Kenapa Orang-Orang Browsing Menggunakan Proxy?

Kenapa Orang-Orang Browsing Menggunakan Proxy?

0

Kenapa Orang-Orang Browsing Menggunakan Proxy?

Buat kamu yang sering browsing dan banyak mendengar kata proxy, mungkin secara singkat kamu dapat menyimpulkan kalau dengan proxy kamu dapat browsing ke semua situs termasuk situs-situs yang telah diblokir negara setempat ataupun layanan provider. Tetapi apakah menggunakan proxy itu aman? Bagaimana dengan cookie dari situs yang dibuka dengan proxy, apakah masih tetap disimpan dibrowser? Dan apa keuntungan menggunakan proxy?

Kali ini WinPoin akan membahas seluk-beluk tentang proxy yang akan menjawab semua pertanyaan tadi.

Apa itu Proxy?

Proxy atau Server Proxy pada dasarnya adalah sebuah sistem komputer atau aplikasi yang diinstall di komputer yang dijadikan sebagai hub atau perantara ke internet. Dengan kata lain, komputer kamu sebelum menuju ke internet maka akan terhubung dengan proxy terlebih dahulu. Inilah mengapa kamu bisa membuka situs-situs yang diblokir atau tidak boleh dibuka. Proxy akan melakukan prosses request dari komputer kamu ke internet.

Kenapa Menggunakan Proxy?

Karena komputer mengakses proxy terlebih dahulu maka komputer kamu akan terfilter. Dengan kata lain kamu akan terdeteksi sebagai anonymous, karena IP komputer asli tidak digunakan melainkan IP server proxy yang digunakan. Ketika kamu menggunakan proxy maka kamu juga akan mendapatkan privacy ketika browsing di internet. Cookie akan disimpan di komputer kamu tetapi tidak semuanya. Ada keuntungan lain yang bisa didapatkan dari proxy diantaranya; dapat menghemat bandwidth, dapat memberikan cache sehingga mempercepat load halaman, dapat menghilangkan iklan dan dapat memblokir malicious website. Kesimpulannya menggunakan proxy sangat aman bagi komputer.

Free Proxy vs Subscribe Proxy

Ada banyak layanan proxy yang bisa kamu gunakan tetapi manakah yang harus kamu pilih? Kamu bisa mencari layanan proxy dengan mengetikan “Proxy List” pada search engine. Ada layanan proxy gratis dan juga proxy berbayar. Biasanya Proxy berbayar lebih aman dan lebih cepat.

Kelemahan Menggunakan Free Proxy

Kelemahan menggunakan proxy ada bermacam-macam tergantung kamu menggunakan proxy berbayar atau proxy gratisan. Jika kamu menggunakan proxy gratisan biasanya orang yang membuat server proxy ini hanya tertuju dengan uang. Proxy gratis biasanya akan memperlambat koneksi internet dan menampilkan banyak iklan. Akan lebih berbahaya lagi jika layanan proxy tersebut dijalankan oleh hacker, ia akan dapat dengan mudah mendapatkan data-data yang ada di komputer orang yang menggunakan layanannya. Selain itu biasanya proxy hanya bisa digunakan untuk browsing saja.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!