Kenapa Komputer Lambat Ketika Dihidupkan Dengan Mode Hibernate?

Kenapa Komputer Lambat Ketika Dihidupkan Dengan Mode Hibernate?

0

Kenapa Komputer Lambat Ketika Dihidupkan Dengan Mode Hibernate?

Ketika kamu ingin meninggalkan pekerjaan kamu padahal masih banyak window yang terbuka, biasanya kamu akan melakukan hibernate supaya window yang kamu buka tidak perlu ditutup. Memang hal ini sangat praktis, membuat kamu bisa kembali bekerja dengan cepat setelah meninggalkan komputer. Tetapi apakah kamu pernah bertanya-tanya, kenapa setelah komputer dimatikan dengan mode hibernate akan menjadi lambat ketika dihidupkan? Kali ini WinPoin akan menjelaskan, bagaimana bisa komputer menjadi lambat ketika dihidupkan dengan mode Hibernate. Saat kamu melakukan Hibernate, semua proses yang kamu lakukan dari RAM akan dipindah ke disk, dan ketika komputer dihidupkan maka proses akan dikembalikan ke RAM lagi.

Hal yang menyebabkan komputer menjadi lambat ketika dihidupkan dari mode hibernate adalah, I/O (Input/Output) disk. Membaca dan Menulis di physical disk lebih lambat dibandingan dengan RAM. Ketika komputer kamu dihidupkan dari hibernasi (physical disk), komponennya juga tidak mendukung komputer kamu untuk hidup dengan cepat. Beda halnya dengan SSD yang memiliki kemampuan sama dengan RAM. Jika kamu menggunakan komputer yang berisi SSD bukan physical disk, maka saat komputer dihidupkan dari proses hibernasi akan berjalan jauh lebih cepat. Tetapi kemampuannya tidak sama dengan komputer yang dinyalakan saat di shut down. Beberapa komputer membiarkan kamu untuk menggerakan mouse sebelum RAM diisi kembali dengan proses, ini membuat respon dari komputer kamu menjadi lambat.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.