Kamera Lumia 950 vs Lumia 1020 – Edisi Adu Bokeh

Kamera Lumia 950 vs Lumia 1020 – Edisi Adu Bokeh

0

wp_20161106_09_09_26_pro

Ini adalah seri selanjutnya dari artikel Kamera Lumia 950 vs Lumia 1020. Edisi sebelumnya kita mengadu kekuatan zoom dari kedua perangkat besutan Microsoft ini, dan dapat disimpulkan bahwa kekuatan fisik (baca: hardware) ternyata memang menentukan hasil. Lumia 1020 unggul dalam pertarungan zoom. Tema berikut yang saya ambil adalah bokeh. Mengapa? Saya melihat teman-teman pembaca Winpoin juga menyukai hasil kamera di mana objek terlihat jernih, kemudian semakin ke belakang semakin blur dengan cantik. Ini dimungkinkan karena fokus kamera menangkap objek terdekat, kemudian ‘mengabaikan’ latar belakangnya.

Lalu bagaimana jika Lumia 1020 yang lebih senior diadu dengan Lumia 950, flagship terkini Microsoft dalam hal menghasilkan gambar dengan bokeh indah?

Seperti biasa kamu bisa mencermati landasan hardware kedua perangkat ini.

Spek Kamera Lumia 1020
Spek Kamera Lumia 1020
Spek Kamera Lumia 950
Spek Kamera Lumia 950

Seperti yang saya jelaskan pada edisi sebelumnya, Lumia 1020 beruntung memiliki sensor yang jauh lebih besar dengan output megapiksel yang juga ‘raksasa’ (41 MP – efektif 38 MP), namun prosesornya lebih lambat dibandingkan dengan Lumia 950.

wp_20161119_10_07_55_raw__highres

Dalam tes ini, saya memotret benda mungil cantik berikut ini. Metodenya adalah, saya memotretnya dari jarak terdekat yang bisa dilakukan oleh kedua handheld, kemudian pada tes kedua, saya akan menjauh pada jarak tertentu dan memeriksa apakah dari jarak tersebut, saya masih bisa menghasilkan background yang blur dengan indah.

wp_20161119_10_08_34_pro

Klik untuk melihat resolusi penuh

Lumai 1020, seperti biasa menghasilkan fokus yang jernih dan detail serta latar belakang yang makin blur dengan cukup indah. Jika banyak cahaya di belakang, maka kamu akan menyaksikan kerlap-kerlip sinar yang cantik.

wp_20161119_10_07_10_pro

Klik untuk melihat resolusi penuh

Namun Lumia 950 tidak kalah. Di jarak terdekat dengan objek, perangkat ini dengan mudah juga menghasilkan gambar yang cantik. Fokus pada objek di depan, lalu makin mengaburkan latar di belakang objek untuk menjadikan mata kita terfokus hanya pada objek. Untuk tes pertama ini, keduanya sepertinya seri.

wp_20161119_10_09_03_pro

Klik untuk melihat resolusi penuh

Perbedaan mulai muncul ketika saya melangkah mundur dari objek pada jarak tertentu. Dalam posisi agak jauh dari objek, mungkin sekitar lebih dari 1 meter, kita lihat Lumia 1020 masih menghasilkan fokus objek yang jernih dan blur di latar belakang yang tetap cantik.

wp_20161119_10_10_00_pro

Klik untuk melihat resolusi penuh

Namun ketika beralih ke Lumia 950, maka blur di latar belakang mulai semakin jelas. Kamu dapat melihat jelas bentuk-bentuk mobil meskipun juga sedikit blur. Hasilnya tidak sebaik Lumia 1020 sebelumnya.

Apa manfaat tes ini? Salah satu kendala kamera smartphone adalah, kamu dengan mudah membuat latar belakang yang blur secara indah agar mata berfokus pada objek, hanya untuk objek-objek kecil. Namun ketika kamu memotret objek yang besar, misalnya manusia – Maka kamu kesulitan untuk menjadikan latar belakang blur, karena jika memotret objek besar, paling dekat kamu harus mengambilnya dari jarak 2 meteran. Manual fokus akan mentok dan kesulitan mengambil gambar yang hanya berfokus pada objek di jarak sejauh itu. Seperti halnya dalam tes zoom, ini murni karena kondisi fisik. Lumia 1020 dengan sensor yang sangat besar, dengan mudah mempertahankan manual fokus di jarak yang lebih jauh, sehingga kamu bisa berfokus pada objek besar dan mem-blur latar belakang yang tidak ada kaitannya dengan objek.

Meskipun kurang optimal, ini salah satu contoh penerapan manual fokus untuk objek orang menggunakan Lumia 1020
Meskipun kurang optimal, ini salah satu contoh penerapan manual fokus untuk objek orang menggunakan Lumia 1020

 

Kesimpulan

Fisik kembali menunjukkan kuasanya. Sensor kamera yang mencapai 1/1.5″ pada Lumia 1020 memungkinkan kamu mengambil gambar objek besar secara fokus dan mem-blur latar belakangnya untuk menciptakan bokeh yang manis.

Beberapa kamera smartphone baru memiliki trik yang cukup praktis untuk melakukan hal ini, yaitu dengan menggunakan dua kamera. Dipelopori oleh HTC One M8, kini LG G5, ZTE Axon 7, Huawei Honor 8, Huawei P9, dan iPhone 7 Plus dapat menciptakan hasil seperti ini dengan mudah tanpa memerlukan ‘fisik’ seperti halnya Lumia 1020. Namun demikian, beberapa ahli di bidang fotografi smartphone seperti Juan Carlos Bagnell (Pocketnow) menyatakan bahwa hasilnya tampak artifisial dan tidak mulus seperti halnya kamera DSLR yang memang memiliki sensor besar. Dalam hal ini Lumia 1020 mengambil jalur yang sama dengan sistem DSLR tersebut.

Punya opini tentang kemampuan bokeh untuk kedua smartphone kamera ini? Sumbangkan pendapat atau foto karya kamu di kolom komentar!

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta