Kenapa Komputer Memiliki Proses Booting?

Kenapa Komputer Memiliki Proses Booting?

2

Kenapa Komputer Memiliki Proses Booting?

Perkembangan teknologi sangat cepat, perjalanan dari pentium hingga core i, floppy disk ke cloud dan smartphone ke tablet sangatlah panjang. Tetapi tidakkah terpikirkan oleh kamu, kenapa sistem operasi membutuhkan booting sebelum benar-benar bisa digunakan? Kenapa komputer tidak booting dengan cepat dan bisa langsung digunakan? Berikut ini WinPoin akan membahas semua pertanyaan itu.

Ketika seseorang mematikan komputer mereka dengan Hibernate dan Sleep, komputer mereka dapat hidup dengan cepat. Kenapa teknologi sekarang tidak mengadopsi metode boot seperti saat hibernate dan sleep? Jika kamu seseorang yang ingin mendapatkan booting secara cepat dan instan, tidakkah kamu merasakan booting komputer jaman dulu dan sekarang sangat jauh berbeda? Seiringnya berjalan waktu booting komputer akan semakin cepat contohnya saja sekarang Windows 8 dan Windows 8.1.

Sekarang pertanyaannya kenapa komputer tidak booting secara instant? Komputer adalah state machine, stat machine adalah sebuah device yang memiliki kondisi tertentu dalam waktu tertentu. Ia dapat memproses input dan menghasilkan kondisi tertentu untuk kondisi lain atau langsung menghasilkan output. Ketika komputer hidup, ia harus memproses jutaan kondisi yang membutuhkan waktu panjang. Ketika saat inilah komputer dinamakan booting. Semua membutuhkan proses, tapi dengan seiringnya waktu maka booting komputer juga akan semakin cepat.

Apa kamu punya pendapat lain? Silakan isikan komentar dibawah ini jika ada.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • pcku212

    Ya Iyalah!.Dimana2 Komputer Itu Ada Proses Booting!:v

  • Nurcahya

    mungkin kalo gk mau ada proses bootingnya sama sekali Disk Drive nya harus pake SSD yang kecepatannya 100x dari kecepatan SSD tercepat zaman ini :v