Jangan Uninstall Skype di Windows Phone 8 dan 8.1!

Jangan Uninstall Skype di Windows Phone 8 dan 8.1!

0

wp_20161023_22_58_34_pro-2

Jangan uninstall Skype kamu di Windows Phone 8 dan 8.1… Karena kamu mungkin tidak akan menemukannya kembali di Store. Seperti yang pernah diberitakan oleh Winpoin Juli lalu, Skype berencana menghentikan dukungannya bagi Windows Phone 8 dan 8.1. Nampaknya kebijakan tersebut mulai efektif dilakukan pada hari ini, terbukti dengan hilangnya Skype dari Store. Pada artikel terdahulu, saya menuliskan bahwa ‘tidak didukung’ bukan berarti layanan Skype terhenti atau hilang. Ini hanya berarti bahwa Skype di Windows Phone 8 dan 8.1 tidak lagi mendapatkan pembaruan dan penambahan fitur.

Lalu bagaimana dengan fakta Skype tidak dapat lagi diunduh dari Store? Ini merupakan ‘bagian dari komitmen’ Microsoft dalam menghentikan dukungan Skype. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba gunakan untuk install Skype apabila kamu secara tidak sengaja menghapusnya.

  1. Download .xap dan install dari SD Card. Beberapa portal pihak ketiga menyediakan versi .xap dari Skype. Kamu bisa memanfaatkannya dengan cara mengunduh lalu menyimpan file Skype.xap ke SD Card. Masuk ke Store, lalu tekan tombol pivot (…) di bawah. Jika kamu menemukan opsi “Install Local Apps”, maka kamu bisa install Skype secara langsung.
  2. Cari file tersebut dari Store > My Apps. Mungkin perlu waktu, namun jika kamu menemukan Skype dari deretan file yang ada di My Apps, maka kamu bisa memasangnya kembali.
  3. Reset perangkat. Jika kamu melakukan reset, maka kamu akan mendapatkan paket utuh yang juga mencakup Skype. Meskipun tidak akan mendapatkan update, namun ini cukup manjur untuk mendapatkan Skype kembali.

Meskipun demikian, beberapa bug kadang menyusahkan atau akan mencegah kamu memasang Skype. Oleh karena itu, menurut saya lebih bijak jika saat ini kamu tidak melakukan proses uninstall pada Skype agar aplikasi ini bisa seterusnya berada di platform OS yang seadng kamu gunakan.

Perlu diperhatikan bahwa rencana ini memang sudah cukup lama dan direncanakan dieksekusi pada Oktober 2016. Microsoft nampaknya menginginkan penggunanya untuk beralih menggunakan Skype pada Windows Mobile 10 yang memang saya akui jauh lebih superior, bahkan dibandingkan dengan milik iOS dan Android sekalipun! Oleh karena itu, jika perangkatmu tidak mendukung untuk upgrade ke Windows Mobile 10 (biasanya perangkat berkode *20 ke bawah), maka disarankan agar kamu membeli perangkat baru yang lebih representatif – Itu pun jika kamu masih percaya bahwa platform ini sesuai dan mendukung kinerjamu. Jika kamu ‘terjebak’ pada perangkat yang hanya mendukung Windows Phone 8 atau 8.1, maka tindakan preventif minimal yang perlu kamu lakukan agar tidak menyusahkan diri ‘mencari Skype yang hilang’, adalah dengan cara tidak uninstall saat ini.

Bagaimana pendapat kamu dengan mulai ditariknya Skype dari Store? Sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar!

Sumber: MSPoweruser

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta