Kangen HERE apps? Ini Tips untuk Tetap Bisa Menggunakannya di Windows Phone!

Kangen HERE apps? Ini Tips untuk Tetap Bisa Menggunakannya di Windows Phone!

33

Tips HERE Maps

Kamu pasti kecewa membaca berita yang disajikan Winpoin akhir-akhir ini yang memprediksikan bahwa HERE tidak akan berada di Windows Phone lagi, melainkan berfokus ke iOS dan Android saja. Kecurigaan ini terus menguat meski HERE beberapa kali mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka akan kembali dan sementara ini memang HERE apps tidak tersedia di Store akibat bug. Untuk pengguna yang masih memilikinya, memang masih dapat memanfaatkan HERE apps dengan baik, namun untuk mereka yang kehilangannya (mungkin karena uninstall atau sebab lain), maka mereka tidak dapat menemukan HERE apps lagi di Store. Menyikapi alasan resmi dari HERE tersebut, para pengguna ‘membaca’ gelagat buruk dari HERE yang memang ‘sedikit diabaikan’ Microsoft setelah divisi ponsel Nokia menyatu dengan Microsoft.

Kabar tersebut memang menyedihkan karena HERE apps, terutama Map dan Drive merupakan aplikasi yang sangat ikonik bagi Windows Phone. Mereka sudah hadir sejak zaman Windows Phone 7, dan bahkan menjadi salah satu nilai jual Windows Phone! Peta milik HERE yang dapat diunduh dan digunakan offline merupakan alasan mengapa aplikasi ini begitu populer bagi pengguna Windows Phone, hingga membuat platform lain iri.

Kangen pada masa jaya HERE di Windows Phone? Iklan Windows Phone 8 ini membuktikan betapa HERE apps dulu merupakan salah satu yang meningkatkan nilai tawar perangkat Microsoft ini.

Namun sangat disayangkan, HERE nampaknya kini menjauhi platform ini dengan “menghilangkan” dirinya dari Microsoft Store. Beralasan ada bug sehingga menarik apps-nya, para penggemar menduga ada pertikaian internal antara HERE dengan Microsoft yang menjadikan HERE kemudian bersikap “wait and see” untuk strategi Microsoft selanjutnya. Meskipun murni bisnis dan bahkan sudah berganti kepemilikan, ketiadaan HERE ini dilabeli para penggemar Windows Phone sebagai penghianatan. Karena HERE merintis popularitasnya di Windows Phone, namun memilih lebih fokus untuk iOS dan Android.

Baca juga:  Inilah Foto dan Tampilan Lumia 640 dan Lumia 640 XL

Nah, jika kamu adalah salah seorang yang menjadi “korban” sehingga tidak dapat menggunakan HERE apps di perangkat Windows Phone kamu, berikut ada tips yang dapat menjadikan kamu menggunakannya kembali – Namun ada sedikit pengorbanan yang perlu kamu bayar untuk mendapatkan aplikasi peta dan navigasi offline legendaris ini.

1. Unduh Nokia Software Updater Retail atau Windows Device Recovery Tool

Tips HERE Maps

Terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan Nokia Software Updater Retail terpasang di PC atau laptop kamu. Jika belum memilikinya, kamu dapat mengunduhnya di sini. Setelah install, kamu akan mendapatkan tawaran untuk update. Terima saja dan lakukan update karena NSU yang berada pada tautan tersebut sudah cukup lama usianya.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat memanfaatkan Windows Device Recovery Tool (WDRT) untuk mengembalikan HERE Apps. Kamu dapat mengunduhnya di sini.

Nah, nantinya, kamu dapat memperoleh HERE Maps dan Drive+ dengan cara melakukan install ulang OS pada perangkat kamu. Mengingat ini akan menghapus semua data di ponsel kamu, maka terlebih dahulu lakukan backup semua aplikasi dan data yang kamu miliki agar aman.

 

2. Sambungkan perangkat Windows Phone ke PC atau Laptop, lakukan install ulang perangkat

Baca juga:  Ayo Update Aplikasi Nokia Video Upload, Nokia Cinemagraph dan Access Point

Sebelum melakukan ini, pastikan apakah kamu benar-benar menginginkan HERE maps dan Drive+, sehingga rela melakukan install ulang perangkat hanya untuk itu. Untuk beberapa orang ini sangat menyebalkan.  Tapi bila kamu mau melakukannya, keuntungan lain yang kamu dapatkan adalah OS yang fresh, menimbulkan perasaan bahwa kamu menjalankan perangkat yang benar-benar baru! (Selain mendapatkan HERE Maps dan Drive+ tentu saja).

Jika kamu sudah merasa mantap, maka sambungkan perangkat kamu ke PC atau laptop. Nokia Software Updater akan membaca perangkatmu, lalu menentukan software yang akan kamu peroleh. Setujui dan ikuti prosedur pengunduhan dan install.

Perlu diperhatikan bahwa data yang kamu unduh kurang lebih sebesar 1,6 GB. Koneksi internet yang bagus sangat menunjang dalam hal ini. Selain itu, jangan coba-coba mencabut perangkat sebelum prosedur selesai karena berisiko menimbulkan brick!

 

3. Buka bagian Update, lalu lengkapi proses pengunduhan apps koleksimu

Tips HERE Maps

Setelah prosedur ini, cek Setting > Phone Update untuk melihat apakah ada pembaruan untuk perangkat kamu (pasti ada). Dahulukan prosedur update ini untuk mendapatkan firmware paling baru untuk perangkat kamu.

Setelah prosedur selesai, baru kamu dapat mengunduh semua aplikasi kamu yang tadinya sudah dicadangkan (backup). Ini dapat kamu lihat di bagian Store > Download. Semua aplikasi kamu akan terpasang, termasuk juga HERE Maps dan HERE Drive+

 

Dengan tips ini, kamu dapat kembali memanfaatkan HERE Maps dan HERE Drive+ yang tadinya menghilang di Store. Menggunakan sistem Install ulang OS memang agak melelahkan, namun ini satu-satunya cara karena sepertinya HERE Maps dan HERE Drive+ menempel pada paket OS yang diunduh dengan Nokia Software Updater Retail.

Baca juga:  Trik Menghapus File Temporary secara Otomatis di Windows 10

Berdasarkan pengalaman Winpoin waktu mencoba trik ini, nampaknya tidak ada masalah meskipun kamu memperbarui (update) aplikasi HERE Maps dan HERE Drive+ ke yang paling baru. Justru baru saja HERE Maps dan Drive+ meluncurkan update untuk aplikasinya, khusus bagi perangkat yang masih memiliki kedua HERE apps ini. Namun jika kamu merasa was-was, tidak mengapa jika kamu tidak memperbarui aplikasi tersebut, karena tetap berfungsi lancar meskipun tidak diperbarui. Hanya saja kamu tidak dapat lagi sign in ke dalam perangkat tersebut. Ini bisa diakali dengan mengetuk tombol “Skip” atau “Lewati”.

Bagaimanapun juga, HERE Maps dan HERE Drive+ masih merupakan aplikasi navigasi unggulan yang susah digantikan. Microsoft konon sedang berupaya menggodok penggantinya (terbukti dengan hadirnya aplikasi Maps dari Microsoft), namun belum bisa mengalahkan kenyamanan menggunakan HERE.

Tambahan

Diskusi dengan teman-teman di kolom komentar (inilah kenapa Winpoin sangat mencintai kolom komentar) mendapatkan tips tambahan bahwa teman-teman yang kehilangan HERE apps, bisa meminta teman yang masih memilikinya untuk mengirimkan tautan aplikasi tersebut melalui fitur Share. Tentu saja di sini berarti kita harus mempunyai hubungan yang baik dengan sesame penggemar Windows Phone dan saling mendukung satu sama lain! Ini sangat praktis dan menyenangkan.

HERE Maps share

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • anton920

    Saya pakai lumia 920 build 10586.11 sejauh ini tidak ada masalah dengan here maps bahkan minggu lalu ada update here maps di windows store.

    Tapi simpen dulu ah artikelnya barangkali ntr ada masalah.

  • andri ahmadi

    Ane pakai lumia 532, kemaren sempat trouble tidak dpaat digunakan tuh here+ tetapi dengan adanya upgrade pembaruan dari here+ belum lama kemaren, here+ dapat dipakai lagi seperti sediua kala

  • erlang
    • data mapping nya pake punya HERE, tp secara fitur dan experience..masih jauh dibawah HERE ^^

      • erlang

        Sejauh ane pake buat penunjuk jalan, dari segi fitur dan experience nya sama ko mas febian. Sama-sama akurat juga navigasi nya.

      • perfectminor

        Kalo fitur Maps VS Here Maps sudah hampir bisa bersaing kok om,
        – Cuma minus voice navigation belum tersedia dengan bahasa Indonesia, fitur itu mungkin sulit karena voice navigation yang sekarang dipakai Maps hanya yang ada di Speech di Windows 10 Mobile.
        – Tampilan user interface Maps tidak friendly dengan smartphonedi bawah 5″, cocoknya digunakan dengan tablet atau phablet.
        – Pencarian tempat lokal masih kadang tidak ketemu, padahal data mapsnya kan menggunakan Here.

        Gak perlu tutorial di atas, update Here Maps 4 hari yang lalu sudah bisa digunakan di semua device yang sebelumnya pengguna Windows 10 Mobile belum bisa menggunakannya.

      • l730ku

        kelebihan here maps bisa offline, makanya saya suka here maps dan here drive, kalo g ada signal masih berfungsi mapsnya

  • Whyu Wa

    dari kecil bareng, susah senang jg bareng tapi pas udah gede mlh ngilang… sakiit

    • Geralt of Rivia

      Jadi inget temen ane yg cewe, padahal pas kecil akrab banget, dah gedhe gak kenal.. Ehhh..

      • Whyu Wa

        ahaha curcol dh

        • Geralt of Rivia

          :D

          • l730ku

            sakitnya tuh disini….:D

  • Muhamad Al-Isrö

    Here maps di l 535 wp 10 saya bisa.. Ini penampakannya..

  • Rahmat Priyadi

    nama nya juga anak tiri (HERE),,,,,,

  • Ribet juga ya. Untung here maps sm drive msh anteng di hp ane ehehehe..
    Tp artikelnya boleh lah disimpen buat jaga2 hehey

  • Wira

    Gua masih ada dong Here-nya. Tapi tadi coba search “Here Maps Windows Phone” di google, Here maps masih ada di region Rusia.

  • Syafri

    Kalau menurut saya kalau memang di belinya udah ada here maps terus kehapus lantas gk ada store buat download lagi saya recovery pake WDRT lumia saya dan ternyata heremaps kembali,itu sih pengalaman saya yah gK perlu NSU cukup pakai WDRT buat recovery

  • Deni Sofyan

    L540 ane dari WP 8.1 sampe ke W10M Build 586.29 masih nempel HERE Apps nya. fungsi normal. sign in jg ga ada masalah.

  • Agil Faisal Rahman

    di win 10 build terbaru… 10586.29 here nya udah bisa lagi ko… kemaren ada update jadi bisa lagi ko… update sebelumnya tuh yg ngeselin malah bikin ga bisa dipake… untung ga di apus jadi tinggal update eh bisa lagi deh… kayanya lama2 aplikasi bawaan bakal menunjukkan taringnya nih… lumia camera udah tergantikan sama kamera windows yg tampilannya mirip n performanya udah mulai stabil… kalkulator udah lebih dari sekedar kalkulator… alarm udah ada stopwatchnya… kayanya aplikasi peta mau nyusul nih… mungkin mau menghemat anggaran user biar ga nginstall aplikasi pihak ke 3 lagi… btw oot… aplikasi disqus dapet update n tampilannya kece loh…

  • yaya

    cara lain :
    mnta share link aplikasi dari tman yg da here map na z, bsa share pke mesengger, wa, email dll

    https://uploads.disquscdn.com/images/e93a1c390c027cc0253e48be2ba20f9588e73044a3759fb75c1b13997879a1b7.png

    pilih share k tman yg kmu mau
    mdah2 bsa…

  • perfectminor

    Bukannya update terakhir Here Maps 4 hari yang lalu membuat Here Maps sekarang bisa digunakan lagi ya di semua versi Windows Phone termasuk Windows 10 Mobile?

    • Putrapetier

      D lumia ane jg dua duany ad &ga hilang +msh bisa berfungsi dengan baik,

  • yaya

    HERE Maps ku masih HERE blum kmana2…

  • Wahid Budi Prasetyo

    Sayangnya kontribusi Here maps buat saya masih minim. Digunakan untuk navigasi penunjuk lokasi saya melenceng sekitar 200-500m. Untuk mencari lokasi atau jalan masih kurang lengkap. Mungkin bila di kota besar kontributor sangat banyak. Tapi di kota solo dan sekitarnya sangat sedikit tempat yang disarankan. Semoga nantinya microsoft bisa melobi agar google maps bisa dibawa ke windows store di windows 10 mobile. *malah curhat.

    • darush ferdinata

      bener gan.. apalagi saya yang di daerah kalimantan… masih banyak jalan yang tidak ada dalam peta malahan…

      • Wahid Budi Prasetyo

        Nah. Memang seperti itu. Paling tidak di indonesia kalau here mau bersaing ya butuh ekosistem yang lebih kuat. Jika dibanding google maps, here menurut saya masih kurang memiliki fungsionalitas.

  • microsoft maps masih jauh untuk bisa menggantikan HERE :D

  • gun

    L520 ku bisa langsung update here map setelah update win 10 mobile terbaru yg kemaren ini

  • Syafri

    Oke Bang Kiki

  • Erwin Firmansyah

    Pelan pelanpada ninggalin, sadiss banget dah Microsoft

  • Aulia Rachman

    Apakah tersedia update terbaru ya? Soalnya peta dari app GMaps+ sepertinya lebih update ktimbang Here

  • Lumia, ribet bgt ya pengen app here nya balik lg aja harus ke gtu.. :(