Inovasi Seperti Apa yang Ingin Kamu Sumbangkan untuk Microsoft?

Inovasi Seperti Apa yang Ingin Kamu Sumbangkan untuk Microsoft?

0

microsoft-hqPernahkah kamu membayangkan, jika kamu menjadi Head of Software/Hardware Development di Microsoft, kira-kira inovasi seperti apa yang ingin kamu tanamkan untuk produk Microsoft saat ini?

Pagi ini, bayangan tersebut muncul di benak saya. Tentu saja saya mencoba membayangkan ide yang serealistis mungkin. Bisa dijangkau oleh ilmu pengetahuan manusia untuk 1-2 tahun kedepan. Namun karena sangat banyak, saya akan berbagi 3 ide yang saya kira paling menarik jika terwujud.

 

Baca Juga: 

PowerBoard

Motherboard

Saat ini perusahaan yang selalu gencar membuat inovasi adalah perusahaan CPU dan GPU. Dituntut menghasilkan performa lebih setiap tahun, mereka berlomba-lomba membuat desain arsitektur CPU dan GPU sekecil mungkin. Kenapa demikian? Karena dengan semakin kecilnya arsitektur, semakin banyak pula fitur dan teknologi yang dapat ditanamkan dalam sebuah CPU/GPU. Demikian pula dengan ide PowerBoard ini. Sebuah Motherboard yang ringkas, kecil, padat. Bayangkan dalam sebuah smartphone jika CPU, GPU, SSD, RAM, dan berbagai komponen diringkas dalam sebuah kotak 2 x 2 cm. Kamu masih bisa memiliki banyak ruang untuk menanamkan batrai dengan kapasitas raksasa, modul kamera dengan lensa besar, speaker yang lebih ampuh, diringkas dalam desain smartphone yang slim dan bervariasi.

Jika dalam sebuah laptop mungkin ukurannya sedikit lebih besar, misalnya 4 x 4 cm. Namun tak seperti Computer Stick, PowerBoard ini memiliki performa maksimal, Intel Core-i series plus Nvidia Pascal series. Perusahaan sebesar Microsoft pasti bisa memesan sebuah CPU dan GPU custom untuk PowerBoard ini. Hey, prosesor di MacBook Air generasi pertama dan GPU di Surface Book juga termasuk jenis custom lho, jadi tidak akan ditemui di brand lainnya.

Windows 10 Perfect Blue

windows-10

Jika versi Windows 10 Creator Edition Microsoft menawarkan berbagai fitur baru untuk dunia kreatif, maka Windows 10 Perfect Blue ini memiliki fitur yang sama seperti Windows 10 Creator Edition. Lho lantas apa bedanya? Windows 10 Perfect Blue adalah Windows yang paling stabil, cepat, aman, minim bug, hemat daya, dan memiliki manajemen sempurna.

Harus diakui versi Windows 10 saat ini sudah cukup stabil, namun masih kalah dibandingkan Windows 7 dan MacOS. Sayangnya kelemahan dari OS paling stabil tersebut adalah fitur yang lebih sedikit dari Windows 10 dan mahal minta ampun. Buat bisa menikmati stabilnya MacOS harus beli Mac bukan? Nah, dengan Windows 10 Perfect Blue ini kamu bisa menikmati banyak fitur Windows 10 dengan cepat, stabil dan aman di semua laptop. Integrasi antara Windows 10 Mobile, PC, dan HoloLens smooth tanpa kendala.

Windows 10 Perfect Blue juga bisa memanfaatkan spesifikasi sebuah pc/laptop semaksimal mungkin. Di pasaran sekarang banyak SSD yang sangat cepat, bahkan di MacBook Pro terbaru kecepatan read/write SSD nya mencapai 3GB/s. Sayangnya yang bisa memanfaatkan maksimal kecepatan SSD tersebut hanya fitur copy/paste saja. Pada Windows 10 Perfect Blue, dengan manajemen sempurna antara aplikasi-OS-RAM-prosesor-SSD-power, semua aplikasi bisa memanfaatkan maksimal kecepatan SSD tersebut. Bayangkan saja kamu membuka Adobe Premiere dalam 1 detik saja. Jangankan BSOD, crash saja tidak pernah. Betapa nikmatnya.

HoloLive

Galaxy Explorer Dinobatkan Sebagai Pemenang Microsoft HoloLens "Share Your Idea"

HoloLive merupakan sebuah proyektor untuk Augment Reality dalam sebuah ruangan. Sehingga kamu bisa merasakan hologram yang sebenarnya tanpa memakai HoloLens. HoloLive terintegrasi dengan Cortana, sehingga kamu bisa melakukan perintah suara untuk beberapa aplikasi tertentu (browsing, buka tutup foto/explorer/skype, memutar/mempercepat/memperlambat musik/video). Namun untuk aplikasi khusus kamu harus tetap menggunakan HoloLens/Windows 10 PC untuk mengontrolnya. Karena HoloLive ini hanya sebuah proyektor (masih bisa terwujud 1-2 tahun kedepan kalau gini). Untuk konektivitasnya bisa pakai WiFi, Bluetooth, hingga jaringan 5G yang memiliki latency yang sangat kecil.

Bayangkan jika diterapkan di sebuah kelas astronomi atau sejarah. Wuihh bakal super keren dan gak bakal ngantuk di kelas. Menjelajah antariksa atau melakukan perjalanan menembus waktu. Oh, atau konser Vocaloid! Whoaa, proyeksi hologram asli! Tidak perlu pakai kaca lagi. Bisa lihat Miku, Luka, IA, Rin, Len, Gumi, Meiko, Kaito dari sisi manapun ditambah efek konser yang memanjakan mata!

vocaloid

Demikianlah ide inovasi yang bisa saya sumbangkan dan sekiranya bisa terwujud untuk 1-2 tahun kedepan. Sayangnya saya belum terpikir inovasi seperti apa yang ditanamkan pada Surface Phone selain PowerBoard tadi. Sayang sekali pula saya juga tidak memiliki akses dan kekuasaan untuk mewujudkan ide-ide ini. Duh, jangankan mewujudkan, harga-harga produk Microsoft bisa turun saja saya sudah bersyukur banget. :’)

Nah, bagaimana menurutmu? Seandainya kamu seorang team leader apakah kamu juga memiliki ide inovasi yang sekiranya bisa terwujud 1-2 tahun kedepan? Bagikan pendapatmu disini yak! Siapa tahu ada pegawai Microsoft yang sekarang sedang senyum-senyum membaca idemu di kolom komentar. :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Calon peternak yang mencintai teknologi