Kapan Harus Menggunakan Laptop, Netbook, atau PC?

Kapan Harus Menggunakan Laptop, Netbook, atau PC?

1

Komputer dan laptop

Laptop, netbook, dan PC adalah perangkat komputer yang sudah familiar di masyarakat, tapi terkadang orang-orang masih bingung menentukan perangkat komputer apa yang cocok untuk aktifitas sehari-harinya.

Disini saya akan memberikan sedikit tips yang menjadi kelanjutan dari artikel “Jangan salah pilih, inilah cara memilih laptop gaming yang tepat” dan “5 Tips membeli Hardware PC yang sesuai dengan Kebutuhan” berdasarkan level Flexible, Balanced, dan Performance.

 

Flexible

fabric-pc-2

Bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi, maka fleksibilitas menjadi hal yang sangat penting. Device yang flexible dan portable bisa membantu kamu untuk menuntaskan semua pekerjaan dimanapun kamu berada. Namun tentunya kamu tidak bisa berharap banyak dari perangkat level Flexible ini. Perangkat jenis ini cenderung hanya bisa digunakan untuk aktivitas perkantoran saja dan selebihnya hanya bisa untuk aktivitas ringan seperti browsing, mendengarkan musik, dan menonton video. Jika kamu adalah pekerja kantoran atau pengguna dengan mobilitas tinggi, maka Netbook menjadi pilihan yang tepat.

 

Balanced

l_12338001

Perangkat dengan level balanced atau seimbang masih bisa diandalkan untuk pekerjaan ringan dan menengah, bahkan bisa juga untuk pekerjaan berat seperti design 3D. Namun tetap jangan berharap bisa mendapatkan kualitas yang maksimal. Perangkat level ini cenderung memiliki spesifikasi dan kemampuan standar, bahkan seringkali tidak bisa menjalankan program yang sangat berat. Pekerjaan yang bisa diselesaikan oleh perangkat level Balanced ini biasanya adalah Designer, Animator 2D, dan Design 3D. Laptop dan PC dengan harga di kisaran 4 – 7 juta biasanya tergolong kedalam level balanced ini.

 

Performance

main_w_600

Performance adalah level yang tertinggi. Bukan karena gengsi, namun karena hardware yang ditawarkan memang jauh lebih ganas dan cukup menguras kantong. Di level ini kamu bisa berharap mendapatkan kualitas yang bagus. Tidak seperti level dibawahnya, di device dengan level performance ini kamu bisa bebas menjalankan program-program berat. Tetapi untuk seberapa banyak program yang bisa kamu jalankan secara bersamaan (multitasking), tentu saja tergantung dari spesifikasi hardwarenya. Laptop dengan kisaran harga 10 juta keatas dan PC dengan kisaran harga 8 juta keatas biasanya sudah berada di level performance ini.

Tapi tunggu dulu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli perangkat tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu ketahui:

  1. Tidak semua laptop dapat diupgrade

Tidak semua brand laptop menyediakan opsi upgrade untuk HDD, RAM, ataupun Processor yang digunakan.

  1. PC juga punya batasan Upgrade

Meskipun jauh lebih fleksibel untuk diupgrade, namun bukan berarti PC desktop bisa diupgrade tanpa batas. Disinilah peran motherboard sangat terlihat, dimana setiap motherboard memiliki batasan upgrade tersendiri.

  1. Hardware juga harus seimbang tidak ada yang ketinggian dan kerendahan

Hardware pada PC maupun Laptop juga harus seimbang, tidak boleh ada yang performanya ketinggian dari hardware lain atau kerendahan dari hardware lain. Karena jika itu terjadi hardware tersebut tidak akan bisa bekerja secara optimal karena keterbatasan hardware lainnya.

 

Sekian tips dari saya, jika ada pertanyaan bisa langsung komentar disini atau langsung ditanyakan di Forum Winpoin agar bisa didiskusikan bersama teman-teman WinPoin lainnya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.
  • Untuk saat ini saya merasa butuh sebuah notebook :)