Tidak

 

Promosi Fans Page vs Promosi Iklan

Ada beberapa perbedaan antara promosi yang dilakukan oleh Fans Page dengan promosi yang dilakukan oleh iklan.

Promosi Fans Page: Tampil hanya untuk pengguna yang nge-like. Kalau di un-like tidak tampil lagi.
Promosi iklan: Tampil di news feed pengguna yang nge-like fans page tersebut ataupun tidak.

Promosi Fans Page: Seringkali dibutuhkan pengguna. Pengguna yang nge-like fans page sepatu ataupun hijab memang seringkali berharap ada tawaran diskon dari fans page tersebut.
Promosi iklan: Tiba-tiba muncul padahal tidak nge-like fans page tersebut. Seringkali produk yang ditawarkan tidak diharapkan pengguna.

Efek Fitur Baru Facebook

Dengan adanya fitur baru tersebut maka akan berefek kepada pengelola fans page maupun pengguna.

Pengelola fans page kini harus membayar jika ingin memposting tawaran seperti diskon, promo, dsb. Jika tidak membayar maka post promosi mereka tidak akan tampil di news feed pengguna.

Sedangkan bagi pengguna yang nge-like suatu fans page dan berharap mengetahui info terbaru seputar promo, diskon, dsb, kini mereka tidak bisa lagi mendapatkannya. Kalaupun ada promo yang muncul di news feed mereka, itu adalah promo dari iklan yang terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Akhir dari Free Facebook Marketing?

Inilah Fitur Baru Facebook yang Terlihat Seolah Menguntungkan Pengguna, Tetapi Sebenarnya Tidak

Dalam beberapa tahun terakhir memang banyak orang yang memanfaatkan Fans Page Facebook untuk menjual barang dagangannya, mulai dari baju, alat olahraga, dsb. Meskipun banyak diantara mereka yang rela membayar mahal untuk beriklan, tetapi tidak sedikit pula yang hanya memanfaatkan fitur promosi gratis melalui Fans Page yang mereka bangun.

Dengan akan dirilisnya fitur ini di awal tahun 2015 nanti, pastinya akan mempersulit siapapun yang ingin berjualan online melalui Facebook secara gratis. Setidaknya bagi kamu pengelola Fans Page, siapkan budget mulai dari sekarang jika ingin post promosi dan diskon produk kamu sampai di news feed para fans.

Bagaimana kamu menanggapi fitur baru Facebook yang akan dirilis pada awal 2015 nanti?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.