Inilah Kenapa Windows 9 Tidak Akan Gratis untuk Pengguna XP dan Vista

Inilah Kenapa Windows 9 Tidak Akan Gratis untuk Pengguna XP dan Vista

0

Wow..Tidak Akan Ada Start Screen di Desktop Windows 9!

Kemarin muncul rumor bahwa Windows 9 bakal gratis untuk pengguna Windows XP keatas. Tetapi WinPoin kurang percaya terhadap rumor tersebut, khususnya pada poin digratiskannya Windows 9 untuk pengguna XP dan Vista. Ada beberapa hal yang membuat kita tidak yakin bahwa pengguna XP dan Vista bisa upgrade ke Windows 9 dengan gratis:

 

1. Sumber Kurang Reputable

Oke jangan salah sangka dulu. Sumber awal rumornya memang Mary Jo Foley, orang yang sangat reputable. Tetapi media yang mengolah rumor tersebutlah yang menurut kita kurang reputable. Info ini pertama kali beredar dari WinBeta (reputable), dan dia mengutip berita dari situs Windows9Update (kurang reputable).

Rupanya Windows9Update kurang teliti dalam mengutip pernyataan dari Mary Jo Foley. Mary Jo Foley tidak mengatakan Windows 9 bakal gratis untuk pengguna XP, Vista, 7, dan 8.x. Dia hanya mengatakan “Microsoft memiliki rencana untuk memberikan penawaran menarik (bisa jadi diskon besar) untuk pengguna XP, Vista, dan 7”. Lalu setelah itu disambung dengan pernyataan “bahkan mungkin upgrade gratis ke Windows 9”

Inilah Kenapa Windows 9 Tidak Akan Gratis untuk Pengguna XP dan Vista

Pernyataan itulah yang membuat munculnya kesalahpahaman ini. Padahal kalau lebih teliti lagi, pertanyaan tersebut ditambahkan link yang menuju sebuah artikel dengan pernyataan “Microsoft memiliki planning untuk menggratiskan Windows 9 bagi pengguna Windows 8.1 Update, bahkan mungkin Windows 7 SP1 juga”

Inilah Kenapa Windows 9 Tidak Akan Gratis untuk Pengguna XP dan Vista

Jadi bisa disimpulkan bahwa kalaupun rumor tersebut benar, maka yang bisa upgrade gratis ke Windows 9 adalah pengguna Windows 8.1 Update dan mungkin juga Windows 7 SP1. Windows XP dan Vista tidak disebutkan disana.

Btw, cukup mengejutkan juga bahwa WinBeta sudah menghilangkan source artikel yang menuju ke situs Windows9Update, mungkin mereka juga sudah menyadarinya?

 

2. OS Gratis Bukan Budaya Microsoft

Update gratis atau upgrade gratis mungkin telah menjadi budaya baru di Microsoft, misalnya saja dari Windows 8 ke Windows 8.1. Tetapi untuk merilis OS secara gratis itu bukan kebiasaan bagi Microsoft. Hal ini terbukti dengan Windows 8.1 with Bing yang banyak dirumorkan akan dirilis gratis, ternyata tidak. Windows 8.1 with Bing hanya dijual dengan harga yang lebih murah, itupun hanya untuk OEM dan memiliki syarat agar tidak mengubah default search engine Bing didalamnya.

Jika Windows 8.1 with Bing saja tidak digratiskan, apalagi Windows 9 yang dikabarkan bakal menjadi senjata utama Microsoft untuk mengembalikan kejayaan Windows di era modern?

 

3. Hanya untuk Pengguna Windows 8.1 Update (dan mungkin Windows 7 SP1)

Jika dipahami dengan lebih teliti lagi, maka kalau rumor upgrade gratis ini benar, yang bisa menikmati hanyalah pengguna Windows 8.1 Update dan mungkin Windows 7 SP1 juga. Tidak ada kabar yang menyebutkan pengguna XP dan Vista bisa menikmatinya juga.

Inilah Kenapa Windows 9 Tidak Akan Gratis untuk Pengguna XP dan Vista

Itulah 3 hal yang membuat kita sulit percaya bahwa Windows 9 bakal bisa didownload gratis oleh pengguna Windows XP keatas. Tetapi perlu dicatat bahwa semuanya ini masih sebatas rumor yang tentu saja bisa benar dan bisa juga salah. Rumor itu seperti sebuah gosip yang semakin digosok bakal semakin sip! Tetapi setidaknya kita juga teliti dalam menyikapi rumor agar tidak terjebak dalam sebuah pengharapan yang kosong.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.