Lumia Denim, Apa Saja yang Akan Kamu Dapatkan dan Kapan

Lumia Denim, Apa Saja yang Akan Kamu Dapatkan dan Kapan

1

Lumia Denim

 

Microsoft telah mengumumkan bahwa update firmware untuk Windows Phone berikutnya diberi kode Lumia Denim. Dalam acara IFA 2014 di Berlin, Jerman, Microsoft dengan bangga mengumumkan bahwa update terbaru Windows Phone ini akan memberikan sebuah pengalaman yang baru kepada para penggunanya. Karena waktu bergulirnya Lumia Denim yang semakin dekat, WinPoin kali ini meringkas pengalaman pengguna apa saja yang ditawarkan Microsoft melalui Lumia Denim ini sebagai reminder.

 

1. Hey Cortana

Microsoft menawarkan pengalaman baru dalam menggunakan Cortana dengan memanfaatkan teknologi SensorCore yang dibenamkan pada perangkat terbaru Lumia, yaitu apa yang disebut “passive cortana”. Yang dimaksudkan di sini adalah Cortana dapat dibuat ‘membangunkan’ layar dalam kondisi stand-by, cukup dengan berkata “Hey Cortana”.

Pemanfaatannya, cukup dengan meletakkan ponsel di meja, kamu bisa memanggil dan menyuruh-nyuruh Cortana menjalankan perintah untuk ponsel tanpa perlu menyentuhnya.

Sayangnya dari kabar yang beredar, fungsi ini hanya diperuntukkan untuk ponsel yang menggunakan Snapdragon 800 ke atas. Dalam artian bahwa hanya Lumia 1520, Lumia 930 dan mungkin HTC One for Windows Phone yang akan mendapatkannya.

 

2. Lumia Camera

Lumia Camera akan menggantikan Nokia Camera sebagai aplikasi default di Nokia Lumia. Pembaruannya juga dirancang untuk memberikan pengalaman membuka kamera yang lebih cepat dan intuitif dibandingkan sebelumnya.

Karena ‘berkurangnya slot pilihan kamera’ (akibat ditiadakannya Microsoft Camera), pengguna ProShot juga mungkin berharap-harap cemas bahwa petisi yang mereka kirimkan akan disetujui Microsoft dengan memasukkan ProShot sebagai salah satu aplikasi default kamera yang dapat keluar bila kita menekan tombol kamera.

 

3. Pemrosesan Gambar

Dengan sistem pemrosesan gambar yang baru, Microsoft menjanjikan foto yang lebih jernih, lebih sedikit grain meskipun dalam kondisi kurang cahaya. Penggemar fotografi Lumia pasti menantikan hal ini meskipun pada dasarnya Lumia memiliki superioritas dalam fotografi dengan cahaya rendah dibandingkan dengan merek ponsel lain pada umumnya.

 

4. Moment Capture

Moment Capture adalah tawaran fitur baru dari Microsoft, di mana dengan menekan tombol kamera agak lama, maka nantinya kita akan dapat merekam video berkualitas 4k (di atas kualitas 1080p/HD yang umumnya dimiliki lini Lumia). Bahkan lebih hebat lagi, dari video ini kita juga bisa menyimpan gambar yang dirasa menarik. Tentu saja ini merupakan opsi yang menarik untuk menangkap momen momen penting dalam kehidupan.

 

5.  Rich Capture

Salah satu kelemahan Lumia saat ini bila dibandingkan ponsel high end lain dari Apple, HTC, Samsung, dan Sony, adalah fitur HDR dan Panorama. Microsoft telah mengatasi permasalahan ini pada update Denim sehingga kita bisa mengambil gambar dengan fitur Auto HDR. Ini bahkan memungkinkan untuk kondisi kurang cahaya karena adanya dukungan Dynamic Flash.

Yang dimaksud dengan Dynamic Flash adalah, kamera akan mengambil dua gambar secara hampir simultan. Satu dengan menggunakan Flash, dan satunya tidak, sehingga memungkinkan kita memilih gambar mana yang terbaik, juga seberapa besar intensitas flash yang digunakan.

 

6. Glance

Untuk Glance mungkin sudah mulai kita rasakan, di mana teknologi layar Glance memungkinkan Lumia menampilkan pembaruan cuaca. Nantinya akan lebih banyak lagi notifikasi yang dapat ditampilkan di Glance. Oleh karena itu, kemampuan ClearBlack display akan lebih optimal dengan update Lumia Denim ini.

 

Kabar gembiranya, Update Lumia Denim akan mulai dibagikan pada kuartal keempat tahun 2014. Itu berarti kita sudah bisa mulai berharap di bulan Oktober ini. Kabar terakhir menyatakan bahwa Update Lumia Denim sudah masuk tahap pengujian dan persetujuan, sehingga tak lama lagi mungkin kita akan mendapatkannya!

 

 

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Agustian Rosul

    ngiler deh, kalo lumia yg low-end kayaknya gak se-WOW itu.. :’)