Komunitas Linux Menggugat Microsoft Karena Terlalu “Kejam”

Komunitas Linux Menggugat Microsoft Karena Terlalu “Kejam”

0

Komunitas Linux Menggugat Microsoft Karena Terlalu "Kejam"

Sekitar 8.000 member Hispalinux, yang mewakili pengguna dan developer Linux di Spanyol melayangkan protes kepada Microsoft melalui European Commission karena menganggap Microsoft terlalu “kejam”. Microsoft dianggap terlalu mempersulit pengguna komputer untuk beralih ke platform Linux atau sistem operasi lainnya.

Komplain ini dilayangkan oleh pengacara dan ketua Hispalinux, Jose Maria Lancho, ke kantor European Commission di Madrid jam 9 pagi waktu setempat. Di laporannya yang berisi 14 lembar itu, Hispalinux mengatakan bahwa Windows 8 memiliki “mekanisme yang mengganggu” yaitu UEFI Secure Boot, yang mengatur proses start up komputer dan membuat pengguna harus mencari platform key untuk menginstall sistem operasi lainnya. Komunitas ini menganggap bahwa fitur tersebut merupakan penjara bagi sistem booting komputer.

“Ini sangatlah anti kompetitif. Ini sangat buruk bagi pengguna dan bagi industri software di Eropa.”

UEFI Secure Boot sendiri sebenarnya merupakan protokol keamanan yang ditujukan untuk membuat komputer semakin aman dengan cara mencegah komputer nge-load driver atau OS yang tidak memiliki digital signature atau platform key. Hal ini dirasa penting karena bisa mencegah adanya malware, rootkit, atau sistem tertentu yang berbahaya dibooting oleh komputer.

Komunitas Linux Menggugat Microsoft Karena Terlalu "Kejam"

Beberapa sistem operasi, termasuk Windows 8, Windows Server, dan beberapa distro Linux sebenarnya sudah mendukung UEFI Secure Boot ini. Tetapi memang untuk OS dan distro Linux lain yang tidak memiliki digital signature atau platform key menjadi tidak bisa diinstall di komputer yang memiliki UEFI Secure Boot enable.

via Reuters

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.