Keep Calm…OneDrive mengurangi Free Storage dari 15GB menjadi 5GB?

Keep Calm…OneDrive mengurangi Free Storage dari 15GB menjadi 5GB?

17

storageonedriveturun

Kabar mengejutkan ini datang dari kicaun akun Resmi OneDrive yang mengabarkan tentang perubahan Free Storage secara drastis. Perlu di ketahui sebelumnya iyel – iyel dari OneDrive ialah “One Place for everything in your life”, tapi sekarang kamu harus membuka kamus lagi dan mengartikan dari arti yang baru ini “A pursuit of Productivity and Collaboration” .

Untuk lebih lanjut, berikut kebijakan baru oleh One Drive :

  • Kami tidak berencana untuk menawarkan penyimpanan unlimited untuk pelanggan Office 365 Home, Personal, atau universitas (Program Dreamspark). Mulai sekarang, langganan mereka hanya akan mencakup 1 TB penyimpanan OneDrive.
  • 100 GB dan 200 GB rencananya akan berbayar sebagai pilihan untuk pengguna baru dan akan digantikan dengan rencana 50 GB untuk $1,99 per bulan pada awal tahun 2016.
  • Free OneDrive Storage akan berkurang dari 15 GB menjadi 5 GB untuk semua pengguna, baik pengguna lama maupun pengguna baru. Bonus 15 GB Storage untuk kamera roll juga akan dihentikan. Perubahan ini akan mulai bergulir pada awal tahun 2016.

Kemudian untuk mengantisipasi atau perubahan baru tersebut Microsoft mengambil langkah – langkah transisi sebagai berikut :

  • Jika Anda pengguna Office 365 dan telah menyimpan lebih dari 1 TB, Anda akan diberitahu tentang perubahan ini dan akan mampu menjaga penyimpanan Anda selama setidaknya 12 bulan.
  • Jika Anda pengguna Office 365 dan menemukan bahwa Office 365 tidak lagi di perlukan, pengembalian dana akan diberikan. Baca Lebih lanjut disini
  • Jika Anda menggunakan lebih dari 5 GB penyimpanan gratis, Anda akan terus memiliki akses ke semua file untuk setidaknya 12 bulan setelah perubahan ini mulai berlaku pada awal tahun 2016. Selain itu, Anda dapat Redeem Code Office 365 Personal selama satu tahun gratis (kartu kredit diperlukan), yang mencakup 1 TB penyimpanan OneDrive.
  • Pelanggan saat ini yang tidak terikat dengan manapun alias standalone dan memiliki penyimpanan OneDrive sebesar 100 atau 200 GB tidak terpengaruh oleh perubahan ini.

Microsoft melakukan perubahan besar – besaran tersebut tak lain sejak mereka memberikan secara Unlimited Cloud Storage untuk pelanggan Office 365 yang kebanyakan dari mereka untuk membackup koleksi Film mereka. Bahkan Microsoft menemukan kasus dimana pengguna telah menghabiskan lebih dari  75 TB/orang untuk memback-up data tersebut.

Baca juga:  Windows Phone Mati? Tenang... Masih Lama Kok

Jadi intinya Microsoft mau berfokus untuk memberikan pengalaman nilai produktifitas dan kolaborasi bagi pengguna OneDrive .

Namun demikian masih banyak yang menolak kebijakan baru tersebut. Bahkan developers aplikasi Windows Phone seperti VLC juga ikut meramaikan penolakan tersebut dengan menyatakan akan migrasi ke Dropbox.

thomas nigro

Setujukah kamu dengan perubahan ini ? Atau bahkan kamu mau berpindah ke Cloud Storage yang lain juga mengikuti beberapa pengguna OneDrive lainnya?

Bagikan pendapatmu disini.

Via OneDrive Blog

Ask me everything about Windows Mobile via Twitter @UFebri
  • user.unkwon

    Afgan bgt limitnya :( masa balik ke gdrive lgi :#

    • Kurotsuki Kaitou

      Split ajah… Saya aja dari awal udah pake OneDrive, Box, GDrive, Dropbox.
      OneDrive buat file-file pribadi
      Box buat file-file project related (learning course, ebook, dsb)
      GDrive buat file-file yang ga penting… (eh … ga penting kok dibackup … :p)
      Dropbox buat file-file kerjaan kantor…

      *Mew… Baru sadar …. Banyak amat yah… (-_-)a

  • Setuju aja deh, yang penting fast load nya dah~

  • Rizal Faisal Akbar

    gimana dengan ane yang udah nyimpen sisa 8 GB dari 30 GB? apakah yang dulunya dapet Free Storage 15GB+15GB juga kena ya? :/
    kemana ane mesti backup lagi? :'(

  • Kurotsuki Kaitou

    Baru pake dikit. Jadi ga ngefek buat saya. Males juga store backup banyak2. Yang ga penting mah taruh lokal ajah. Lebih gampang bersih-bersihnya kalo butuh storage tambahan. :3

    15GB udah lebih dari cukup buat saya. Lho kok 15GB? Iya … 5GB free (setelah diturunkan dari 15 ke 5) + 10GB Royalty for a life time … :p

  • Apa kabar Google Drive? gue bonus 17 GB loh :p wkwk

  • user.unkwon

    Solusinya pake dropbox

  • mungkin saya akan kembali memakai dropbox :D

  • harusnya untuk pengguna baru aja, pengguna lama jangan diutak-atik lagi :v

  • RiDho Ahmad

    Keep Calm

    wajar sih tindakan Microsoft ini klo liat kasusnya… mo ngejerain yg rakus kali.. liat tuh masa ada yg ampe 75 TB :v gile benerrr …berarti salah juga Microsoft sok2an ngasih unlimited.. :v
    mudah2an klo udah dimusnahkan yg melebihi batas semua jadi kembali lg :v

  • Farhan Ikbal Haidary

    Gak setuju banget nih. Bonus OneDrive ku aja udah 30 GB, Masa mau diturunin ke 5 GB, Kayak SugarSync aja.

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Tamat dataku semua…

  • Fadly

    Kepake dikit doang. Cuma dipake 1GB dari 130GB itupun buat backup Camera Roll sama file tugas. Justru 5GB udah lebih dari cukup menurut saya. Dulu dapet promo Bing gila gilaan, ujung ujungnya ga kepake.
    Bagi saya 5GB cukuplah buat pribadi, ditambah Camera Roll bonus.

    • Rabbil AR

      haha sma gan, awal nya mkir gile nih 100gb tpi ujung2 nya cma dkit dipke nya