Microsoft Mengembangkan Browser Baru dengan Codename “Spartan” untuk Windows 10

Microsoft Mengembangkan Browser Baru dengan Codename “Spartan” untuk Windows 10

2

Microsoft Mengembangkan Browser Baru dengan Codename “Spartan” untuk Windows 10

Satu lagi perubahan besar yang akan ada di Windows 10. IE dikabarkan tidak akan lagi menjadi browser default Windows 10, sebagai gantinya Microsoft tengah mengembangkan browser baru dengan codename “Spartan”. Wow!

Spartan bukanlah IE12, dan terlebih lagi Spartan bukanlah IE. Ini adalah benar-benar browser yang berbeda dari IE. Secara tampilan dan fitur, browser Spartan lebih mirip seperti perpaduan antara Firefox dan Google Chrome daripada seperti IE. (Baca berita sebelumnya: Internet Explorer 12 Dirombak Total Menjadi Seperti Chrome dan Firefox)

Browser Spartan bakal tetap menggunakan Chakra Javascript Engine dan Trident Rendering Engine milik Microsoft. Untuk membuat Spartan makin powerful, Microsoft bahkan melakukan perombakan besar-besaran di Trident Rendering Engine miliknya.

Spartan kedepannya bakal menjadi browser yang secara fitur dan tampilan mirip seperti perpaduan Firefox dan Google Chrome. Browser ini bakal support add-on / ekstensi untuk menambah berbagai fungsinya & fiturnya. Spartan juga bakal menjadi browser yang ringan, jauh lebih ringan daripada IE saat ini.

Browser ini kemungkinan bakal diperkenalkan Microsoft pada 21 Januari 2015 nanti, bersamaan dengan event ketika mereka memperkenalkan berbagai fitur di Windows 10. (Baca juga: Microsoft: Windows 10 Consumer Preview Dirilis 21 Januari 2015 Nanti)

Namun sepertinya Spartan belum siap untuk dirilis bersamaan dengan Windows 10 Preview versi Januari nanti, jadi kita yang ingin mencobanya harus sedikit bersabar.

Dengan hobby baru Microsoft saat ini yang suka membuat software dan layanannya menjadi cross platform, nantinya browser Spartan kemungkinan juga bakal bisa dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Mac, Linux, Android, Windows Phone, dan iOS. (Baca juga: Inilah 6 Alasan Kenapa Microsoft Kini Gemar Menggratiskan Produknya)

Stay tuned di WinPoin dan Forum WinPoin untuk mendapatkan kabar terbaru seputar browser Spartan buatan Microsoft ini.

via zdnet | thanks Jewelpet2407 untuk infonya

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Dante Niro

    Perombakan baru ya Bos….semoga bisa semudah menggunakan Fire Fox

  • Agil Faisal Rahman

    makin ringan, beh ajib,,
    ie 11 aja udah enteng banget,, semoga add on nya ga makan banyak memory,,,