Cara Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

0

Windows 10 hadir dengan lebih banyak fitur. Baik fitur yang terkenal seperti Cortana hingga fitur yang mungkin jarang dikenal orang. Salah satu fitur yang jarang dikenal orang adalah Game Bar.Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Apa itu Game Bar? Game Bar adalah salah satu fitur dalam bentuk shortcut yang hadir di Windows 10. Dengan Game Bar, kita punya berbagai macam shortcut seperti shortcut ke aplikasi Game hingga merekam game yang kita mainkan.

 

Game Bar secara default bisa dibuka dengan kombinasi WIN+G. Jika kamu tekan WIN+G tidak muncul, penyebabnya adalah kamu harus membuka game dahulu baru menekan WIN+G. Game yang bisa direkam bukan cuma game dari Windows Store ataupun game berlabel Xbox Live, tapi game desktop semacam Pro Evolution Soccer alias PES juga bisa.

Baca juga:  Aplikasi Paint Baru Untuk Windows 10 Anniversary Update Sudah Pada Tahap Preview

Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Terdapat 5 shortcut dalam Game Bar, yaitu : Xbox App, Record, Screen Capture, Start Recording, dan Setting. Xbox App berfungsi untuk jalan pintas ke aplikasi Xbox. Record akan secara langsung merekam tampilan secara background. Fitur ini masih mati secara default sehingga harus diaktifkan manual melalui setting. Screen Capture berfungsi sebagai mengambil gambar tampilan. Start Recording berfungsi untuk merekam secara manual (tidak otomatis seperti fitur Record). Terakhir adalah setting yang menampilkan semua pengaturan.

Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai contoh, saya membuka game PES 2013. Beberapa saat game terbuka, tekan WIN+G. Maka akan muncul Game Bar seperti gambar berikut.

Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Saat PES 2013 sudah terbuka, langsung saja tekan Start Recording. Proses perekaman akan dimulai. Nanti di bagian kanan atas akan ada keterangan berwarna merah bahwa proses perekaman sedang berlangsung. Klik untuk menghentikan rekaman. Hasil rekaman secara default disimpan di folder Video.

Baca juga:  Rumor: Xiaomi Tengah Mempersiapkan Notebook Windows 10 Berspesifikasi Tinggi

Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebenarnya Game Bar ini bisa merekam semua aplikasi, bukan cuma game. Sebagai contohnya adalah saya merekam aktivitas pengetikan di Google Chrome ini. Namun bila yang direkam bukan game, maka aplikasi akan bertanya dulu sebelum membuka Game Bar.

Merekam Game di Windows 10 Tanpa Aplikasi Tambahan

Bagaimana? Sederhana kan? Apakah kamu sudah pernah menggunakannya? Atau malah menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk merekam game?

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia