Inilah Kenapa Microsoft Tidak Mematikan Nokia X yang Berbasis Android

Inilah Kenapa Microsoft Tidak Mematikan Nokia X yang Berbasis Android

0

Inilah Kenapa Microsoft Tidak Mematikan Nokia X Berbasis Android

Nokia secara official sudah merilis Nokia seri X yang berbasis Android, tidak hanya satu..tetapi langsung tiga: Nokia X, Nokia X+, dan Nokia XL. Dengan sudah diakuisisinya Nokia oleh Microsoft, Microsoft bisa saja mematikan Nokia seri X setelah proses akuisisi selesai. Tetapi hal ini sepertinya tidak akan dilakukan oleh Microsoft, kenapa??

Microsoft secara historis memang terbentuk karena Windows. Secara historis memang hal itu benar. Tetapi Microsoft saat ini adalah Microsoft yang baru, Microsoft yang berbeda dari sebelumnya. Microsoft yang sekarang adalah perusahaan device dan layanan, bukan lagi fokus sebagai perusahaan software.

Nokia X bagi Microsoft saat ini adalah gerbang untuk semakin mempopulerkan layanannya ke jutaan orang penggemar Android. Meskipun Nokia X menggunakan Android yang sudah dimodifikasi serta menggunakan Nokia Store dan bukan Google Play, tetapi hal ini tetap menjadi peluang untuk mendapatkan banyak sekali tambahan pengguna Outlook, Skype, dan OneDrive. Jadi jika Nokia X bisa mengarahkan jutaan penggunanya untuk menggunakan Outlook, Skype, dan OneDrive, maka tidak ada alasan bagi Microsoft untuk mematikan smartphone Android ini.

Lagipula pengembangan Nokia X sudah berlangsung sekitar 18 bulan. Microsoft pastinya sudah tahu hal ini jauh sebelum perilisannya. Mereka bisa saja meminta Nokia untuk tidak melanjutkan pengembangan Nokia X dan mencegah perilisannya. Tetapi Microsoft tidak melakukannya. Pertama, hal ini mungkin karena saat itu keduanya masih perusahaan yang berbeda, jadi Microsoft belum punya hak untuk melakukan pelarangan. Kedua, bisa jadi memang Microsoft sangat menyadari bahwa Nokia X mampu membawa jutaan pengguna ke layanan mereka.

Lalu kapan Nokia X akan dimatikan Microsoft?

Dengan diakuisisinya Nokia oleh Microsoft, maka Microsoft bebas untuk menentukan kebijakan kapan Nokia X akan dimatikan. Nokia X pasti akan dimatikan jika sudah tidak sesuai dan tidak mendukung lagi tujuan dari Microsoft. Tetapi saat ini Microsoft sepertinya masih membutuhkan Nokia X untuk mempopulerkan layanannya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.