Microsoft Berprestasi di MWC – Tapi dengan Sejumlah Catatan

Microsoft Berprestasi di MWC – Tapi dengan Sejumlah Catatan

14

Surface Pro 3

Salah satu hal positif yang diraih Microsoft pada ajang Mobile World Congress di Barcelona adalah dinobatkannya Surface Pro 3 sebagai tablet terbaik oleh GSMA, grup penyelenggara MWC. Hal ini cukup melegakan bagi Microsoft karena di ajang tahunan tersebut, banyak fans yang mengkritisi penampilan Microsoft yang bila dinilai, dapat dibilang “biasa-biasa saja”.

Microsoft memang mengumumkan lini Lumia terbaru, yaitu Lumia 640 dan Lumia 640 XL, smartphone yang berorientasi pada produktivitas dan kerja dengan harga terjangkau. Kamu bisa melihat video promonya yang cukup keren dan inspiratif berikut ini:

Meskipun banyak yang memuji langkah Microsoft ini, namun ini menjadikan lini mid-range Lumia menjadi penuh sesak dan potensial untuk ‘saling membunuh’ satu sama lain. Dalam artian Lumia yang lebih lama di kisaran harga tersebut, seperti misalnya Lumia 535, Lumia 630, dan Lumia 730, akan bersaing langsung dengan Lumia 640, dan ini tentu saja mengurangi daya jual sesama perangkat Lumia sendiri.

Kemudian kritik yang lain adalah terkait pengumuman flagship atau ponsel unggulan yang dijanjikan. Microsoft melalui direktur pemasaran ponselnya, Neil Broadley, menyatakan bahwa Microsoft tidak akan mengumumkan produk flagship terlebih dahulu hingga Windows 10 telah siap. Ini berarti bahwa penggemar fanatik Windows Phone sekali lagi harus gigit jari karena tidak memiliki ponsel andalan yang dijanjikan.

Kembali pada kemenangan Surface Pro 3 sebagai tablet terbaik, semua blog teknologi sepakat akan keputusan ini. Semua berpendapat bahwa memang Surface Pro 3 seperti melengang santai tanpa lawan berarti, karena memang terlalu superior untuk sebuah tablet. Microsoft telah bertindak tepat dengan memfokuskan pengembangan Surface Pro 3 pada produktivitas, serta promo Surface Pro 3 yang disebut ‘bisa menggantikan laptop’. Semua pengguna Surface Pro 3 sangat puas terhadap performa tablet hibrid ini dan mengakui bahwa Surface Pro 3 memiliki kelas tersendiri yang belum dapat disaingi oleh tablet lainnya, termasuk iPad generasi terbaru sekalipun!

Dengan Surface Pro 3, kita dapat memanfaatkan Windows 8.1 secara optimal, menggunakan semua aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja, dan bila memang kita memerlukannya sebagai laptop, maka sebuah keyboard dock nan elegan telah siap menemani. Sayangnya, produk ini belum dipasarkan di Indonesia. Kalaupun bisa masuk, maka bersiaplah merogoh kocek dalam-dalam karena kemungkinan harganya bisa mencapai 25-30 juta rupiah.

Fenomena tablet hibrid Surface ini menunjukkan kerja keras dan persistensi Microsoft. Adalah suatu perjudian besar ketika Microsoft masih mempertahankan divisi Surface, karena proyek sebelumnya, Surface Pro pertama dan kedua, disebut-sebut gagal total. Walau diakui kualitasnya, namun Microsoft kesulitan dalam memasarkan tablet hibrid tersebut. Bahkan Microsoft harus membuang banyak stok Surface di gudang. Namun akhirnya Microsoft menemukan ceruk pasar dan cara promosi yang tepat, yaitu menempatkan Surface sebagai perangkat bagi profesional yang produktif. Inilah yang kemudian menjadikan Surface Pro 3 berjaya sepanjang tahun 2014, baik dari segi penjualan maupun juga pengakuan akan kualitasnya.

Meskipun masih banyak catatan terkait kehadiran Microsoft di ajang MWC barusan, tentu saja kita perlu memberi selamat pada Microsoft karena meskipun agak lambat, Microsoft menunjukkan kemajuan di berbagai divisinya. Kita harapkan prestasi serupa akan diraih divisi ponsel dengan lini Lumia terbaik sesuai yang dijanjikan Microsoft. Untuk sementara ini, patutlah kita berikan ucapan selamat untuk Surface Pro 3!

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Dan sampai skrng surface belum masuk Indo.. :/
    disitu kadang saya merasa sedih..

    meski ada di Indo belum tentu juga bisa beli.. :v

    • iya blm masuk sampe sekarang..padahal di sono nya udah sampe seri 3, disini yang seri awal jg blm masuk :D

      • Ojo Nessu

        Hahaha…

        “Bahkan Microsoft harus membuang banyak stok Surface di gudang”

        Hadeh…

    • erwin0723

      lumia 830 aja g masuk2 padahal udh punya duit buat beli, kita ya sabar dan berdoa aja, this is the reality,mereka sadar peminat di negara kita kecil jadi mereka ga mw rugi.. yg harus kita cari tahu skrg gmn carax kita bisa dapetin barang yg g masuk di negara kita ( khususnya produk MS),mungkin kita harus saling membantu sesama pecinta produk MS..

  • YanDhika

    nggak suka surface :3

    • aku suka kalo dikasih :v

      • YanDhika

        :v kalau di kasih
        aku akan instalin android lolipop dualboot di sana :v /

        • preet android lagi

        • Ojo Nessu

          hadeh…

        • Rasshid

          untung ada Console OS :v Tapi blm rilis :v

  • Evlan

    Kalau masuk juga GA akan gw beli….Mahal banget tapi kalau gw liat reviewnyabdi youtube ama situs Microsoft sih Keren banget!!!

  • rdc

    Tablet Windows 8.1 yang pro (bukan RT) ada gak si yang masuk indo ? Dan yang terjangkau harganya..

  • Agung Suhendro

    Ane bukan nunggu tablet nya ….. PC spesial buat ane instal windows 10
    BTW ….. DIMANA LEPI ANE ??????

  • Ivan Azzam

    Mahal amat sampe segitu harganya, mending beli MacBook deh..