Microsoft Berhasil Mengidentifikasi Nenim, Sang Trojan Licik!

Microsoft Berhasil Mengidentifikasi Nenim, Sang Trojan Licik!

0

Microsoft Berhasil Mengidentifikasi Nenim, Sang Trojan Licik!

Microsoft Security Center baru saja berhasil mengidentifikasi sang trojan licik yang bernama Nenim. Trojan ini sangat sulit diidentifikasi karena kelakuannya yang licik dan mampu menyembunyikan dirinya sendiri serta menghilangkan “barang bukti”.

Nenim termasuk dalam tipe trojan downloader dan menyebar melalui removable drive (USB flashdisk, hardisk portable, dsb). Setelah menginfeksi komputer, dia akan otomatis menghapus file-nya sendiri sehingga sulit untuk diidentifikasi.

Biasanya trojan downloader hanya menjadi media penyebaran malware saja. Dia akan mendownload dan mengirimkan malware ke komputer dan setelah itu dia tidak akan diperlukan lagi.

Tetapi Nenim berbeda, selain sebagai media penyebaran, Nenim juga menjadi komponen utama malware tersebut. Dia akan menghapus dirinya sendiri setelah berhasil menginfeksi komputer sehingga sulit diindentifikasi. Karena kelicikannya, Microsoft sempat kesulitan dalam mendeteksi trojan ini.

Nenim akan mencuri berbagai data pribadi seperti password Gmail, Gtalk, Windows Messenger/Live Messenger, serta akun email lainnya.

Bagi kamu pengguna Windows, WinPoin sarankan untuk mengupdate Microsoft Security Essentials kamu. Mengganti password secara rutin 1 atau 2 bulan sekali juga bisa menjadi solusi yang ampuh dalam mengamankan berbagai akun yang kamu miliki.

via Microsoft

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.