Kenapa Internet 4G Lebih Boros Kuota Data..??

Kenapa Internet 4G Lebih Boros Kuota Data..??

0

Review Internet: Bolt 4G Ultra LTE - Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb (+Tips)

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di benak beberapa pengguna internet adalah:

  • Apakah benar internet 4G lebih boros kuota data?
  • Dan seandainya benar, kenapa bisa demikian?

Sebagai pengguna beberapa koneksi internet mulai dari Bolt 4G LTE dan Loop, memang paket kuota di internet 4G lebih cepat habis dibandingkan yang lainnya.

Tetapi ini bukan karena internet 4G secara spesifik memerlukan kuota data yang lebih banyak, tetapi lebih karena alasan lain yang berhubungan dengan kecepatannya yang lebih tinggi.

 

Kualitas Video Lebih Baik

Kenapa Internet 4G Lebih Boros Kuota Data..??

Ketika menggunakan koneksi internet berkecepatan biasa, maka situs video seperti YouTube misalnya, akan secara otomatis menampilkan versi video dengan kualitas yang pas-pasan supaya kamu bisa melihat dengan nyaman tanpa terputus-putus.

Video dengan kualitas pas-pasan tersebut memiliki ukuran file yang lebih kecil, sehingga lebih hemat kuota.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan dan Mematikan Fitur Aero Snap Pada Windows 10

Namun jika kamu menggunakan internet 4G yang kecepatannya lebih tinggi, maka YouTube secara otomatis akan menampilkan video yang kualitas gambarnya lebih tingi, misalnya saja HD ataupun Full HD.

Internet 4G bisa menjalankan video berkualitas tinggi dengan lancar, namun tentu ukuran file video tersebut jauh lebih besar dan menghabiskan lebih banyak kuota data.

 

Transfer Data Lebih Cepat

Kenapa Internet 4G Lebih Boros Kuota Data..??

Tidak jarang kita melihat video hanya sebagian saja lalu menutupnya. Lalu lanjut mencari lagi video lain yang ingin kita cari.

Ketika kamu menggunakan internet berkecepatan biasa, ketika membuka video untuk beberapa saat maka proses buffer belum sampai tuntas. Dan ketika kamu menutupnya, tidak terlalu ada rugi kuota disana.

Namun ketika kamu menggunakan internet 4G berkecepatan tinggi, ketika membuka video untuk beberapa saat saja, proses buffer bakal langsung selesai. Semua durasi video sudah ter-load dengan sempurna, meskipun akhirnya kamu menonton sebagian saja dan menutup sisanya.

Baca juga:  Forza Motorsport 6: Apex (Beta) Akan Dirilis 5 Mei Mendatang

Disini kuota data yang kamu habiskan bakal lebih banyak juga.

 

Browsing Lebih Cepat & Lancar

Internet 4G yang memiliki kecepatan lebih tinggi membuat proses browsing jadi lebih cepat & lancar. Hasilnya tanpa terasa kamu jadi cenderung mengkonsumsi lebih banyak konten.

Kamu browsing, scroll, swipe, dan membuka berbagai konten dengan lebih cepat. Kamu tidak perlu lagi menunggu waktu loading yang lama.

Dalam 1 jam menggunakan internet 4G, kamu bakal punya kecenderungan untuk mengkonsumsi lebih banyak konten dibandingkan saat menggunakan koneksi internet yang lebih lambat.

Dan tentu mengkonsumsi lebih banyak konten bakal memerlukan lebih banyak kuota data.

 

Kesimpulan

Kombinasi dari ketiga hal diatas membuat pemakaian internet 4G cenderung lebih boros kuota dibandingkan koneksi lain yang memiliki kecepatan lebih lambat.

Baca juga:  Beberapa Tools Gratis yang Dapat Kamu Gunakan Untuk Memblokir Upgrade ke Windows 10

Ini bukan karena teknologi 4G yang memang lebih boros kuota, tetapi lebih kepada kenyamanan dan kecepatan yang ditawarkan mendorong pengguna untuk cenderung menghabiskan lebih banyak kuota.

Tetapi tentu semua tergantung juga dari kebiasaan berinternet masing-masing pengguna. Jika kamu merupakan pengguna internet 4G yang sering browsing dan nonton video di YouTube, maka perbedaan borosnya kuota bakal semakin terlihat jelas.

Sebaliknya jika kamu hanya menggunakan internet untuk aktivitas chatting, email, atau browsing konten non-video, perbedaan borosnya kuota ini tidak begitu jelas terlihat.

Apakah kamu juga pengguna internet 4G..? Bagikan experience dan kisah kamu disini.

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.