Mengenal Project NEON, Calon Penerus Metro UI

Mengenal Project NEON, Calon Penerus Metro UI

0

metro-design-language-wallpaperSudah 4 tahun sejak Microsoft memperkenalkan bahasa desain Metro UI (kini hanya bernama Microsoft Design Language).  Sejak itu pula penggunaan desain flat pada berbagai icon dan UI (user interface) dari berbagai sistem operasi semakin populer. Tidak mau ketinggalan, berbagai brand besar mengikuti desain flat ini, tak terkecuali Android dan Apple. Siapa sangka desain yang dulu kurang disukai kini jadi dicintai. Nah, jelang 5 tahun menggunakan bahasa desain yang sama, Microsoft ternyata telah mempersiapkan bahasa desain terbaru guna menggantikan Metro UI yang memiliki nama Project NEON.

ms-design

Proyek yang diam-diam sudah dikerjakan selama setahun ini diperkirakan akan hadir pada Windows 10 “Redstone 3”. Nampaknya update yang akan hadir setelah Creators Update ini akan mengalami perombakan dan perbaikan dari inkonsistensi UI yang ada pada saat ini.

inkonsistensi UI Windows 10
inkonsistensi UI Windows 10

Project NEON ini akan tampil lebih indah, smooth, banyak gerakan (motion) dan transisi yang menarik. Selain itu tampilan baru ini didesain senada pada perangkat mobile, PC, serta holographic. Project NEON ini akan menjadi jembatan antara holographic, augmented reality (AR) dan lingkungan desktop. Ini merupakan UI lintas perangkat yang mampu memberikan pengalaman lintas dimensi.

_80435144_hi025521879

Meskipun demikian, dikabarkan pula project NEON ini tidak seheboh perubahan dari Windows 7 ke Windows 8, namun lebih mirip dari Windows 8 ke Windows 10. Jika kamu pernah melihat demo Windows dari HoloLens, mungkin seperti itulah gambaran dari Project NEON ini.

Saat ini Project NEON masih dalam pengembangan internal dan mungkin akan diperkenalkan ke publik pada akhir tahun 2017 melalui Windows 10 “Redstone 3”. Namun, bisa jadi pula diperkenalkan lebih awal pada acara BUILD 2017 agar semua orang segera familiar dengan tampilan baru ini.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah Microsoft akan kembali menjadi pelopor layaknya flat design beberapa tahun lalu? Kalau iya, Microsoft bakal jadi “Jagoan Neon” nih. Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

 

Via: Windows Central

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Calon peternak yang mencintai teknologi