Kapan Waktu yang Tepat Bagi Windows Untuk Restart atau Shutdown??

Kapan Waktu yang Tepat Bagi Windows Untuk Restart atau Shutdown??

1

Kapan Waktu yang Tepat Bagi Windows Untuk Restart atau Shutdown??

Kamu kesal dengan peringatan Windows yang mengharuskan komputer untuk restart? Atau kamu selalu melakukan restart ketika komputer ada masalah? Merestart komputer memang dapat menyelesaikan masalah, tapi tidak semua masalah komputer harus diselesaikan dengan restart.

Beberapa masalah komputer memang dapat diselesaikan dengan restart tapi ada cara yang lebih praktis dari itu. Misalkan saja, komputer kamu hang dan kamu tidak perlu merestartnya, jika mouse masih bergerak dan bisa membuka Task Manager maka gunakan cara ini untuk mematikan aplikasi yang membuat hang.

Beberapa masalah komputer juga memang harus diselesaikan dengan restart. Contohnya Windows Update, setelah update Windows kamu diharuskan untuk merestart agar sistem dapat menginstall update Windows.

Kali ini kita akan melihat lebih dalam atau mengungkap, kapan waktu yang tepat bagi Windows untuk Restart atau Shutdown. Dengan begini kamu tidak perlu bingung lagi.

 

Windows Update

Ketika Windows sudah selesai mendownload Update maka ia akan secara otomatis menghitung mundur untuk melakukan restart. Restart dilakukan agar sistem dapat menginstall Windows update. Kamu masih bisa menunda sistem untuk restart, tapi ketika sistem sudah sampai batasnya maka ia akan restart secara paksa dan menutup semua aplikasi yang kamu buka.

Kapan Waktu yang Tepat Bagi Windows Untuk Restart atau Shutdown??

Alasan Windows harus reboot adalah untuk menginstall update dan ia tidak bisa mengubah atau menghapus file saat sedang digunakan. Sistem menjalankan file secara terus menerus, satu-satunya waktu saat file tidak digunakan adalah saat sistem boot, waktu yang tepat untuk menginstall update. Sebenarnya WinPoin memiliki cara untuk mencegah restart otomatis setelah Windows Update namun ini tidak dianjurkan.

Jadi saat Windows Update apa itu saat yang tepat untuk restart Windows? Jawabannya adalah iya, menginstall update adalah security dengan prioritas utama bagi Windows.

 

Software Crash atau Hang

Sehebat apapun komputernya pasti ia pernah mengalami yang namanya hang karena menjalankan software. Ketika kamu mencoba untuk mengklik software atau program tersebut maka ia akan memunculkan notifikasi Program is not responding.

Sistem operasi yang baru bisa mengatasi software hang lebih baik daripada sistem operasi yang lama. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan sistem operasi baru mengalami software hang, entah itu karena masalah hardware atau software itu sendiri. Di saat seperti ini kamu tidak perlu restart Windows.

Kapan Waktu yang Tepat Bagi Windows Untuk Restart atau Shutdown??

Jika kamu menghadapi software hang maka yang harus kamu lakukan adalah membuka Windows Task Manager untuk mematikan aplikasi.

Jadi perlukah restart komputer saat software hang atau crash? Jawabannya adalah tidak, gunakan saja Task Manager untuk keluar dari software yang hang.

 

File Explorer atau Windows Explorer Hang

Windows 8 menggunakan nama File Explorer yang sebelumnya Windows Explorer untuk mengatur file. Tidak jarang ketika kamu browsing file atau folder, tiba-tiba File Explorer atau Windows Explorer hang atau crash. Karena hal ini kamu berpikir untuk merestart Windows agar semuanya berjalan baik kembali, namun ada trik agar kamu tidak perlu restart.

Untuk melakukan trik tersebut, kamu cukup membuka Start Menu dan tahan Ctrl+Shift dan klik kanan di area kosong Start Menu. Untuk pengguna Windows 8 kamu bisa melakukannya di taskbar. Kemudian klik Exit Explorer.

Kapan Waktu yang Tepat Bagi Windows Untuk Restart atau Shutdown??

Beberapa saat kemudian semua folder akan tertutup, taskbar akan hilang dan desktop kamu akan kosong. Jangan takut, yang harus kamu lakukan adalah buka Task Manager lewat shortcut dan klik File, setelah itu klik New Task. Kemudian ketikkan explorer.exe dan klik OK. Semuanya akan kembali seperti normal.

Jadi perlukah restart komputer saat File Explorer hang atau crash? Jawabannya adalah tidak, kamu bisa mematikan File Explorer dan membukanya kembali.

 

Mencegah Shutdown secara Otomatis

Tidak hanya dalam kasus Windows Update saja saat kamu dipaksa untuk restart, kadang-kadang ada beberapa software setelah proses installasi memaksa sistem untuk restart. Ketika kamu memiliki banyak pekerjaan yang sedang terbuka tentu ini tidak menyenangkan. Apalagi kalo pekerjaan kamu belum disimpan, itu adalah kejadian terburuk.

Kapan Waktu yang Tepat Bagi Windows Untuk Restart atau Shutdown??

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa menggunakan software ShutdownGuard agar tidak sembarangan bisa Shutdown. ShutdownGuard akan mencegah Windows untuk Shutdown atau Restart, menampilkan pop-up yang meyakinkan kamu untuk Shutdown atau Restart.

 

Apakah Restart Diperlukan??

Meskipun diatas tidak menyarankan restart untuk hal-hal tertentu, kadang restart adalah jalan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk membuat komputer seperti semula. Entah itu dari memory leak yang disebabkan oleh software yang buruk, driver yang perlu diinstall atau update, kadang-kadang reboot menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Rahmat Asbog

    tapi apakah sering restart akan jadi masalah buat komputer sendiri??