5 Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade

5 Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade

0

Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade

Apakah kamu pernah merasakan komputer kamu mulai lambat setelah bertahun-tahun digunakan? Tentu masalah ini bukan dikarenakan hardware yang sudah lama saja, tetapi juga karena software-software yang kamu gunakan. Walaupun kamu bisa mengupgrade hardware, seperti RAM, CPU atau VGA, tapi itu akan membutuhkan biaya dan kamu akan mengulangi rasa yang sama yaitu komputer lemot suatu saat nanti.

Sebelum kamu benar-benar membutuhkan upgrade hardware, terlebih dahulu yang harus kamu perhatikan saat komputer lemot adalah beban yang ditimpakan oleh komputer, misalkan saja software-softwre yang sedang berjalan atau berjalan secara background. Kalau ada software yang membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, nah baru kamu bisa tuh upgrade. Berikut ini WinPoin berikan tips beberapa langkah untuk mempercepat komputer tanpa upgrade.

 

Lihat Processes yang Mencolok

Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade

Pengguna Windows pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Task Manager, dengan menggunakan aplikasi bawaan ini kamu dapat melihat berbagai proses aplikasi yang kamu gunakan, baik secara foreground dan background. Untuk menemukan processes aplikasi yang mencolok, klik tab Processes dan pada header kolom CPU. Task Manager akan menampilkan aplikasi yang banyak mengambil resource memori di bagian teratas. Setelah itu kamu hanya perlu menutup aplikasi tersebut dengan cara mengklik aplikasi itu dan klik tombol End Process.

 

Bersihkan Aplikasi Startup

Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade

Saat Windows boot, secara otomatis ada aplikasi yang berjalan. Beberapa diantaranya ada yang besar dan ada yang kecil, tentu saja yang besar akan mengambil banyak resource memori dan membuat komputer kamu lemot. Bila komputer kamu dulunya cepat dan sekarang lemot, sepertinya kamu harus memeriksa Startup. Untuk dapat memeriksa Startup, cukup buka Windows Run (Win+R) dan ketikkan msconfig (untuk Windows XP, Vista dan 7). Jika kamu menggunakan Windows 8, kamu dapat melihat Startup pada tab Task Manager. Jika ada banyak aplikasi yang tidak kamu kenal disana, disable masing-masing aplikasi tersebut.

 

Adakah Malware?

Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade

Malware ada berbagai jenis, ada yang berbahaya dan juga yang tidak (seperti adware). Jarang sekali ada malware yang membuat komputer kamu lemot, tetapi untuk lebih amannya kamu harus mengantisipasinya dengan memeriksa komputer kamu terinfeksi atau tidak.

 

Kurangi Multitasking

Langkah Mudah Mempercepat Komputer Tanpa Upgrade

Jika kamu masih menggunakan laptop atau komputer dengan spesifikasi lama tetapi di dalamnya menggunakan software yang modern, itu akan membuat laptop atau komputer kamu tercekik. Terutama jika kamu menjalankan software-software tersebut dengan multitasking disaat bersamaan. Sebaiknya kamu mengurangi kegiatan ini agar menjaga komputer kamu tidak lemot.

 

Matikan Beberapa Visual Effect Windows

Dengan mematikan beberapa efek pada Windows, kamu akan membuat performanya berjalan lebih lancar. Hal ini bisa kamu lihat pada Windows 7, jika kamu tidak menggunakan Aero pada Windows 7 maka ia akan berjalan lebih cepat.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.