Mengenal Windows 8.1 Universal Apps, Inilah Detail Penjelasannya

Mengenal Windows 8.1 Universal Apps, Inilah Detail Penjelasannya

1

Mengenal Windows 8.1 Universal Apps, Inilah Detail Penjelasannya

Mungkin kamu sudah pernah mendengar bahwa salah satu kelebihan Windows dan Windows Phone kedepannya adalah adanya Universal Apps. Tetapi apa itu Universal Apps, bagaimana cara kerjanya, dan seperti apa manfaatnya? Berikut ini adalah detail penjelasannya.

 

Apa itu Universal Apps

Sebelumnya membuat apps Windows dan Windows Phone adalah dua project yang berbeda. Windows Apps dibuat berbasiskan Windows Runtime (WinRT), sedangkan Windows Phone Apps dibuat berbasiskan silverlight (kebanyakan berdasarkan .NET).

Namun kini di Windows 8.1 Update dan Windows Phone 8.1 developer bisa membuat aplikasi menggunakan share code yang sama, dan hanya membutuhkan sedikit saja perubahan. Hal ini membuat developer bisa membuat aplikasi untuk Windows dan Windows Phone dengan share code yang sama. Aplikasi itulah yang disebut Universal Apps, yaitu aplikasi yang bisa berjalan di Windows ataupun Windows Phone dengan menggunakan share code yang sama.

 

Cara Kerja Universal Apps

Dengan menggunakan Visual Studio 2013 Update 2, developer bisa membuat Universal Apps yang bisa berjalan di Windows 8.1 Update dan Windows Phone 8.1. Mayoritas code dan API bisa di share untuk kedua platform tersebut. Hanya saja memang perlu ada perubahan code tetapi sangat minimal, misalkan saja penyesuaian UI layout, atau fitur-fitur khusus untuk memaksimalkan kinerja hardware dari device. Dengan code yang bisa di share tersebut maka satu project aplikasi bisa berjalan di dua platform sekaligus.

 

Manfaat Universal Apps

Dengan dimungkinkannya developer untuk membuat Universal Apps, maka tentu saja memudahkan mereka dalam mengembangkan aplikasi bagi Windows dan Windows Phone. Aplikasi-aplikasi keren di Windows bisa mereka buat versi Windows Phone nya tanpa kesulitan, begitu juga sebaliknya. Hasilnya jumlah aplikasi di Windows dan Windows Phone bakal meningkat tajam, sehingga baik device Windows maupun Windows Phone bakal lebih fungsional dengan dukungan Universal Apps tersebut.

 

Kesimpulan

Dengan adanya Universal Apps, jumlah aplikasi di Windows Store dan Windows Phone Store akan bertambah. Aplikasi bagi Windows dan Windows Phone bakal semakin lengkap. Hasilnya popularitas kedua OS tersebut bisa meningkat akibat lengkapnya dukungan aplikasi didalamnya.

 

Bagi kamu developer Windows & Windows Phone apps, silahkan kunjungi halaman ini untuk lebih memahami seputar development Universal Apps.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Konsep ini keren..
    Sayangnya akun dreamspark saya bermasalah.. -_-

    Moga segera dibenahi..