Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

15

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Beberapa user komputer berpendapat kalau komputer mereka tidak memerlukan Antivirus. Hal ini mungkin saja untuk user yang jeli dan teliti bisa melewati jebakan-jebakan scammer. Tapi bagaimana dengan user yang tidak mengerti atau mereka yang pemula? Pasti mereka akan terkena jebakan-jebakan itu, dengan secara tidak sengaja mendownload file yang tidak diinginkan (bisa dibilang virus) dan menginstallnya ke dalam sistem.

Jika malware telah menginfeksi sistem maka kadang-kadang Windows tidak akan bisa melakukan update, bahkan system restore juga tidak bisa menyelesaikan masalah ini. Ini dikarenakan malware dirancang untuk bersembunyi dan tidak bisa ditemukan. Mereka juga tidak ingin dihilangkan dan bersarang di komputer kamu. Berikut ini WinPoin akan memberikan beberapa tanda jika komputer kamu terkena malware.

Tanda-tanda dari malware tergantung dari jenis malware tersebut, karena itu sangat sulit untuk mengidentifikasi malware hanya dengan tanda-tanda saja.

Baca juga:  Tips Menghapus File/Folder Secara Permanen Tanpa Melalui Recycle Bin di Windows 10

Tapi berikut ini tanda-tanda yang biasanya terjadi saat komputer kamu terkena malware:

 

Komputer Jadi Lemot

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Jika komputer kamu berjalan lebih lemot dari biasanya, atau berjalan dengan banyak process secara background, kemungkinan ini karena malware. Apalagi jika kamu belum pernah menginstall aplikasi apa pun dan tiba-tiba komputer kamu menjadi lemot, ini perlu kamu waspadai.

 

Banyak Aplikasi Maintenance Tidak Bekerja

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Seperti yang sudah dikatakan di atas, malware tidak ingin dihilangkan dari komputer kamu, mereka akan melindungi diri dengan cara mematikan aplikasi yang bisa mengetahui keberadaan malware dan menghapusnya. Sebagai contoh seperti Windows Update, Task Manager, Antivirus, Regedit, System Restore, atau Msconfig yang tidak bisa bekerja atau terbuka. Dapat dipastikan Windows Update bisa melakukan update secara teratur tanpa gangguan dari pihak luar.

Baca juga:  Ayo Segera Unduh, Ubisoft Membagikan Assasins Creed III Secara GRATIS!

 

Ada Toolbar Aneh di Browser

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Semua aplikasi yang kamu install kemungkinan juga menginstall toolbar di browser kamu dan biasanya bisa kamu hapus. Tapi jika kamu tidak bisa menghapus toolbar atau kamu berhasil menghapusnya dan muncul kembali, mungkin ada malware yang bersarang di komputer kamu.

 

Home Page dan Search Browser Tiba-Tiba Berubah

Inilah Tanda-Tanda Komputer Kamu Terkena Malware

Home Page dan Search browser tiba-tiba berubah. Tanda ini mirip dengan kasus toolbar. Jika hal ini terjadi pada kamu dan kamu mencoba mengembalikannya ke pengaturan default tapi tak bisa, kamu harus berhati-hati. Jangan sembarangan login ke akun penting kamu, seperti akun bank, email, sosial media atau situs lainnya.

Baca juga:  Cara Mengganti Default Boot Sistem Operasi di Windows

 

Jadi apa yang harus kamu lakukan ketika menemukan tanda-tanda di atas? Karena antivirus kamu tidak berhasil menemukan dan membunuh malware tersebut, kamu harus mencoba antivirus lain yang tidak terinstall pada komputer kamu. Kamu bisa mencoba antivirus yang tidak membutuhkan installasi seperti ESET Online Scanner, Trend Micro HouseCall atau Bitdefender Quick Scan.

Selain itu coba juga melakukan scan dengan Safe Mode with Networking. Dengan begini kamu bisa menjalankan Windows dengan sistem minimal tapi masih bisa menggunakan koneksi internet untuk melakukan scan virus.

Apakah WinPoin masih kurang memberikan informasi tentang tanda-tanda komputer kamu terkena malware? Kamu bisa menambahkannya di kolom komentar, dengan segera WinPoin akan menambahkannya ke dalam artikel ini.

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Untung saja PCq selalu aman & rutin update,
    pengalaman paling jengkel sama Bai*u, As* toolbar, dkk

    • wkwkwk kalau baid* sama as* emang udah terkenal :v

  • Izanami

    klo pke smadav sbenarnya bagus g sih ??
    kalo g bgus,,mau sya uninnstal. tpi selama ini smadav 2015 sya blom pernah coba SCAN. pling scan pke anvir eset.

    • YanDhika

      itu malah ngisiin virus :v

      • Fran Olnsen

        bner tuh :v

    • Adli Bahrun

      Smadav itu kan antivirus lokal, mungkin hanya bisa mengenal virus Indonesia. Saya sarankan untuk menginstal antivirus Internasional juga

  • Matsudara Adachi

    rajin” update bakalan ngilangin masalah malware.
    baik windows update atau bahkan virus definition update :)

  • skarang makin bnyak malware2 gak jelas, apalagi yg namanya hi.ru itu susah d ilangin. :v

  • Nur rahmad

    laptop orang awam pasti ada :v

  • RiDho Ahmad

    whahaha
    ane setuju bgt sama gan admin tentang paragraf pertama
    ane g nginstal satu antivirus pun karena g takut & teliti

    jdi inget dulu kena ‘Sallity’ salahsatu jenis virus paling berbahayya
    gejala menonjolnya g bisa buka Task manager, regedit, dll ..,
    juga proses CPU selalu 100% bila dilihat dari CPU Meter atau app lain
    ane pake sallity killer ampuh bgt ukurannya kecil cuma sekali buka dan berhasil menyembuhkan sistem dan memulihkan file yg terinfeksi

    • Khoirul Lazuardi Munir

      iya gan, ane jga pernah kena. parahnya laptop gk bisa dimatiin di mode normal, bisanya masuk ke save mode dulu baru bisa mati :v. sembuhnya ya sama sality killer :D

  • Freddy

    Kenapa ya Lappie saya ga bisa browsing kalo menggunakan wifi speedy , biasanya internetnya cuma bisa dipake di google chrome , kalo di , Mozilla , IE , Spartan , Gabisa terus , Tapi kalo Sudah ganti modem Browsing Di IE , Spartan lancar lancar aja tuh , gimana gan solusinya ?

  • Edo, ada lagi yang sering aku alami nih. Tiap kali browsing, redirect ke situs tertentu yang isinya cuma iklan. Dari pengalamanku, ini karena ada aplikasi asing yang masuk ke program, sekaligus memasang add-on iklan ke browser.
    Meskipun gak begitu berbahaya, tapi menyebalkan dan perlu diwaspadai.

    • wkwkkwwk bisa juga karena DNS dari ISP yang mas kiki gunakan, bagi pengguna Sped*y pasti pernah ngalami :v

  • thoriq

    gan leptop ane kena maleware nih kalo scannya pake reimage repair bisa gak?
    ane pake win 10