Kenali Jenis Lisensi OEM, Retail dan Volume di Windows 10

Kenali Jenis Lisensi OEM, Retail dan Volume di Windows 10

0

Kenali Jenis Lisensi OEM, Retail dan Volume di Windows 10

Pada dasarnya, ketika membeli sebuah Windows, terdapat 3 jenis lisensi yaitu OEM, Retail dan Volume. Dimana ke 3 lisensi tersebut mengacu pada persyaratan dan hak cipta berdasarkan Software License Term Microsoft.

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai perbedaan dari Lisensi OEM, Retail, dan Volume.

  • OEM : Kepanjangan dari Original Equipment Manufacture. Lisensi ini dikeluarkan oleh perusahaan vendor, dan jenis lisensi ini tidak dapat dipindahkan ke mesin lain. Dengan. Jadi misalnya, jika sebuah Laptop sudah pre-install dengan Windows 10 didalamnya, maka Lisensi OEM lah yang tertanam didalamnya dan tidak dapat dipindahkan lisensinya ke laptop lain.
  • Retail : Lisensi yang biasa disebut FPP (Full Packed Product). Biasanya didapatkan ketika kamu membelinya di toko retail ataupun secara online. Berbeda dengan lisensi OEM, kamu bisa memindahkan lisensi Retail dari PC 1 ke PC lainnya.
  • Volume : Lisensi ini biasanya digunakan untuk perusahaan yang memiliki PC yang banyak. Lisensi Volume ini bisa mengaktivasi lebih dari 1 mesin, banyaknya tergantung dari Volume Licensing Agreements yang dibuat antara perusahan dan penjual lisensi. Untuk lisensi jenis ini digunakan oleh Edisi Windows 10 Enterprise.
Baca juga:  Apakah Kamu Membutuhkan Video 4K?

Bagaimana Cara Mengetahui Jenis Lisensi yang Dimiliki?

Pertama buka Command Prompt (as Administrator), kemudian copy/ketikan perintah dibawah ini.

slmgr -dli

Kemudian akan muncul status lisensi dan deskripsi lisensi.

Kenali Jenis Lisensi OEM, Retail dan Volume di Windows 10

Jika ada pertanyaan seputar Windows ataupun mengalami masalah dengan aktivasi Windows, kamu bisa bertanya melalui Forum WinPoin. Posting pertanyaan kamu disana, dan kami akan berusaha untuk membantu kamu ;)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.