Inilah Kenapa 12 Bulan Kedepan Bakal Menjadi Tahun Inovasi Terbesar Bagi Microsoft

Inilah Kenapa 12 Bulan Kedepan Bakal Menjadi Tahun Inovasi Terbesar Bagi Microsoft

1

Inilah Kenapa 12 Bulan Kedepan Bakal Menjadi Tahun Inovasi Terbesar Bagi Microsoft

Melalui Worldwide Partner Conference hari ini, Chief Operating Officer Microsoft Kevin Turner memberikan sedikit gambaran mengenai langkah Microsoft dalam 12 bulan kedepan. Melalui slide yang dia presentasikan, Microsoft menyatakan bahwa 12 bulan kedepan bakal menjadi tahun inovasi terbesar bagi Microsoft. Berikut ini adalah alasannya:

 

Windows

Selain akan merilis Windows 8.1 akhir Agustus nanti, Microsoft menjanjikan akan merilis banyak device Windows 8.1 baru seperti tablet mini dan sebagainya. Microsoft juga akan menyediakan API dan tools baru di Windows 8.1 yang memungkinkan developer bisa membuat aplikasi yang mengesankan. Mereka juga akan terus mengembangkan aplikasi buatan mereka sendiri seperti Mail, People, Bing Food & Drink, serta Bing Health & Fitness.

 

Windows Phone

Tuner memastikan bahwa Windows Phone Phablet (Phone Tablet) akan segera dirilis. Phablet tersebut dijanjikan akan memiliki spesifikasi hardware yang tinggi. Inovasi lainnya adalah dirilisnya Windows Phone dengan kamera 41 Megapixel yaitu Nokia Lumia 1020.

Berbagai Windows Phone versi murah juga akan terus dikembangkan oleh berbagai manufaktur domestik dari India dan Cina. Developer juga bakal bisa lebih mudah memporting aplikasi antara Windows 8 dan Windows Phone 8.

 

Windows Server, Windows Azure, dan Microsoft Dynamics

Berbagai update untuk Windows Intune sedang dikerjakan, bersamaan dengan akan dirilisnya SQL Server 14. Microsoft juga akan merilis PolyBase untuk membantu perusahaan atau organisasi dalam memproses data yang besar.

Microsoft Dynamics AX 2012 R2 juga bakal ditambahkan berbagai fitur baru mulai dibuatnya Modern Apps untuk Windows 8 serta fitur-fitur lainnya. CRM 2013 dan NAV 2013 R2 juga akan segera dirilis.

 

Office

Berbagai aplikasi Office sedang disiapkan untuk dirilis di Windows Store, memungkinkan pengguna Office untuk menambahkan berbagai fungsi dan fitur baru di Microsoft Office. Cara ini sepertinya bakal menggantikan Office Store yang kurang begitu terdengar gaungnya.

Office 365 juga bakal mendapatkan perbaikan secara rutin dengan mendapatkan update 3 bulan sekali sebagai bagian dari rapid release schedule.

Setelah beberapa waktu lalu ditambahkan kemampuan untuk membaca dan mengconvert file PDF, Office Web Apps akan terus diupdate dengan fitur baru lainnya. Fitur co-authoring yang memungkinkan pengguna bisa mengerjakan dokumen secara bersama-sama juga sedang dalam pengerjaan dan dijanjikan akan segera dirlis.

 

Surface Tablet

Microsoft semakin gencar dalam mempromosikan Surface, menunjukkan kepada publik bahwa tablet tersebut memiliki fitur dan kemampuan yang jauh diatas iPad. Microsoft berjanji akan merilis berbagai accesories untuk tablet tersebut, serta menyediakan berbagai pilihan warna baru yang lebih segar.

 

Xbox

Seperti yang sudah kita ketahui, Microsoft sudah merilis Xbox One yang kini telah menggunakan kernel Windows. Xbox One tidak hanya dijadikan sekedar console game biasa, tetapi lebih diarahkan menjadi all-in-one entertainment system.

 

Skype

Untuk semakin meningkatkan fungsi Skype di kalangan pengguna Windows 8.1 dan Windows Phone, Microsoft menjanjikan integrasi yang lebih baik antar Skype dengan Office 356 dan Outlook.com. Awal tahun lalu Skype untuk Outlook.com sudah dirilis, sedangkan Skype juga sudah ditambahkan di Xbox One beberapa waktu lalu. Skype untuk bisnis juga bakal ditambahkan lagi fitur-fiturnya.

 

Bing

Bing kini telah diintegrasikan di fitur pencarian Windows 8.1. Microsoft juga akan fokus dalam membuat aplikasi Bing seperti Bing News, Sport, Weather, dsb. Bing juga diintegrasikan di Xbox untuk mencari konten yang bisa dimainkan di console tersebut seperti music, TV, film, dsb.

Aplikasi Bing untuk Office juga sedang dikerjakan dan metode advertising baru akan diimplementasikan di mesin pencari tersebut.

 

Terlihat bahwa hampir semua produk Microsoft mengalami perbaikan dan perubahan. Windows yang dulu dirilis beberapa tahun sekali kini bakal mengikuti konsep Rapid Release Schedule. Bahkan Microsoft yang dulunya adalah perusahaan software, kini mereka memposisikan dirinya sebagai perusahaan jasa dan layanan.

Tidak heran jika 12 bulan kedepan bakal menjadi tahun perubahan yang besar bagi Microsoft.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.