Masa Depan Garansi Perangkat Lumia Pasca Akuisisi Microsoft

Masa Depan Garansi Perangkat Lumia Pasca Akuisisi Microsoft

20

NCC

Beberapa hari yang lalu saya mengunjungi Nokia Care Center karena Nokia Lumia 820 saya mengalami kerusakan LCD setelah jatuh secara spektakuler dengan ‘wajah’ menghadap ke bawah. Alangkah terkejutnya saya ternyata perangkat kesayangan ini tidak dapat lagi diservis di Nokia Care Center Malang. Mbak resepsionis yang manis menyatakan bahwa untuk perangkat Lumia, perbaikannya diserahkan pada unit khusus Microsoft di Surabaya, dan saya harus datang sendiri ke Surabaya karena Nokia Care Center ‘tidak lagi menangani’ perangkat Lumia. Tentu saja ini menjadikan saya cukup syok karena salah satu alasan saya ketika pertama kali menggunakan Lumia adalah nama besar Nokia dan layanan purna jualnya sangat terjamin dan tepercaya.

Sebenarnya isu ini telah lama menjadi bahasan panas di antara pengguna Lumia. Ketika Microsoft mengakuisisi Nokia, banyak user yang merasa khawatir akan masa depan perangkatnya. Nokia Care Center sudah hampir menjadi urban legend karena kemudahannya mengurus garansi dan perbaikan bagi handset Nokia, dan ini tentu saja menimbulkan rasa aman. Sementara itu Microsoft tentu saja belum jelas kemampuannya dalam menangani berbagai klaim dari pengguna untuk perangkatnya. Fakta bahwa saya harus melangkah ke kota lain untuk mendapatkan servis resmi saja sudah cukup mengkhawatirkan. Jaringan mereka tentu belum luas dan hingga saat ini hanya Tuhan yang tahu kualitas seperti apa yang bakal mereka tawarkan dalam memberikan pelayanan.

Meskipun sebelumnya mereka berjanji akan memanfaatkan jaringan luas Nokia dalam memberikan layanan, nyatanya ini sekedar lip service, terbukti bahwa Microsoft kemudian merintis Pusat Layanan miliknya sendiri. Tanggal 8 Desember 2014, raksasa software ini membuka Microsoft Devices Care di Singapura. Untuk yang di Indonesia, saya telah mencari kabar, namun nampaknya belum dibuka secara resmi dan Microsoft sepertinya melakukannya secara ‘gerilya’ alias diam-diam mengelola layanan perbaikan, namun belum menyeluruh.

Isu ini ‘dibumbui’ dengan perangkat Microsoft, Lumia 535, yang menuai protes massal akan kualitasnya. Spek tinggi perangkat yang pertama kali mengenakan cap Microsoft ini seakan tak berarti diterpa permasalahan touch (dan beberapa permasalahan lainnya) yang melanda pengguna di seluruh dunia. Saya pribadi makin was-was jika perangkat ‘murni’ Microsoft saja terlihat meragukan, bagaimana mereka dapat menggantikan Nokia memberikan layanan lainnya?

Untuk menggantikan Nokia, Microsoft perlu:

1. Membuka Care Center di semua kota Indonesia, minimal di kota besar.

2. Memberikan garansi untuk perangkat Lumia yang dijual, penggantian dan perbaikan gratis dalam jangka waktu yang disepakati dalam perjanjian garansi (umumnya enam bulan).

3. Memberikan support penuh suku cadang untuk semua perangkat Lumia dan melayani segala jenis perbaikan Lumia

4. Menyediakan aksesori resmi untuk perangkat Lumia

Kita semua berharap Microsoft dapat melakukan semua hal tersebut di atas dengan baik, sehingga dongeng ini dapat ditutup dengan kalimat: “…Live happily ever after” untuk semua pengguna Lumia (khususnya di Indonesia).

Kemudian Microsoft akan menjadi legenda!

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Budiです

    waduh suram juga -_- baru mau niat jalan-jalan ke ITC Depok / NIC Depok buat nanya ketersediaan L532

    • Kalau jadi beli review Gan ya. Penasaran juga apakah dia bakal sefenomenal 520 pada zamannya.

  • hprabowo

    NCC jogja nerima claim garansi device lumia ga ya,
    buat jaga2 kalau ada apa2 ._.

    • Iya sebaiknya ditanya dulu. Karena sepertinya sekarang tidak semua NCC menerima service dan garansi untuk Lumia device. Karena kalau lokasinya ntar jauh, kan bisa dijadikan bahan pertimbangan juga.

    • Adii Adjji

      yang nerima cuma yang di amplas gan .. yang satunya udah engga menerima service .. btw, kemarin aku beli 535, mas”nya bilang kalau ada masalah garansinya ke NCC yang di amplas, semoga manfaat

      • hprabowo

        malah deket rumah, wkwk :D
        oke siap, kemaren juga di kasi tau kalo ada apa2 ke NCC amplas aja :3
        thanks ya gan (y)

        • Adii Adjji

          Sama-sama gan (y)

  • Adrian Putra

    nokia emang aneh service centernya. Ane service L520 di Nokia Care Center Summarecon Serpong dan dijanjikan 2 Bulan.. sekarang sdh hampir 3 bulan belum jadi. dan yang bikin kesel, nokia service center di Summarecon nya tutup dan pindah. Hingga sekarang tidak ada kejelasan.. untung cuma Lumia 520..

    • Waduh, nasib perangkatnya gimana Gan?

  • Syarwan Hamid

    Berarti Nokia Care Center akan tutup atau akan di kelola oleh Nokia lagi?

  • C O R T A N A

    Berarti intinya ncc di malang cuma mlyani produk lawas nokia y? Hadeh brrti kalo emng trpaksa servis sparepart kdu ke sby. Jauh amat. Ke malang plaza aj mas wkwkwkw

  • Ojo Nessu

    Ya gni deh klau lgi masa transisi…
    Sbar…

  • Mayza MyZone

    tapi dibeberapa Nokia Care Center masih menerima perbaikan dan garansi dari Lumia,, contohnya di NCC ITC Roxy Mas dan NCC ITC Cempaka Mas di Jakarta,,, kalo di kota lain kurang tahu

  • Derian Indra Pratama

    2 bulan yang lalu saya claim garansi ke Nokia care di bandung, Nokia lumia 925 saya ada masalah di LCD, pas lagi ngobrol sama CS nya, saya iseng nanya gini ” mba, Nokia kan sudah di beli sama Microsoft, apa saya bisa claim garansi buat semua seri lumia termasuk Microsoft lumia disini ?. Si mba CS nya menjawab : Tentu bisa, malahan sekarang tulisan Nokia Care yang terpampang di dalam ruangan NCC sudah di ganti jadi Care saja, nama Nokia nya sudah di hilangkan, itu mengindikasikan kalau Nokia cervice center akan berganti nama. Mungkin jadi Microsoft Care ato apalah itu.
    Jadi kesimpulan nya, kemungkinan, Microsoft ga bakalan membuat kantor baru, tapi hanya merubah nama dari Nokia Care yg sudah ada menjadi Microsoft care mungkin, atau apalah ntar jadinya :)

  • Lee RedBerry

    di tempat saya masih, tp sayang mesti mesan LCD’a sebulan terus perbaikan sebulan juga, kasus saya untuk lumia 730,

    • Lupita Chyntia

      kena berapa?
      saya LCD nya masih fungsi, tapi masalahnya di konektor yang di lcd. kayaknya konslet karena jatuh ke air. harga servicenya separuh harga hape nya :(

  • Ambrizal Suryadinata

    Wkwkwkkw disini malah baru dibangun atau pindahan dari gedung lama ke gedung baru :v.

  • Dejan Dadok Stankovic

    Bukkan seperti itu mas kiky, care di malang beberapa bulan lalu memang ada wacana dari pusat di tutup. Tp saat ini udah menerima perintah utk ttp buka lagi. Care Nokia di jatim yang ditutup cuma di jember

  • iG12 ibubgroup

    ini lumia 535 ku sudah gag bisa di chas, baru 6 bulan. Tambahan info aja, aku baca ttulisan di atas juga lagi cari2 servicenya.

  • Reviewnya sangat bagus, lengkap dan gampang dimengerti, buat para Praktisi IT yang Ingin update-update terbaru dari Produk Microsoft silahkan hubungi website kami di http://www.solusi.com dan http://www.optima-online.com untuk product Antivirus Kaspersky dan AutoDesk,, Kami adalah Gold Partner Microsoft dan Distributor resmi Autodesk dan Kaspersky di Indonesia… Thanks