Microsoft: Inilah Fitur Baru di Windows 8.1!

Microsoft: Inilah Fitur Baru di Windows 8.1!

3

Microsoft: Inilah Fitur Baru di Windows 8.1!

Setelah berkutat dengan berbagai leaked dan rumor, akhirnya Microsoft secara resmi menuliskan daftar beberapa fitur baru Windows 8.1. Daftar ini semacam changelog yang menunjukkan apa saja yang baru dan perubahan apa saja yang telah dilakukan di Windows 8.1

 

BYOD (Bring Your Own Device) Enhancements

Workplace Join: Memungkinkan pengguna bisa membawa perangkat mereka sendiri ke tempat kerja dengan tetap bisa mengakses resource perusahaan melalui Workplace Join. IT admin bisa mengatur resource apa saja yang bisa diakses dan resource apa saja yang tidak.

Work Folder: Merupakan folder yang terus tersinkronisasi dengan folder di data center perusahaan. Folder ini akan dibuat secara local dan setiap perubahan baik di local maupun data center akan langsung tersinkronisasi. Cocok untuk digunakan sebagai folder kerja team.

Open MDM: Memungkinkan Windows 8.1 untuk bisa dimanage oleh perangkat mobile management seperti Mobile Iron atau Air Watch.

Web Application Proxy: Fitur security baru di Windows Server Remote Access. Memungkinkan mempublish akses ke resource perusahaan, dan menerapkan multi-factor authentication untuk verifikasi user dan device yang menggunakan resource tersebut.

RDS Enhancements: Memungkinkan administrator untuk melihat dan mengendailkan user di RDSH server.

NFC Tap-to-Pair Printing: Tap perangkat Windows 8.1 ke NFC-enabled printer dan pengguna sudah siap untuk melakukan printing. Tidak perlu lagi mencari printer mana yang bisa digunakan di network pengguna atau membeli printer tertentu, cukup attach NFC tag di printer yang sudah ada.

Wi-Fi Direct Printing: Bisa langsung terhubung ke printer Wi-Fi tanpa harus menginstall driver tertentu.

Native Miracast Wireless Display: Memungkinkan menjadi network secara wireles melalui Bluetooth atau NFC dan Miracast akan menggunakan Wi-Fi untuk terhubung ke network tanpa menggunakan kabel.

 

Mobility Enhancements

VPN: Ditambahkan dukungan terhadap VPN client dan kemampuan applikasi untuk terkoneksi ke VPN secara otomatis.

Mobile Broadband: Windows 8.1 mendukung embedded wireless radio yang akan menghemat energi, menghemat baterai, dan menghemat biaya.

Broadband Tethering: Memungkinkan perangkat Windows 8.1 untuk dijadikan sebagai Hotspot.

Auto-triggered VPN: Jika pengguna memilih aplikasi yang membutuhkan akses VPN, Windows 8.1 akan otomatis memberikan notifikasi sign-in dengan sekali klik.

 

Security Enhancements

Remote Business Data Removal: Pengguna kini bisa menghapus data dengan aman secara remote menggunkan protokol EAS atau EAS + OMA-DM.

Improved Biometrics: Dilengkapi fingerprint biometrics untuk otentikasi berbasis data biometrik. Otentikasi biometrik ini bisa digunakan di seluruh area Windows seperti Windows sign-in, remote access, User Account Control, dsb.

Pervasive Device Encryption: Data pengguna Windows 8.1 akan otomatis terenkripsi dan terlindungi jika menggunakan Microsoft Account. Data di Windows akan terenkripsi secara otomatis dengan device encryption.

Internet Explorer 11: Windows 8.1 dilengkapi Internet Explorer 11 yang lebih cepat, side-by-side browsing, sinkronisasi antar device, serta dilengkapi antimalware secara default.

Malware Resistance: Windows Defender akan melakukan monitoring network untuk mendeteksi dan menghentikan eksekusi malware. Internet Explorer akan melakukan scan ekstensi binary (spt ActiveX) untuk membuat Windows 8.1 aman secara default.

Device Lockdown: Memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan satu Windows Store App di perangkat Windows 8.1. Fitur ini berfungsi untuk menjadikan Windows 8.1 sebagai media belajar anak, aplikasi edukasi di customer service, dsb.

 

Modern UI Experience

Snap Views yang Fleksibel: Pengguna bisa membuka banyak aplikasi sekaligus dengan sebanyak mungkin Window. Snap juga menjadi lebih fleksibel dengan bisa membagi layar untuk 2 atau 3 aplikasi.

Boot to Desktop: Windows 8.1 memiliki opsi untuk booting langsung ke desktop.

Desktop dan Start Screen: Kini pengguna mouse dan keyboard (perangkat bukan touch screen) bisa mengakses desktop dan start screen dengan lebih mudah.

 

Daftar tersebut hanya merupakan fitur kuncinya saja. Masih ada banyak fitur minor lain yang mungkin akan segera terungkap setelah dirilisnya Windows 8.1 Preview 26 Juni 2013 nanti.

via Microsoft

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Mantep deh… :)

  • disqus_u47ew5YQcZ

    saya pakai original kalau download previewnya gimana bang

    • Febian

      preview nya br dirilis 26 juni nanti, cara downloadnya bakal WinPoin publish nanti :)