Kenapa Kamu Tidak Dapat Memindah Folder Program di Folder System Baru?

Kenapa Kamu Tidak Dapat Memindah Folder Program di Folder System Baru?

0

Kenapa Kamu Tidak Dapat Memindah Folder Program di Folder System Baru?

Apakah kamu pernah bertanya-tanya, kenapa harus menginstall ulang semua software ketika menginstall ulang sistem operasi yang kamu gunakan? Kenapa tidak mengcopy semua folder program dan di paste di folder program pada sistem operasi yang baru saja di install? Seperti halnya di Windows, ada folder dimana khusus menyimpan semua software yang terinstall yaitu Program Files. Kenapa kita tidak bisa mengcopy folder tersebut dan memindahkannya di sistem operasi baru?

Beberapa program, khususnya game, memungkinkan kamu untuk melakukan copy dari folder mereka dan menjalankan program tersebut. Program lain yang khusus dirancang untuk bisa digunakan di folder mana saja disebut juga sebagai portable apps. Kali ini WinPoin akan membahas, kenapa kita tidak bisa memindahkan folder program dan menjalankannya di folder system baru?

 

Kenapa Ada Program yang Harus Diinstall?

Ketika kamu menginstall program di Windows, akan muncul folder dimana kamu akan menyimpan installasi program tersebut yang secara umum diinstall di Program Files. Sebagai contoh, software Mozilla Firefox terinstall di C:\Program Files\Mozilla Firefox.

Kemudian kamu berpikir, kenapa tidak langsung mengcopy C:\Program Files\Mozilla Firefox dan menjalankannya di sistem operasi baru? Metode ini tidak semudah yang kamu kira, berikut penjelasan kenapa kamu tidak bisa melakukan hal tersebut.

 

Pengaturan Registry – Kebanyakan pengaturan program di simpan di Windows registry. Pengaturan program tersebut di berbagai key pada registry, misalkan saja registry lain menyimpan pengaturan program, yang lain menyimpan konteks menu dan yang lain menyimpan pengaturan default. Jika salah satu registry tidak ada maka program tidak dapat berjalan dan memunculkan error.

Folder Lain Program – Beberapa program ketika diinstall, bagian program tersebut juga akan berada di folder lain selain Program Files. Tentunya program tersebut membutuhkan bagiannya di folder tersebut, sekarang jika kamu hanya mengcopy program dari Program Files tanpa mengcopy folder lainnya dari program tersebut, maka program tidak dapat berjalan.

Windows System File – Beberapa program memiliki file DLL dan file lainnya yang berada di Windows system dan tidak dapat berjalan jika file tersebut tidak ada.

System Service – Kebanyakan program juga menginstall Windows service yang mereka butuhkan.

Hardware Lock – Ada beberapa program yang menggunakan DRM yang mengikat program dengan komputer spesifik.

Data Folder User – Program modern sekarang tidak menyimpan data mereka di folder installasi, tetapi berada di folder masing-masing user, bahkan ia juga tidak menyimpannya dalam registry. Jika folder ini tidak juga di copy bersamaan dengan folder installasi, mungkin program tidak dapat berjalan karena pengaturan dan data program tidak ada.

Kenapa Kamu Tidak Dapat Memindah Folder Program di Folder System Baru?

 

Kesimpulannya, program menyimpan data-data mereka terpecah dari folder installasi, pengaturan registry, program file, system file, data folder user. Akan sangat sulit untuk menemukan data-data dari masing-masing program untuk di pindah ke sistem operasi baru.

 

 

Jadi Apakah Bisa Program Dipindahkan?

Seperti yang WinPoin jelaskan diatas, hanya ada beberapa program yang dapat di pindahkan dari sistem operasi lama ke sistem operasi baru. Program yang tidak ditulis pada registry, tidak menyimpan datanya di folder lain dan berjalan dengan file .exe tanpa membutuhkan installasi. Berikut contoh program yang dapat dipindahkan tanpa harus memindahkan data mereka.

Game – Banyak Game PC berukuran sangat besar dan membutuhkan bergiga-giga ruang hardisk kamu dan jika kamu mendownload akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Jadi banyak developer game membuatnya bisa dipindahkan di komputer lain tanpa menginstall ulang atau mendownload game tersebut. Contohnya saja game yang kamu download dari Valve Steam, yang memperbolehkan kamu untuk copy dan paste ke komputer lain.

Program Portable – Beberapa aplikasi yang disebut sebagai aplikasi portable memungkin kamu untuk membawanya kemana saja dengan USB atau storage online. Kamu hanya perlu mengklik .exe dan menjalankannya tanpa perlu melakukan proses installasi.

Kenapa Kamu Tidak Dapat Memindah Folder Program di Folder System Baru?

 

 

Bagaimana Cara Cepat Menginstall Ulang Program?

Setelah kamu melakukan install ulang komputer, mungkin kamu akan bertanya-tanya bagaimana cara cepat menginstall ulang kembali program-program yang kamu butuhkan. Kamu bisa memanfaatkan software Ninite, software ini dapat mendownload dan menginstall beberapa software sekaligus.

Kenapa Kamu Tidak Dapat Memindah Folder Program di Folder System Baru?

 

Kesimpulan

Jadi sekarang kamu sudah tahukan kenapa memindahkan program yang sudah diinstall tidak semudah yang kamu bayangkan? Jika kamu tidak ingin repot-repot menginstall ulang software-software, gunakan saja software portable. Atau kamu juga bisa menggunakan bantuan software untuk menginstall semua software sekaligus.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.