Mengapa Keamanan Android Lebih Rentan Dibandingkan dengan iOS dan… Windows Phone?

Mengapa Keamanan Android Lebih Rentan Dibandingkan dengan iOS dan… Windows Phone?

189

Android lebih rentan

Berikut ini beberapa “rahasia” yang mungkin sudah familiar di telinga kamu, terutama jika kamu rajin mengikuti perkembangan teknologi: Kebanyakan perangkat Android hampir tidak pernah menerima pembaruan keamanan (dan banyak juga pengguna awam yang tidak pernah menyusahkan diri menekan tombol ‘update’ di bagian setting Android), selain itu juga ada metode sehingga Android dapat dikompromikan lewat pesan MMS. Lebih buruk lagi, dengan banyaknya manufaktur yang melakukan perubahan terhadap OS Android untuk perangkatnya (forked Android), tidak mungkin bagi Google untuk ‘menyelamatkan’ seluruh perangkat Android di dunia dari bug terkait keamanan.

Meskipun saya pernah menyatakan, memang benar ini tidak berarti bahwa seluruh perangkat Android dibanjiri virus, namun tak dapat disangkal lagi bahwa keamanan Android memang jauh lebih buruk dari OS pesaingnya yang lain. Mengapa ini terjadi? Berikut ini Winpoin akan membahasnya.

 

1. Ponsel Android Tidak Dijamin Mendapatkan Update Keamanan (Security Update)

Android lebih rentan

Bukti pernyataan ini tampak pada kasus bug terbaru yang memungkinkan sebuah perangkat Android dikompromikan (diubah kode OS-nya) dengan menggunakan sebuah pesan MMS. Kalau kamu mengikuti kasus tersebut, maka kamu dapat melihat alur Google mengatasi masalah ini. Ketika seseorang menemukan lubang keamanan pada Android, maka Google akan menciptakan patch, lalu menerapkannya pada kode Android Open Source Project (AOSP). Setelah dilihat bahwa upaya ini berhasil, maka Google akan mengirimkan patch ini kepada produsen hardware – Samsung, HTC, LG, Sony, Motorola, Lenovo, Xiaomi, dan lainnya. Titik! Tanggung jawab Google hanya sampai di sini. Kenapa? Karena memang Google tidak memiliki hak untuk mengontrol seluruh perangkat Android, karena ini adalah proyek open source.

Jika manufaktur bersedia menerapkan patch ini, maka mereka harus menerapkannya ke seluruh kode Android milik perangkat dan membuat versi Android baru untuk perangkat tersebut. Ini adalah sebuah proses terpisah untuk setiap jenis perangkat ponsel dan tablet (itulah mengapa beberapa perangkat dinyatakan ‘tidak support’ update terbaru Android sedangkan lainnya support). Di Amerika, prosedur ini lebih ribet lagi karena mereka harus menghubungi operator dan bekerja sama dengan operator untuk bersedia merilis patch tersebut pada Android yang dirilis melaluinya, misalnya: Verizon, AT&T, dan sebagainya. Operator berhak menentukan apakah mereka bersedia melakukan update kepada perangkat ini atau tidak.

Baca juga:  10 Web Paling Aman untuk Download Freeware

Kalau kamu melihat alur tersebut, maka sudah jelas penyebab mengapa begitu sampai di akar rumput, hasilnya hanya beberapa perangkat saja yang menerima patch ini. Kamu bahkan bisa mengucapkan selamat tinggal pada perangkat yang sudah diubah dengan cara diflash ke ROM lain, karena pastilah sedikit di antara geek yang susah payah membuat kode untuk ROM tertentu bersedia dengan rajin memperbarui ROM miliknya dengan kode keamanan terbaru, karena ini makan resource dan biaya pengembangan yang sama dengan sebuah pabrik produsen Android. Tidak semua penghobi yang bersedia menanggung konsekuensi tersebut.

Kebijakan ini tentu saja berbeda dengan Apple dan Microsoft yang memiliki wewenang secara penuh untuk mengirimkan update kepada setiap perangkatnya. Kamu bisa melihat bahwa perangkat Apple yang sudah kedaluwarsa serta perangkat Windows Phone termurah seperti 520 masih rutin menerima pembaruan yang mencakup security updates yang penting ini.

Kesimpulannya: fitur “check for updates” yang dapat kamu akses di perangkat Android tentu saja bergantung kemurahan hati manufaktur (dan pembuat ROM kalau kamu menggunakan ROM selain yang resmi), untuk mendapatkan pembaruan keamanan. Dengan banyaknya versi Android, tidak salah juga bagi Google jika lebih berfokus pada versi terbaru dan ‘sedikit’ mengabaikan Android yang sudah agak lama. Padahal di Indonesia, Jelly Bean masih banyak diadopsi oleh para pengguna Android – bahkan mungkin Gingerbread yang lebih lawas lagi.

Baca juga:  Jutaan Device Android Masih Vulnerable Terhadap Heartbleed

 

2. Izin dan Kontrol Privasi yang Kurang pada Android

Android lebih rentan

Mungkin kamu sering melihat permintaan izin yang janggal ketika menginstal aplikasi dari Google Play Store. Misalnya, sebuah aplikasi foto minta izin mengakses mikrofon perangkat kamu. Pada versi Android terbaru, ini telah diperbaiki sehingga kamu dapat menolak memberikan izin akses sembari tetap menginstal aplikasi tersebut. Namun ini tentu saja memerlukan dua syarat: perangkat sudah harus menggunakan OS Lolipop dan pengguna harus teliti, sadar akan risiko penggunaan aplikasi yang tidak wajar. Faktanya, tidak semua orang telah menggunakan Android 5.0 dan tidak semua orang memahami cara kerja sebuah aplikasi serta teliti dalam menggunakannya.

Belum lagi jika kita menghitung banyaknya pengguna suka menggunakan versi .apk yang sudah dimodifikasi sehingga yang seharusnya berbayar menjadi gratis, atau fasilitas lain (*melirik ke pengguna Android yang hobi gratisan). Tentu saja ketika menginstal aplikasi, tidak banyak yang memperhitungkan bahwa aplikasi ini bisa menjadi sumber kerentanan perangkat, bahkan berpotensi ditunggangi virus atau adware yang sedang ngetop akhir-akhir ini.

Untuk iPhone dan Windows Phone, install aplikasi selalu melibatkan store, sehingga lebih kecil kemungkinan ditunggangi kode berbahaya. Perangkat iPhone juga memiliki pengaturan keamanan khusus yang memungkinkan kamu mengedit izin akses aplikasi ke perangkat. Hal ini juga bakal diterapkan oleh Microsoft pada Windows Mobile 10 yang akan kita nikmati bulan September-Oktober mendatang untuk lebih meningkatkan keamanan dan kenyamanan pemakaian.

Baca juga:  Apakah Kamu Bisa "Hidup" Tanpa PC..?? #Tanya

 

3. Dominasi  = Target Empuk

Android lebih rentan

Seperti halnya dengan fakta Windows mendominasi dunia PC, maka wajar jika pembuat virus dan celah keamanan dengan senang hati mencurahkan konsentrasi untuk mencari cara mengompromikan perangkat tersebut. Di dunia ponsel, tak dapat disangkal bahwa Android mendominasi dengan 80% perangkat smartphone di dunia menggunakan Android. Ini justru merupakan sinyal tanda bahaya bagi mereka yang peduli pada keamanan perangkatnya untuk lebih memperhatikan masalah ini. Minimal pilihlah Android dengan jaminan keamanan paling tinggi, biasanya ini merupakan tipe flagship dengan jaminan mendapatkan update rutin dari manufaktur. Lebih baik lagi jika menggunakan perangkat yang berisi stock Android, yaitu lini Nexus yang terjamin mendapatkan update rutin langsung dari Google.

Untuk pengguna Windows Phone, mungkin saat ini kamu tidak perlu cemas, karena selain belum ditemukan virus spesifik Windows Phone, jumlah pengguna yang kecil menjadikan hacker dan pembuat virus ‘agak malas’ untuk mengembangkan cara mengompromikan perangkat ini.

 

Demikianlah penyebab mengapa Android terkesan memiliki keamanan yang lebih rentan dibandingkan OS yang lain. Ini bukan merupakan masalah yang tidak dapat diperbaiki, namun jelas lebih sulit dibandingkan jika kamu memilih OS lain yang lebih terjamin. Namun untuk membesarkan hati pengguna Android, fleksibelnya OS ini (termasuk dalam hal keamanan juga) merupakan alasan mengapa Android merupakan OS yang lengkap dan mudah untuk menerapkan berbagai fitur tambahan dan bawaan dibanding rekan-rekannya yang lebih tertutup. Punya tips atau pendapat lain? Ungkapkan di kolom komentar!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Agung Dedy

    wah bener juga ya om, kasihan dong hape lokal saya saja punya hape lokal gak pernah ada update sama sekali semenjak beli, yang paling sering update masih asus xioami selebihny entahlah. itu alasan saya pindah ke WP selain gak punya modal beli flagship android juga gak mampun beli iphone walapun itu iphone 4 (masih bagus WP saya hahah)

  • yaya DT

    mau nanya om…
    android kan bisa di root, lau ios atau WP bisa ga…?

    • Maulani

      IOS namanya jailbreak….
      Kalo di WP namanya interop unlock….

      • yaya DT

        ternyata bisa y…
        trus keuntungan interop unlock di WP apa y…
        apa sama dengan dg root di andro (SU)…

        satu lagi gan…
        resiko x apa lau interop unlock di WP…?

        nambah satu lagi ding…
        bisa ga kasih tutorial atau link cara interop unlock di WP…

        TBC…

        • Unlock itu cuma buat developer yang ingin tes aplikasi. Jadi keuntungannya bisa modding aplikasi tertentu, misalnya game jadi punya uang banyak dsb. Kalau bukan developer (yang bayar untuk dapat fitur ini) bisa pakai akun pelajar, tapi aplikasi yang diubah terbatas maksimal 10 aplikasi.

          • yaya DT

            mkasih info ny om kiki…?

            eh one more…
            bisa kasih tau ga link yg bahas msalah sputar Unlock WP…
            TBC…

          • Kurotsuki Kaitou

            Betul. Unlock WP kalo dicari padanannya di Android, sama kayak nyalain USB Debugging di Setingan Android (+ kemampuan instalasi side load). Jadi ga bisa disamain ama rooting Android yang bener-bener mengambil akses terdalam di OS. Jadi walaupun install aplikasi malware via side load, tetep aja paling pentok pencurian data, ga bisa ngerusak OS karena ga punya akses.

          • yaya DT

            WP OS nya hebat y…
            ga bisa di otak atik (custom ROM)

          • Kurotsuki Kaitou

            Ga ada istilah OS hebat. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal pake aja mana yg paling cocok. :3

          • yaya DT

            maksud nya HEBAT ga bisa diotak atik…
            bkan HEBAT secara keseluruhan…

          • Kurotsuki Kaitou

            Ya tergantung juga. Bagi yang demen ngoprek, dianggepnya katrok ga bisa dioprek. Bagi yang demen OS original, hebat karena susah dioprek. :3

          • yaya DT

            Untungnya gw trmsuk orng yg suka OS original, jdi ga salahkan klau gw blang HEBAT…

          • Nurcahya

            WP bisa di otak atik juga kok.
            asalakan agan tau Source Codenya. kalo gk bisa di otak atik ya Microsoftnya sekalipun gk akan bisa ngotak ngatik dong :v

  • yaya DT

    kebanyakan yg ga dpat updetan itu OS androidnya AOSP…
    tapi klau OS nya resmi 1 – 3 tahun dari keluarnya HP tersebut kemungkinan besar dapat…

    • Kurotsuki Kaitou

      OS LG L5 II saya resmi … tapi no update available dari pertama kali beli 2 tahun lalu… T_T

      • yaya DT

        gtu y…
        soal x ni berdsrkan pngalamn sndri…
        HP Xperia Ray sma Xperia L sya dpat update sistem beberapa kali kemudian OS juga…
        tpi sekarang dah ga lagi…

        kmudian HP Tmen sya Samsung Galaxy Ace 3 jga pernah dapat update sistem…

        satu lagi gan…
        HP tmen sya Moto G dapat update sistem sama OS…

        berdasarkan itu sya nulis pernyataan yg di atas…
        ternyata salah…
        maaf deh…

        • Kurotsuki Kaitou

          Seperti yg dibilang di artikel, terserah OEMnya mau ngasih update atau ngga. Sayangnya yg LG ini ditinggalin gitu aja ama yg bikin. Nyesel beli LG yg ini. Sony masih mendingan. Moto apalagi. Dia kan pake stock Android. Paling gampang bikin update-an. :3

  • dedy hermawan

    Kebanyakan pengguna android lebih peduli merek apa yang mereka gunakan daripada apa yang ada didalam ponsel mereka.

    • Kalau di sekitarku peduli spek sih. Zenfone, Lenovo, dan Xiaomi lebih laris daripada Samsung atau HTC yang punya kesan “kelas atas”.

      Mereka yang peduli merek pilihnya iPhone :D

      • dedy hermawan

        Nah ia maksud ane gtu gan..wkwkw

    • Mochammad Reza

      Kebanyakan karena ikut2an,fakta di orang2 sekitar ane (temen2,tetangga,sodara)…dan keajaiban pun muncul,gara2 ane make Lumia,terus selalu ane banding2in sama android mereka,satu persatu pada ganti ke Lumia,katanya android mereka sering error,hahahaha

  • Untung Dwi Prasetyo

    Artikel yang mencerahkan setidaknya bagi saya selaku pengguna Android. Namun soal keamanan perangkat memang kembali lagi kepada cara penggunaaan perangkat tersebut. Asalkan bermain bersih ( download konten, browsing, dll ) dari sumber terpercaya, soal keamanan bukan satu hal yang harus menjadi masalah besar.

    • betul banget, akhirnya semua kembali kepada user nya
      kl usernya jeli, maka keamanan device seringkali bukan menjadi masalah berarti

    • stivay jamaika

      Jelas keamanan menjadi hal yg paling efektif gan , terutama privasi …

  • Dennis Saputra

    Mungkin kalo hapenya cuma buat ngegame, chatting, browsing gk update keamanan mngkin gk begitu berarti, tp bagi yg ponselnya untuk bisnis dan kerja kantor, isinya data2 penting y mgkin perlu. Pendapat saya sih hee

    • Kalo kantor saya mah harus Android sama ios karena apps perusahaan belum ada untuk wp. Moga segera ada

  • Muhammad Raihan

    Hah saya mah gak suka sama ANDROID selama hidup saya nih gapernah pake android cuma pake Nokia aja yang brand

    • Kalo aq malah malah pake Android atau iod karena apps situs favorit q adanya di os itu gak ada di sotore Windows. Akhirnya rencana update lumia 640 xl lte cancel

      • Reza Fahlevy

        pertahankan

    • Reza Fahlevy

      Android lebih laku ketimbang Windows Phone, Nokia , BB aja ud mau bisnis Android, APalagi Asus Sony Samsung LG Acer semua kebanyakan pake vendor Android, Windows Phone apanya ? Keamanan? Laku siapa WP apa Android? hampir drop Windows 10 d gratiskan krna takut ga bisa brsaing dgn Android :3 ANdroid itu open source cuma tergantung pengembang yang mengelolanya contohnya: Samsung mengadopsi Android dengan tampilan dan keamanan Khas Samsung, Sony begitu Oppo begitu, Gak usah deh jelekin android, Nokia dlu jelekin android tapi drop kan!! kalo Nokia dlu terima tawaran ANdroid pasti akan laku keras nggak kyak MIcrosft yang membosankan Kotak Kotak, Pkoknya kalo Android di adobsi oleh vendor masing masing psti akan di tanamkan sesuai vendor itu sendiri, kalo Android sih open source,,,,,

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        open source sih iya.. kalo paten M$ yang dipake Andro nyangkut…? Mau apa..

      • Randhika

        Android Gratis, Open Source. Tapi tetap aja beli Devicenya Bayar juga kan? Masih Rela dikibulin Google Pet? wkwkwk…

        • Reza Fahlevy

          bayar lah kan uda dibelik sama vendor masing masing, gile lu beli hp samsung oppo asus acer gratis krna android gratis? :3 itu kan os nya tapi di kembangkan lagi oleh khas vendor masing masing dan perangkat juga trmasuk harga…..,

  • Gue hanya menunggu yang dinanti-nanti saja :v

    • yaya DT

      gue jga…!

  • Fajar Febry S

    OOT itu bener rilis win phone 10 september?

    Android kalo mau beli mending android one atau nexus, dan satu lg android minimal ram 2gb baru enak makenya

    • Aku patokan ke rilis flagship Lumia sih, karena konon mereka akan langsung Windows 10.

  • yaya DT

    ooo gtu…
    yg nangung penumpang bukan supir x…

  • Farhan Ikbal Haidary

    Keliatannya android lollipop tidak bisa menolak izin deh, saya aja pake asus zenfone 6 lollipop gak ada tuh pengaturan perizinan aplikasi. Itu nanti tersedia untuk android M nanti.

    • Wah, benarkah :(

      Maaf kalau gitu. Aku cross check lagi beritanya…

  • Teman saya beberapa kali minta di install ulang androidnya, padahal dia baru beli, lebih tua windows phone saya dibanding android dia, sementara windows phone saya masih seperti baru. semua tergantung cara user menggunakan smartphone mereka. Lebih jeli memilih perangkat yang akan digunakan, bukan karna alasan banyak aplikasi, tapi juga ketahanan dan keamanan

    • Reza Fahlevy

      mngkin merek cina gan

  • Dante Niro

    Mungkin klx dibuat versi linux full dengan permission file meminta password root lebih aman .

    • Nurcahya

      Sepertinya. Tapi entah mengapa todak dibikin kayak gitu aja, padahal emang lebih bagus jadiin full linux

      • Dante Niro

        Mungkin untuk orang awam ribet banget dibuat kyak gitu,

  • Pandai-pandai sih, kalau diulas satu-satu ke Playstore, ya allooooh naudzubillah apps bangke jga ada bahkan xD

  • didi

    Aku suka android kesan saat pertama pake wp (selain omnia 1 dan 2)… membingungkan font nya lebih besar navigasinya butuh penyesuaian seteleh terbiasa keren juga nih wp … ketika kumpul dgn teman yang mayoritas pengguna android saya jdi pusat perhatian karna hp saya ada tulisan microsoft yg secara tidak langsung menggambarkan kualitas dan kecanggihannya…;D

    • didi

      Sampai saat ini udah 6 org ikut saya pake wp padahal waktu minta rekomendasi hp apa yang bagus saya merekomendasikan android karna hp android banyak yang bagus2 dgn harga murah.. Eh mereka milih wp.. Alasannya karna saya pake WP

      • randy

        eh koq sama gan..
        ane jg udah ngajak temen ane 6org pakai wp salah satunya cew ane..
        meraka ga nyesel malah pgn beli yg lebih tinggi lg persinya..
        bahkan temen ane yg pakai andro ram 2xlipat udah lemot bgt sering eror dan hang..

        • didi

          Kwokwokwo.. Cewe juga diajak… Bagaimana komentar dia tentang path dan bbm di wp?.. Notifikasinya lebih bagus android…

          • Juned Dza Lach

            Hahaha… ane ada cerita nyata yg lebih asem lagi gan..
            ne cerita ttg ane dan teman sekantor ane.. teman dekat karena ane klo ke lapangan pasti ama dia.. Ne cerita via BBM gan..
            Tman Ane: Bro.. Hape lo tipe apaan??
            Ane: Nokia Lumia 730 bro.. Napa??
            Tman Ane: Gpp.. Adek sepupu ane pengen beli hape baru, dia nanya hape apa yg bagus..
            Ane: Oooo…
            Besoknya pas masuk kantor, ada hape baru lagi dicas di atas meja dia..
            (dalam hati) Tah* ternyata dia beli hape baru Nokia L730,dia bilang buat sepupunya.. Gengsi amat mo ngakuinnya..
            Akhirnya jadilah ada 2 orang pengguna OS Windows di kantor ane gan.. Sisanya pengguna android.. 2 dari 14 orang.. Hehee..
            L730 dia warna hitam, punya ane putih gan..
            Nb: Sebelumnya dia pake Bebeh gan..

    • Ane rencana pindah lumia masih pending gan. Nunggu situs favorit sama beberapa situs tempat kerja gak ada apps nya di win store

      Padahal ngebet lumia 640 xl lte. Paling kalo jadi sandingkan sama iphone5

      • didi

        Semoga perkembangan universal apps bisa menjawab harapan kamu Adejie…

    • ad galiih

      Hahaha
      Keren keren keren itu kata temen² ane yg terkena demam WP karena liat uniknya WP ane..
      Awalnya hanya ane pengguna WP d kantor..
      Ehhh blm ada 4 bulan ud nambah jd 4 org..
      Hahaha pahal waktu d tnyain sya jg rekomendasikan ke android..
      Ehhh ga taunya malah beli WP besoknya.
      Waktu saya tanya.
      Gimana pake WP.?..
      Jawabnya sederhana.
      Smartphone tp beda dengan smartphone yg lain.
      Kata mereka sederhana tp elegan..
      Hahaha
      Salam WP

  • Randhika

    Kasihan nanti para Google Pet yang diam2 jadi stalker di WinPoin sini bakal meraung2 di komentar karena “aib”-nya terbongkar :v

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      wkwkwkwk PEDIS…

      • Om Batman

        wkwk, pedih + sadis = pedis

    • Reza Fahlevy

      Android lebih laku ketimbang Windows Phone, Nokia , BB aja ud mau bisnis Android, APalagi Asus Sony Samsung LG Acer semua kebanyakan pake vendor Android, Windows Phone apanya ? Keamanan? Laku siapa WP apa Android? hampir drop Windows 10 d gratiskan krna takut ga bisa brsaing dgn Android :3 ANdroid itu open source cuma tergantung pengembang yang mengelolanya contohnya: Samsung mengadopsi Android dengan tampilan dan keamanan Khas Samsung, Sony begitu Oppo begitu, Gak usah deh jelekin android, Nokia dlu jelekin android tapi drop kan!! kalo Nokia dlu terima tawaran ANdroid pasti akan laku keras nggak kyak MIcrosft yang membosankan Kotak Kotak, Pkoknya kalo Android di adobsi oleh vendor masing masing psti akan di tanamkan sesuai vendor itu sendiri, kalo Android sih open source…

      • Randy surya

        yaa betul ubin kotak kotak :( bahkan org sana juga suka buat joke windows phone di lap kaya lantai ubin kotak kotak wkwk

        • Mochammad Reza

          Rumah kalo pake ubin adem gan,daripada pake peluran panas,hihihi

          • Achmad Riduwan

            Apalagi klo pas mati listrik malem hari , tiduran di lantai keramik , adem rasanya :v

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          sekalian rumah ente dan isinya juga,,, yak.. ente ledekin.. lagipula HH Andro ente juga kotak… apalagi baterainya.. sudah pasti kotak…

          • Reza Fahlevy

            Kotak kotak yang membosankan utk Smartphone, bagusan natural aja!!

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            Bodo amat buat gw.. , yang penting ANTI-MAINSTREAM dan GAK IKUT IKUTAN ….
            Masih mau?

          • Bill Jobs

            Vote buat trapesium aja. Gak mainstream….

        • Bill Jobs

          Yang penting, tungguin Windows 10.

          Hahahahahaha…

          • Randy surya

            ngelawak tong ? W10 bukan WM 10

          • Bill Jobs

            Ngelawak tong? Sejak kapan ada WM10?

            MAKAN INDOMIE DULU GIH BIAR OTAK ENCER…

            Jangan BANCI, akun gak bisa dilacak postnya!

          • Randy surya

            Aduuh lucu banget deh user wp 1 ini

            (۳˚Д˚)۳ makanya liat berita jgn di winpoin doang

            “Jangan BANCI, akun gak bisa dilacak postnya!”

            lah lo sendiri pake akun palsu mz

            dari cara ngebalesnya udah keliatan user wp gimana (‘́⌣’̀ )

            oh mungkin lu anak yimyam may may (‘́⌣’̀ )

          • Bill Jobs

            Emang gue pake WP aja?
            Gue pake Penjilat P*ntat lo juga :v

            Gue pake Andro udh lama, emang gue FANATIK kaya lo? Randy Sugila!

            ANAK BAU KENCUR AJA UDAH BELAGU!

            Udah lah, makan aja tuh Indomie… Laper lo tong! Salah nulis lagi!
            Sambil nunggu Windows 10 yang lo tungguin!

            https://uploads.disquscdn.com/images/c8c0960ef6c5672629999758a486d719f17aa0daebe68e67d05f5e292494c41f.jpg

            ———————-

            Alahhh!!!! PAKE NGOMONG CUMA BACA DI WINPOIN DOANG! GUE UDAH KEMANA2. GSM ARENA, THE VERGE, TECHRADAR, MASHABLE, PHONE ARENA

            APA????

            LO CUMA KOMEN DI WINPOIN DOANG!

            PAKE ANDROID GAK USAH BELAGU. UDAH KAYAK SUPERHERO AJA…
            ANDRO DAN WP GUE BUKAN SUPERHERO… GUE BELI YANG PALING MAHAL JUGA BUKAN SUPERHERO…

          • Randy surya

            gaada yg salah nulis. udah jelas beda

            coba tes iq deh berapa hasilnya atau mungkin di bawah 100

            kalo misalnya gw salah pun gw bakal di hujat di ss tadi tapi apa ? gaada kan. cuma lo doang

            kenapa gaada yg bela lu ? karna mereka malu wkwkwk (‘́⌣’̀ )

          • Bill Jobs

            Hahahaha… Kabel mana Kabel?
            Gue panggil Telkom dulu, ada yang putus nih jadi gak nyambung…

            APA HUBUNGANNYA SAMA IQ…

            Udah lah, JANGAN MENGALIHKAN ISU AJA KAYAK PEMERINTAH!

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        “adobsi” bos.. gak lulus SD kah.. sampe ngetik seperti itu? yang bener Adopsi.. !

        lagi pula.. Sebanyak-banyak juga make Andro baru ngebenci MS.. eh paten Microsoft yang dipake juga.. TOLOL kan

        • Reza Fahlevy

          Lol apaan ? :v Nokia liat bray, Bangkrut kali ga pake android, Windows Phone hmpir bangkrut makanya WIndows 10 digratiskan, Salah dkit pun kan kita sesama manusia bukan mesin jadi paham lah, ente bahlul skali lah, Android di kembangkan lagi oleh merek merek trntu jadi sesuai mrek trsebut , paham bahlul?

          • Nurcahya

            Lu bilang lu salah dikit? Jelas jelas lu kaga tau apa apa :v kaga bisa nganalisa lu. yg ente kira bagus belum tentu bakal bagus :p Selain itu ente kayaknya benci banget MS tapi PC masih pake Windows :v bajakan pula :v

          • Reza Fahlevy

            Idiiih gak ya gan :3 ane sih klo PC dan Tablet recomended MC (y) kalo urusan Smartphone mungkin Android lebi cocok . Uda generasi Android masi aja mempersalahkan keadaan. Semua trgantung user tp ingat Android mendukung selalu pengembang di xda-developer saya hrap Microsoft mendukung juga pengembang tp ntah lah pengguna WIndows Phone sok hebat jd nya ga bisa terima kenyataan :v

          • Reza Fahlevy

            pkoknya intinya kalo urusan yg dipermasalahkan ialah tentang smartphone bukan PC :3 Windows vs Mac OS siapa menang? Windows sering di anggap lemah utk XP 7 dan 8 dan Mac OS sring d gunakan utk studio rekaman, artis yg pakek lah ato apa lah

          • Muchamad Rifny Setyawan

            Atas saya pengaruh latahnya beli product gadget di indonesia.. :v

          • Nurcahya

            Idih nyela produk MS tapi masih pake produknya? Ane liat komen ente disini jelas jelas ente komennya ngehujat MS tapi kenapa masih pake Windows

          • Bill Jobs

            :v Jadi kalo gitu, ngapain dong berdebat?

            Pergi aja, urus diri sendiri tuh yang masih gak beres :v

          • Bill Jobs

            Pengguna WIndows Phone sok hebat?

            Gue pake Android juga gak bilang HP gue HEBAT…
            Lo aja kali yang kayak Cacing Kepanasan

          • sakha ibadil

            gue pake andro s3 cuma bertahan 6 bln. skarang pake WP udah bertahan 20 bulan wkwkwkwk

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            Gue juga Pengguna Andro kali.. tapi gak sefanatik yang berlebihan kayak ente…
            Masih mau?

        • Bill Jobs

          Hahahaha…
          Typo, kayak tvOne. Si TV Memang Beda :v

    • perkiraan anda benar, dikomentar ini sangat banyak google pet yang meraung raung seperti gunung raung :D

  • obied

    soal keamanan hanya penghias bibir. karena tidak ditemukan dan belum terjadi, orang pakai android mobilnya hilang, orang pakai android pacarnya hilang, atau orang pakai android cincinnya hilang.
    tapi lain lagi ceritanya
    orang pakai lumia gak bisa blutut, banyak
    orang pakai lumia gak bisa bbm, banyak
    orang kesulitan cari aplikasi di store banyak
    orang pakai lumia, updatenya sulit banyak.

    • Kurotsuki Kaitou

      Ga bisa blutut? Asumsi atau ngelindur? Saya sering blutut-an kok ama hape istri yang pake Android. :p

      Ga bisa BBM? Emang mau diisi apa? Premium? Pertamax? Kita mah pake listrik, ga pake BBM … :v
      *dan BBM emang ada di WP, walau saya jarang pake karena belum perlu.. :3

      Aplikasi di store sulit? Istri sering ngomel karena nemu foto bagus di instagram tapi ga bisa download … Saya dengan santainya download tuh foto … :v

      Updatenya sulit? Lumia 520 saya udah umur 2 tahun, dari jaman pure WP 8, dapet tuh WP 8 Update 1, Update 2, dst ampe WP 8.1 Update 2 (latest WP 8.1). Sementara Android saya yg LG L5 II (beli hampir bersamaan dengan 520, harga mahalan LG), ampe sekarang OSnya itu-itu aja ga pernah ada update sekalipun…. Boro-boro update OS, bahkan sekedar update firmware aja ngga… :p

      • Muhamad Farhan Abi Karami

        Haha samaan 520 update rutin,coba tebak siapa yang susah flashing hayooooo?

        • Fauzan Azim

          sebenernya kmbali lgi ke user, klo dia mmg tauk celah keamanan os, ya psti dia tauk cara ngejaga celhnya, toh yg biasanya oprek android gk trlalu mmprdulikan keamanan….

    • Agan baca berita yang salah… Semua yang dibilang tentang Lumia itu gak bener.. :D

      Semua yang dibilang tentang Android itu juga salah… :D

      Intinya: Agan salah baca berita, entah dari portal apa :D

    • lumia bisa buat bluetooth(bukan blutut),
      lumia bisa buat bbm,
      update lumia juga mudah,
      mungkin anda aja yang kudet karena nggak tahu info terbaru :D

      + “orang kesulitan cari aplikasi di store banyak” , iya orang kesulitan cari aplikasi di store milik android(play store) soalnya banyak aplikasi palsu :D

    • Fajar Febry S

      Dah lah bro, udh liat source codenya android sampe belain banget. Bahkan untuk jaga supaya versi android bener aja google gak bisa, banyak orang buat lollipop2an tapi basenya jelly bean. Memori makin rakus yg kata google makin irit ramnya. Pake yg sesuai kebutuhan.

    • Randhika

      Nah…bener kan… Akhirnya ada se-ekor Google Pet yang menggonggong saking geramnya ketika aib-nya dibongkar. Karena saking geramnya pula, ngomongnya jadi ngelagtur, laglaglaglag… :D

      Eh mas, di WP 8.0 juga udah bisa bluetooth kalee…BBM di WP 8.1 juga udah ada sejak Juli 2014 lalu. Kalo di Android mah susah cari aplikasi yang asli itu memang udah AIB-nya kali, banyak aplikasi palsu dan didalam aplikasinya ada penunggunya, yaitu malware dan adware. Bangun toongg….!! Mimpi mulu seh… :v

      • Bill Jobs

        Lama2 gue jadi curiga loh sama momod disini…
        Tapi… ah sudahlah…

    • 3widyan

      perasaan ini komen dibuat pas tahun 2009 dimana lumia wp7 belum bisa blutut dan bbm.. hellllooooowww

    • Janex

      Awas ⚠, pengguna awam gak pernah pake wp berkoar-koar. Semua yang lu katain hanga asumsi lu aja kagak ada yang benar. Hadehh pucing pala bebi baca komen beginian. Gaya bahasanya juga aneh “updatenya sulit banyak??” justru lumia itu paling sering dapat update.

  • Kurotsuki Kaitou

    Selama ini pake Android cuma buat test device sih. Jadi ga terlalu mikirin sekuriti. Android terakhir yg saya pake LG L5 II E-450, masih pake 4.1.2, hape lungsuran dari istri setelah ganti ke Zenfone 5 hampir setahun silam. Kalaupun hape ini udah termasuk harus lemot dan terpaksa upgrade, palingan ntar beli Android One aja lah. Versi murah dari Nexus…. :v

  • Kurotsuki Kaitou

    Saya pake LG L5 II polos (no oprek kecuali root buat wifi adb buat debugging), lemot-lemot aja tuh. Sering banget RAM abis trus app force close … eh … :D~

    • Adnan Zaki

      Gak tau ya di saya soalnya biasa biasa aja si om, gak lemot2 bgt ky samsung lowend -.-

      • Kurotsuki Kaitou

        Wah … Jangan dibandingin ama Samsung low end lah. Itu mah udah saya lem biru dari awal… Kalo yang ini biar lemot masih usable. Toh bukan buat daily driver ini. :3

        • Adnan Zaki

          Sadis amat si om :’v

  • meskipun user berhati-hati dalam menggunakan os nya, tetapi akan lebih baik jika os tersebut juga ditunjang keamanannya oleh para developer (microsoft,apple,google) :D

  • Zulmi Kurniawan

    Sekedar penghibur tuk pengguna android. Ternyata banyak aplikasi di wp yang jg ada di android. #barutau #gakpernahpunyaandroid

  • Fauzan Azim

    tergantung sih, toh mmg udh dibilang diatas, mendominasi = target empuk, menurut saya sih mmg resiko, apalagi open source, tpi gugel setidaknya brhasil untuk menjaga app junks play store seminimal mungkin, dan lgi pula open source yg diusung, siapa saja bsa masuk ke sistem androidnya, mnurut saya sih wajar……

  • Yoooiii om

  • Tapi gak tau kenapa ane pengen pake semua os biar gak fanatik

  • BUDI

    Merindukan masa damai ketika banyak perangkat masih menggunakan format .jar

    • ad galiih

      Haha jd kangen symbian.
      Symbian msh terbaik dr smartphone yg saya gunakan.
      Dr komunikasi, internetan, streaming, chat fb atau WA, play music, utek² file (zip,rar,txt,patch,dll), edit video, berhitung, wah msh banyak.
      Android cuman buat maen game, trs buat liat video kalo ud selese edit atau download.
      Kalo WP sendiri saya gunakan unt keperluan ngantor jg maen game, photo² msh bnyak jg..

    • Randhika

      Kalau sekarang ketika zamannya Android malah banyak Google Pet keluar kandang jelek2in Apple/Microsoft, padahal mah OS kompi/laptopnya aja masih pake Windows, udah gitu pak tani pula :v

      • BUDI

        Mz-nya juga nih : ikutan nyindir

        • Nurcahya

          Iya nih :v banyak fanboy sekarang mah :v padahal jaman dulu gk ada orang mendewakan ponselnya :v

          • Bill Jobs

            Bukan mendewakan, Men-Tuhan-kan Ponselnya…

      • Reza Fahlevy

        sok ngatain pengguna Google lagi, gilak lu ya …. skrg bisnis ponsel samsung oppo asus sony dan semua lah kalo utk Smartphone saya rasa yang unggul itu IOS dan Android . kedepannya Nokia juga skrg sdg fokus pada Android. BB jg fokus pda Android, utk Windows mungkin mreka memang bagus utk PC dan Tablet, krna familiar di indonesia. kalo utk WIndows phone apaan yang anda banggain? saya rasa hrs banyak fitur dan penambahan baru apalagi tampilan saya tdk suka tampilan notifasi Windows 10 Mobile kayak canggih tapi jadul beda dgn scrool notifasi android jelly bean maupun lolipop nexus, Tingkatkan Tampilan design WPnya. Sideload apps juga di banyakin nya jd bisa lebi tertarik jgn berpatok pda Store. Symbian ada .jar maupun .sis . Android ada .apk Windows Phone 10 ? sideload nyaa

        • Bill Jobs

          Iya, Sideload emang gampang…

          GAMPANG DIRETAS KEAMANANNYA…

          GUE GAK MAU LAGI LOG-IN INTERNET BANKING, SALDO GUE DIKURAS….

        • Mochammad Reza

          Terus lu mau apa klo WP ada yg banggain? Gak seneng? Bahasa komen aja kaya gak ada titik koma,gak tau bahasa indonesia yg baik dan benar ya? Jangan terlalu men-Tuhan kan google mas,biasa aja..justru lu yg aneh kenapa gak seneng sama WP,orang yg suka sama WP,lu komen pedas,lu protes ke Microsoft sono kenapa buat WP segala

          • Bill Jobs

            Mau disembah :v layaknya Tuhan :v
            Gue yang pake Android + WP aja gak nyembah gitu amat…

            Maklum, gak masuk TK,angsung SD. Ijazah pun Aspal…

          • Mochammad Reza

            Makanya,mungkin dia hidup selama ini nyembah nya Google

          • Bill Jobs

            Hahahahaha :v :v
            Mungkin dia juga mau membentuk agama baru :v

          • Mochammad Reza

            Namanya juga pemuja google,udah di butain

          • Bill Jobs

            Penyembah…

            Banyak orang pake si Pegel, gak disembah-sembah kayak patung gitu…

            Lucunya, yang comment HINA gitu cuma disini aja. Kenapa gak di web lain…

            Takut di penjara mungkin :v Masih mending disini, di Kompas bisa dihapus commentnya :v

          • Reza Fahlevy

            buat apa protes, emang kurang laku pun WP :3

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          “Nokia juga skrg sdg fokus pada Android” Memang ada nanti.. Nokia OS Andro, tapi.. cuma mereknya doang..

          • Reza Fahlevy

            Merek Nokia dan ber OS Android

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            iya.. tapi cuma MEREKNYA DOANG… karena semua divisi Nokia dah dibeli MS..

        • Dante Niro

          buka tikar dulu gan..klihatannya rame

        • Kalau cuman bisa pakai doang mah gausah byk berkoar2 berlebihan lah, be created aja jgn hanya be consumed.

  • stivay jamaika

    Dari pengalaman saya menggunakan smartphone , saya mengakui untuk kebebasan user dapat di penuhi oleh android , namun untuk kenyamanan saya mengakui Windows phone , ya walau kalah di aplikasi dan kebebasan pengguna dalam mengotak atik os

  • Rifky

    hmm, tergantung usernya aja sebenernya sih. ane ya pake dari froyo sampe lolipop ya gak pernah jebol. lagian bener juga sih, open source ya mau diapa-apain gampang, jadi bisa diotak atik bebas ama user, malware juga lebih gampang masuk, walopun ane sendiri belom pernah kemasukan malware/pirus. biasanya orang yg agak gaptek aja yg kemasukan malware , ane sekarang posisi di miui6 kitkat, permission aplikasi bisa di edit di fitur security, setiap ada app minta permission ada pilihanya mau ditolak/ijinkan

  • Ane megang iphone 5 waw. Pas megang iphone 6 plus dowble waw. Amazing. Tapi pengen Windows Phone yang 640 xl lte biar gak kemahalan heheh

  • Randy surya

    wkwkwk lagi lagi komentar gw di hapus sama winpon
    lucu juga ya admin winpoin apa yg gw komentarin bener dan masuk akal pasti selalu di hapus :p

    • Zulmi Kurniawan

      Eh balik lagi si suami pc komputer. Akhirnyaaaa. Haha

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      coba ulangi lagi.. ane telat.. neh

    • indratristyan

      coba min min min jgn dihapus, penasaran pgn baca

    • Muchamad Rifny Setyawan

      Coba diulangi mas..

      biasanya ditolak karena bahasa yang dipakai

    • komentar apa ente, fenasaran ane :v

    • Mochammad Reza

      Ayo dong komen lagi,kita2 penasaran nih

      • Bill Jobs

        Hahaha, ditunggu komen selanjutnya…

    • Randy, aku udah cross check, gak ada admin yang hapus komentar Randy kok.

      Tapi posting bisa hilang kalau kena downvote atau flag dari user lain dalam jumlah yang signifikan :(

    • Achmad Riduwan

      Tadi ane habis ngejar pinggang ane yg mau terbang :v ente komen apa yak tadi , ane telat deh jadinya :v
      *serius

  • Reza Fahlevy

    Android lebih laku ketimbang Windows Phone, Nokia , BB aja ud mau bisnis Android, APalagi Asus Sony Samsung LG Acer semua kebanyakan pake vendor Android, Windows Phone apanya ? Keamanan? Laku siapa WP apa Android? hampir drop Windows 10 d gratiskan krna takut ga bisa brsaing dgn Android :3 ANdroid itu open source cuma tergantung pengembang yang mengelolanya contohnya: Samsung mengadopsi Android dengan tampilan dan keamanan Khas Samsung, Sony begitu Oppo begitu, Gak usah deh jelekin android, Nokia dlu jelekin android tapi drop kan!! kalo Nokia dlu terima tawaran ANdroid pasti akan laku keras nggak kyak MIcrosft yang membosankan Kotak Kotak, Pkoknya kalo Android di adobsi oleh vendor masing masing psti akan di tanamkan sesuai vendor itu sendiri, kalo Android sih open source!

    • Mochammad Reza

      Bangga amat lu jadi “Google Pet”,lu make android apa w tanya? “Lollipoop” bukan? Liat tuh material design “Lollipoop” hampir mirip kotak2 yg lu benci itu,jangan2 android lu masih versi proyo lagi,hahahahahaha

      • yaya DT

        santai gan…
        android “proyo” nya da diupdate ke android “M” (Martabak)…
        xixixi…

      • Reza Fahlevy

        WP vs Android kalo urusan tampilan menang Android Lolipop. LU beli android sktr 2 juta lu pegang biar lu tau kayak mana Android Lolipop. WP apaan!! Windows 10 d gratiskan utk WP laku! :v kasian yak, Android dibeli oleh bnyak prusahaan Nokia skrg android, bb android, asus, oppo samsung semua lah, ingat yoo belik yang mrek trkenal jngan mrek cina :3 sok hebat ! kalo urusan smartphone Android rajanya

        • Mochammad Reza

          Wkwkwkwkwk,lu fikir gw gak punya android???? Lu bilang Windows 10 di gratiskan? Emang gratis tolol buat WP,kalo buat PC emang baru kali ini di gratisin,klo mau komen mikir dlu,jangan kaya bocah SD/SMP ,apa jgn2 lu bocah y?

        • Mochammad Reza

          Dan android bukan di beli b3go,tapi google melisensikan buat semua vendor secara gratis,dan lu tau gak android itu ada sekitar 70% paten punya Microsoft,secara gak langsung juga dapet bagian dari penjualan semua vendor android dari semua paten yg di tanem di OS kesayangan lu itu

        • Mochammad Reza

          Wkwkwkw lu fikir gw t0l0l soal android? Gak perlu gw beli2 segala,sodara gw punya android juga kok Note 4,dan gw juga dlu make android,jd gak perlu lu jelasin gimana lagi soal OS kesayangan lu itu..lu bilang MS gratisin W10 biar WP laku? Emang gratis buat WP b3go,kecuali W10 buat PC baru kali ini di gratisin,kalo komen mikir dlu jangan kaya bocah baru tau soal operating system

        • Bill Jobs

          Merk China jangan dibeli…
          Tapi kalo HPnya dibuat di China? MASIH YAKIN LO BELI?

          Think Again @rezafahlevy:disqus

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            Skak

    • 3widyan

      gak asik komentarnya copas-copas, reply paste reply paste.. bangga aja lihat notification disqus bertumpuk kiranya yang pake windows phone udah mulai gerah :v

    • Bill Jobs

      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…
      Copy…Paste…

      MATA GUE PERIH. GAK ADA TANDA BACANYA…

  • Reza Fahlevy

    Dari segi tampilan, pihak Microsoft pun sepertinya sudah mulai mengikuti gaya design Google yang dikenal dengan Material Design? Apakah itu? Bisa dikatakan, Material Design merupakan teknik design yang bersifat sederhana. Jika dulunya orang lebih suka yang lebih berwarna-warni, kini beberapa developer sudah mulai pindah dan beranjak ke style Material Design. Jadi, bisa dikatakan juga bahwa Material Design windows 10 ini sangat dominan akan flat design. Dimana seluruh komponen dan window akan berbentuk layaknya kumpulan kotak-kotak yang tersusun rapih. Nah Windows?

    • Agan salah referensi kayaknya. :D

      Material Design
      Google announced Material Design on June 25, 2014, at the 2014 Google I/O conference. As of 2015, most of Google’s mobile applications for Android have applied the new design language, including Gmail, YouTube, Google Drive, Google Docs, Sheets and Slides, Google Maps, Inbox, all of the Google Play-branded applications, and to a smaller extent the Chrome browser and Google Keep. The desktop web interfaces of Google Drive, Docs, Sheets, Slides and Inbox have incorporated it as well.
      (https://en.wikipedia.org/wiki/Material_Design)

      Metro Design
      The design language is based on the design principles of classic Swiss graphic design. Early glimpses of this style could be seen in Windows Media Center for Windows XP Media Center Edition, which favored text as the primary form of navigation. This interface carried over into later iterations of Media Center. In 2006, Zune refreshed its interface using these principles. Microsoft designers decided to redesign the interface and with more focus on clean typography and less on UI chrome.These principles and the new Zune UI were carried over to Windows Phone (from which much was drawn for Windows 8). The Zune Desktop Client was also redesigned with an emphasis on typography and clean design that was different from the Zune’s previous Portable Media Center based UI. Flat colored “live tiles” were introduced into the design language during the early Windows Phone’s studies.
      (https://en.wikipedia.org/wiki/Metro_%28design_language%29)

      Kesimpulan: Setelah Metro design yang sering dibilang kotak-kotak minimalis itu ngetren (dirintis pada 2006), Google ‘memutuskan’ untuk membuat Material Design (tahun 2014) yang… Coba tebak kayak gimana: kotak-kotak minimalis. :D

      Tapi Agan bener sih, kalau tren sekarang memang cenderung kotak-kotak minimalis yang merupakan ciri khas OS tertentu itu looh.. :D

      • Randhika

        Google Translate sekarang jadi pengekor suksesnya Microsoft Bing Vision, karena mereka baru saja menambahkan fitur terjemahan teks secara visual. *kalo WP udah dari jamannya WP 7.5 mango tahun 2011, bing translator udah bisa kaya gini*

        Google PlayStore sekarang jadi pengekor suksesnya Microsoft Windows Store, karena mereka baru saja menambahkan fasilitas pembayaran aplikasi pakai potong pula. *kalo WP udah dari jamannya WP 7.5 mango tahun 2011, wepeh udah bisa kaya gini*

        (Masih Rela dikibulin Google?)

        • Reza Fahlevy

          ya lah android kan baru tapi liat kan sukses skrg yang man? Bing Vision apa Google Translate? Windows Store apa Google Playstore. ohhh ya satu lagi!! Google.com apa bing.com ? youtube.com gmail.com apa hotmail.com ato macam macam lah, OS Android hanya bbrapa tahun tp bisa brsaing dgn kelas tinggi, Dunia Smartphone 80% dikuasai smartphon Android.

          (Masih rela dikibulan Bing?)

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            “Dunia Smartphone 80% dikuasai smartphon Android.”.. iya 80% tapi data itu terbit sejak kapan.. ?

          • Reza Fahlevy

            terbit akhir 2014 :p

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            cek gambar… juli 2014.. -_-

    • Nurcahya

      kalo microsoft ngikutin Material Design, berari microsoft perusahaan terhebat di dunia, karena sudah memiliki lebih dahulu mesin waktu :p
      pake logika aja. Metro design yang di usung microsoft yang bentuknya flat itu dirilis 2012 pas Windows 8 di rilis, otomatis kalo Microsoft ngikutin Material Design berarti microsoft ke masa depan kan? :p berarti Microsoft tetep hebat :p

      • Reza Fahlevy

        mungkin kalo bagian smartphone Android dan IOS yang lebi hebat :p

        • Nurcahya

          Sok tau :p hebat apanya? Biaa terbang? Nyelamatin dunia? Atau apa? Semua System mah sama aja :p tergantung usernya :p gk ada yg hebat.

          • Reza Fahlevy

            sama tapi yang laku utk bisnis IOS dan Android.

          • Reza Fahlevy

            krna skrg dunia kebalik keadaan, dlu metro tp skrg uda beralih ke design material,, bukak windows 10 bukak app Berita Store ato Cuaca store ada design materialnya gak, picture lu di W10 juga bulat bulat

          • Nurcahya

            Lagian bulat bulat gk ada dipatenkan, toh google juga ngikutin konsep metronya microsoft. Dunia teknologi tuh sekarang saling curi mencuri.

          • Bill Jobs

            Mungkin bisa jadi kompor atau Indomie. Penyelamat anak Kos :v

      • Reza Fahlevy

        Cortana mengikuti ?

        • Nurcahya

          Google now ngikutin siri, karena awalnya virtual asisten cuman siri :p lagian ini gk dipatenkan :p

  • Reza Fahlevy

    Mengapa Winpoin tidak menjelekkan Windows Phone nya, pdhal cuma ada 2% pengguna Windows Phone?

    • karena konteks nya disini membahas security OS, bukan marketshare OS

    • Muchamad Rifny Setyawan

      Menurut saya website ini masih netral dari pada websie luar negeri.. :D

      kalau disini ada saya juga pingin tanya kenapa xda developer menjelek jelekkan windows os dan Ios?

      dan juga ini tentang security bukan marketshare.. :D

      • Bill Jobs

        Sebenarnya sih gak masalah…
        Biar berimbang

    • Mochammad Reza

      Kenapa gak buat forum sendiri aja yg menjelek2an Windows Phone?

    • 3widyan

      kenapa juga kita harus menjelek-jelekkan?

  • Bill Jobs

    Setuju…

  • Yang comment ada FB Jendela, Ada FB Robot, Ada FB Apel
    Saya gak mihak ah, netral aja… Orang punya Jendela sama Robot juga :v

    Ada juga yang kemakan berita yang gak beres. Kasusnya mirip Berita ttg TPI Tutut di Grup MNC…

    :v :v :v

  • Bill Jobs

    Mana suara Panasbung?
    Udah dikasih berapa bungkus tuh nasi?

    Makan sendirian gak bilang-bilang… -_-

    Jujur, gue pengelola blog, ada yang panasbung gini gue hapus commentnya. Mau caci maki jangan disini…

  • Lovren20MP

    dihimbau untuk menggunakan windows phone 10.
    tinggalkan yang lain.
    windows phone 10 is the best.

  • Lovren20MP

    dihimbau untuk menggunakan windows phone.
    tinggalkan yang lain.

    windows phone is the best.

  • Reza Fahlevy

    Yaa beli, tapi Skrg Android itu psti Google krna Google membelinya, daaaan dalam urusan bisnis smartphone?? Googleee pemenangnya… horeee!! BB NOKIA uda beralih ke android tuh, Lumnia ? masi bertahan dengan kotak kotak membosankan ?? :v kekurangan developer sih WP :v

    • Randhika

      Omongan ente mencerminkan ente benci UI kotak2 ala WP. Lah itu OS Windows 10 bajakan yang ente pake itu UI di start menunya bentuknya apa dong…? Kotak2 juga kan…? Menelan tinja ente sendiri ni yee… :p

  • Reza Fahlevy

    Windows Phone sih sbnrnya kalah dengan Android . Krna Sistem Android mengandalkan kebebasan penggunanya, dan menambahkan apa yang dibutuhkan penggunanya itulah kesuksesan Google!