Kenalkan Indonesia Kepada Anak-Anak Melalui Aplikasi Explore ID for Kids

Kenalkan Indonesia Kepada Anak-Anak Melalui Aplikasi Explore ID for Kids

0

Kenalkan Indonesia Kepada Anak-Anak Melalui Aplikasi Explore ID for Kids

Meskipun lahir dan besar di Indonesia, tidak banyak yang mengenal Indonesia secara mendalam. Jangankan kebudayaannya, berbagai kota dan tempat di Indonesia saja banyak yang belum mengenalinya. Untuk itu memperkenalkan Indonesia sejak dini kepada anak-anak bisa menjadi solusi yang tepat agar nantinya mereka bisa mencintai negara kepulauan ini.

Bagi kamu pengguna Windows, ada aplikasi menarik yang bisa kamu gunakan untuk memperkenalkan Indonesia kepada anak-anak yaitu Explore ID for Kids. Aplikasi ini merupakan aplikasi lokal buatan anak bangsa yang mencoba untuk membuat proses pengenalan Indonesia menjadi menyenangkan bagi anak. Berikut ini adalah review WinPoin terhadap Explore ID for Kids.

 

The Good

Belajar Menyenangkan Bagi Anak

Kenalkan Indonesia Kepada Anak-Anak Melalui Aplikasi Explore ID for Kids

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak cenderung lebih tertarik untuk belajar sesuatu yang menyenangkan. Developer Explore ID for Kids memahami hal ini. Mereka membuat aplikasi ini benar-benar semenarik mungkin bagi anak-anak. Ketika pertama kali dibuka, anak-anak akan langsung disuguhi dengan peta Indonesia bergaya kartun dan musik khas untuk anak-anak. Di tengah-tengahnya ada gambar bertuliskan Jakarta yang jika di klik akan langsung masuk ke materi pengenalan Kota Jakarta.

Pengenalan Kota dengan Bahasa Inggris

Kenalkan Indonesia Kepada Anak-Anak Melalui Aplikasi Explore ID for Kids

Explore ID for Kids memperkenalkan Kota Jakarta dengan menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa yang digunakan merupakan Plain English yang tentunya mudah dipahami oleh anak-anak. Tetapi dengan digunakannya Bahasa Inggris tersebut maka anak perlu didampingi dan dijelaskan arti dan maksudnya apa.

Dengan demikian memperkenalkan Indonesia kepada anak melalui Explore ID for Kids bak sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui. Selain mengenalkan Indonesia sekaligus juga bisa mengajarkan Bahasa Inggris.

Dilengkapi Ilustrasi Lucu

Kenalkan Indonesia Kepada Anak-Anak Melalui Aplikasi Explore ID for Kids

Untuk semakin membuat anak tertarik, di materi pembelajaran Explore ID for Kids dilengkapi dengan gambar ilustrasi lucu yang akan tergeser otomatis ketika mouse digerakkan. Misalkan ketika memperkenalkan tentang Monas, maka gambar ilustrasi Monas akan ditampilkan dengan pelengkap obyek-obyek lucu seperti rusa, kelinci, dsb.

 

WinPoin Advice

Hanya 1 Kota: Jakarta

Indonesia terdiri dari 34 propinsi, ribuan pulau, dan juga ribuan kota, tetapi sayangnya hanya Jakarta yang saat ini dibahas di aplikasi ini. Jika saja aplikasi ini memiliki materi pembelajaran yang lengkap maka pasti akan jauh lebih baik dan populer. Untuk awal setidaknya ada pengenalan terhadap kota-kota besar lain di Indonesia seperti Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Aceh, dan kota besar lainnya sebagainya.

Peta dengan titik-titik kota

Ketika materi pembelajaran di aplikasi ini sudah semakin banyak, WinPoin membayangkan akan sangat bagus jika di peta utama aplikasi tersebut tampil peta Indonesia dengan titik-titik di setiap lokasi kota. Ketika titik tersebut di klik lalu akan muncul gambar icon seperti yang ada di gambar icon Jakarta saat ini. Hal ini akan seru dan interaktif, sekaligus membuat anak bisa menghafal letak dan posisi dari kota-kota di Indonesia :D

Tidak Ada Dual Bahasa

WinPoin belum tahu apakah sang developer memang menargetkan pengguna aplikasi ini dari luar negeri saja atau menargetkan juga dari dalam negeri. Tetapi mungkin akan lebih bagus jika aplikasi ini menyediakan fitur dual bahasa, English dan Indonesia. Dengan begitu anak-anak juga bisa fokus dalam mempelajari dan mengenali kota tanpa terbentur dengan kesulitan bahasa.

Lagu Kemerdekaan Indonesia

WinPoin membayangkan betapa kerennya jika audio yang dimasukkan merupakan nada dari lagu kemerdekaan Indonesia. Anak-anak akan semakin larut dalam mempelajari Indonesia dan semakin akrab dengan lagu kebangsaan.

 

Kesimpulan

Dari segi pengguna, aplikasi ini cocok sekali digunakan sebagai media memperkenalkan Indonesia dengan anak-anak. Anak-anak bakal lebih mudah mengerti dan memahami Indonesia dengan cara yang lebih menyenangkan. Sayangnya materi yang ada di dalamnya masih belum lengkap, jadi anak hanya sebatas mengenal Kota Jakarta saja.

Dari segi developer, aplikasi ini punya potensi. Dengan melengkapi Explore ID for Kids dengan data sebanyak mungkin kota di Indonesia, popularitas aplikasi ini bisa meledak. Bahkan pemberian fitur dual bahasa bisa menjadikan aplikasi ini populer baik di kalangan pengguna lokal maupun internasional.

 

Behind the App

Explore ID for Kids dikembangkan oleh Digital Mobile Interactive (Mobile KBS) dengan team developer yang terdiri dari @bontevaga, @bellaisya, dan @keziaverena.

Explore ID for Kids

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.